BERITA UMUM 5 Langkah Sederhana Menciptakan Masyarakat Ramah Lingkungan

5 Langkah Sederhana Menciptakan Masyarakat Ramah Lingkungan

Oleh Indah | Selasa, 2 Maret 2021

5 Langkah Sederhana Menciptakan Masyarakat Ramah Lingkungan

Tidak semua orang menyadari bahwa memiliki gaya hidup yang ramah lingkungan sangat mudah untuk dilakukan. Hanya dengan melakukan lima langkah kecil berikut, siapapun bisa menyelamatkan bumi. (Unsplash/lunarts)

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Pencemaran telah menjadi masalah yang tidak dapat dihindari pada masa modern saat ini. Tanah, air, udara, hingga lingkungan yang menjadi kotor dan tidak sehat dapat menyebabkan kerusakan berkelanjutan terhadap planet bumi. Banyak sekali hal yang dapat dianggap sebagai pencemar, terutama beberapa hal buatan manusia. Polusi racun mempengaruhi lebih dari 200 juta orang di seluruh dunia, hingga menyebabkan penurunan usia harapan hidup menjadi 45 tahun karena kanker dan penyakit lainnya.

Kita perlu memiliki gaya hidup yang lebih baik untuk menjaga lingkungan dari pencemaran. Dengan melakukan hal-hal sederhana yang dimulai dari diri sendiri, kita bisa berkontribusi untuk membuat perubahan untuk planet ini menjadi tempat yang lebih baik untuk anak dan cucu kita nanti. Secara keseluruhan, lima hal penting yang dapat kita lakukan untuk menciptakan komunitas ramah lingkungan dalam masyarakat kita saat ini adalah dengan meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan, menghemat air dan energi, mengurangi pemakaian kantong plastik, menjalani gaya hidup yang seimbang, serta menyebarkan kesadaran lingkungan kepada orang lain.

Peduli Terhadap Lingkungan

Hal pertama dan termudah untuk memulai adalah kita harus mulai peka terhadap lingkungan. Mulailah dengan melihat sekeliling dan bertanya pada diri sendiri, "Apakah saya benar-benar perlu melakukan ini?" Kemudian evaluasi diri kita tentang bagaimana penggunaan sumber daya dalam kehidupan sehari-hari dan apa pengaruhnya terhadap lingkungan.

Daripada membeli satu botol air setiap hari, kita dapat membawa botol minum sendiri dan mengisinya kembali sehingga. Hal ini bertujuan untuk mengurangi sampah plastik dari setiap botol yang telah dibeli. Contoh sederhana lain yang dapat dilakukan, adalah ketika kita perlu membeli sesuatu dari toko yang hanya berjarak 300 meter dari rumah. Banyak di antara kita yang merasa malas dan memilih menggunakan sepeda motor untuk pergi ke sana. Selain menghemat bahan bakar, kita bisa membakar lemak dengan berjalan atau menggunakan sepeda.

Menggunakan air hanya saat dibutuhkan. (Unsplash/hedgehogdigitaluk)

Hemat Air dan Energi

Kedua, konservasi air dan energi memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan masyarakat yang ramah lingkungan. Cukup gunakan saat kita membutuhkannya dan setelah itu, matikan. Dengan mematikan air saat menggosok gigi, mencuci pakaian dengan kuantitas yang banyak dalam sekali cuci, atau bahkan membatasi waktu mandi hingga 4 menit, kita dapat meminimalkan jumlah air yang terbuang.

Untuk menghemat listrik, beralihlah dari bola lampu standar ke bola lampu yang lebih efisien, keringkan pakaian menggunakan sinar matahari daripada menggunakan mesin pengering, mematikan lampu atau listrik apa pun yang tidak terpakai. Penghematan air dan energi sangat penting dilakukan sekecil apapun jumlah yang dapat kita kurangi.

Kurangi Pemakaian Kantong Plastik

Hal lain yang berdampak besar terhadap lingkungan adalah pemakaian plastik. Telah dibuktikan secara ilmiah, kantong plastik bisa bertahan hingga 1000 tahun. Plastik melepaskan zat aditif beracun dan bahan kimia yang dikandungnya. Hingga saat ini, sekitar 260 juta ton plastik diproduksi untuk berbagai keperluan di seluruh dunia setiap tahunnya. Tidak hanya mengancam lingkungan, plastik juga berbahaya terhadap ekosistem mahkluk hidup. Untuk mengganti kegunaan plastik, pakailah tas belanja sendiri yang dapat dipakai lagi hingga bertahun-tahun.

Gaya Hidup yang Seimbang

Selanjutnya, jalani gaya hidup yang seimbang. Kurangi konsumsi daging dan selalu pakai produk-produk alami. Sebelum membeli sesuatu, perhatikan label bahan suatu produk. Terutama pada perlengkapan pembersih dan produk rumah tangga, perhatikan jumlah Volatile Organic Compound (VOC) atau senyawa organik yang mudah menguap, wewangian, dan bahan yang mudah terbakar. Mendaur ulang plastik dan pakaian juga menjadi pilihan yang bagus. Pakaian-pakaian bekas yang masih layak dapat disumbangkan. Hal kecil lainnya yang dapat dilakukan adalah menjaga kebersihan lingkungan dan sekitarnya serta membuang sampah pada tempatnya.

Turut serta dalam gerakan sosial peduli lingkungan (Unsplash/eksauce)

Baca Juga : Viral di Media Sosial, Begini Cara Main Kuis Hari Bumi

Edukasi Orang-orang Sekitar Kita

Jangan lupa, ajak teman-teman kita, orangtua, bahkan orang asing untuk turut serta berkontribusi pada lingkungan. Jadilah teladan bagi orang-orang di sekitar kita. Orang-orang akan mulai mengikuti kebiasaan kita jika kita memberi contoh yang baik untuk mereka. Dengan menyebarkan kesadaran lingkungan kepada masyarakat luas, kita dapat membantu menyelamatkan bumi serta masa depan generasi setelah kita. Semakin banyak kesadaran lingkungan yang kita sebarkan, semakin mudah bagi orang-orang untuk menciptakan masyarakat yang ramah lingkungan.

Kesadaran lingkungan, hemat air dan energi, pengurangan plastik, kehidupan yang seimbang dan edukasi lingkungan kepada orang lain adalah beberapa faktor yang membantu menciptakan komunitas ramah lingkungan. Komunitas ramah lingkungan saat ini tidak jarang ditemui mengingat orang-orang mulai memahami betapa pentingnya menjaga bumi. Ada banyak kegiatan yang memudahkan masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga lingkungan. Jika di sekitar kita belum terdapat komunitas ramah lingkungan, jangan ragu untuk memulainya. Menciptakan masyarakat yang ramah lingkungan semakin mudah, apalagi di era dimana banyak ditemukan hal-hal yang bermanfaat. Untuk menjadi inspirasi bagi orang lain dengan memberikan contoh yang baik yang dapat diikuti oleh orang lain, seseorang perlu memulainya. Siapa lagi jika bukan kita sendiri? Mulai dari hal-hal kecil yang mudah dilakukan, kemudian lanjutkan dan lakukan hal-hal yang lebih besar lagi seiring berjalannya waktu. Kita perlu menyelamatkan lingkungan untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi semua orang. Selamatkan lingkungan berarti selamatkan bumi, selamatkan rumah kita agar bisa menjadi rumah bagi anak-anak kita, dan cucu kita kelak. Dengan demikian, yang terpenting adalah keseimbangan. Kita semua dapat membuat perbedaan besar dengan melakukan perubahan kecil secara bersama-sama. Memulai dari diri sendiri adalah awal yang mudah, kemudian mengembangkannya ke orang-orang di sekitar kita. Buka mata kita untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi, evaluasi diri sendiri, pikirkan apa yang harus kita lakukan untuk membuat bumi, planet tempat tinggal kita dan rumah masa depan keturunan kita menjadi lebih baik.

Sumber referensi:

  1. kompas.com
  2. kompas.com
  3. sainspop.com

Indah

Indah

Selasa, 2 Maret 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI