BERITA KARIR Peluang Karir Bidang Teknologi Informasi

Peluang Karir Bidang Teknologi Informasi

Oleh Lisa Cholitsatun Nuraini | Senin, 15 Maret 2021

Peluang Karir Bidang Teknologi Informasi

Artikel ini berisi tentang peluang lapangan kerja dibidang teknologi informasi yang sesuai dengan perkembangan zaman dimana minat karir tidak hanya seputar pemrograman yang detail.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Seiring berkembangnya zaman, teknologi berperan sangat penting di dalam kehidupan manusia. Menurut Hagberg et al., 2016, salah satu perubahan berkelanjutan yang paling signifikan dari masyarakat modern dan mencakup banyak komponen bisnis dalam kehidupan sehari-hari adalah digitalisasi. Perkembangan teknologi memberikan dampak yang signifikan terhadap ketersediaan lapangan pekerjaan di bidang teknologi informasi. Oleh karena itu, dalam bidang teknologi informasi dibutuhkan sumber daya manusia yang memiliki ketertarikan dalam bidang tersebut. Tetapi, hal tersebut tidak sesuai dengan realita saat ini, dimana banyak mahasiswa TI yang belum yakin untuk mengembangkan karir dibidang teknologi informasi. Hal tersebut disebabkan karena banyak yang beranggapan bahwa berkarir dibidangg teknologi informasi hanya seputar pemrograman yang detail. Padahal karir di bidang TI sangat luas, diantaranya;

-        UI Designer

Seorang UI (User Interface) designer mempunyai tugas untuk membuat desain tampilan secara menarik pada sebuah sistem baik itu berbasis mobile maupun berbasis website.

-        UX Writer

Tugas dari seorang UX writer adalah membuat kata-kata atau tulisan yang singkat, padat, dan jelas mengenai sistem/aplikasi yang mereka tawarkan berdasarkan kumpulan dari pengalaman user menggunakan aplikasi tersebut.

-        System Analist

Seorang analis sistem mempunyai peran sebagai seseorang yang mendefinisikan kebutuhan user/client. Seorang analisis sistem akan melakukan komunikasi dan membuat solusi yang efektif tentang kebutuhan atau permasalahan dari user.

-        Quality Assurance

Seorang Quality Assurance (QA) mempunyai tugas untuk melakukan uji coba dan memeriksa semua proses pengembangan aplikasi agar aplikasi bisa berjalan dengan lancar dan normal tanpa adanya bug.

-        Data Scientist

Akhir-akhir ini peran data scientist sangat dibutuhkan di berbagai perusahaan untuk melakukan analisis data perusahaan. Seorang data scientist juga harus mempunyai ketrampilan mencari tahu informasi yang berguna untuk melakukan pengembangan bisnis dengan metode statistik.

-        Pentester

Seorang pentester mempunyai tugas untuk melakukan pengujian terhadap keamanan atau kehandalan jaringan dalam sebuah aplikasi.

-        IT Support

IT support adalah pekerjaan yang banyak dicari perusahaan untuk melakukan tugas instalasi, evaluasi, dan peningkatan terhadap perangkat keras komputer, software, dan jaringan komputer.

-        SEO Specialist

Search Engine Optimization (SEO) specialist adalah seorang yang bertugas untuk mengoptimasi aplikasi agar dapat menaikkan ranking sehingga aplikasi tersebut bisa muncul pertama kali saat user melakukan pencarian.

-        Game Developer

Tugas dari seorang game developer yaitu menciptakan video game mulai dari penyusunan alur cerita, pembuatan desain grafis, pembuatan audio, sampai dengan melakukan produksi aplikasinya.

Berdasarkan beberapa aspek dalam perkembangan karir teknologi informasi diatas menunjukkan bahwa peluang dibidang teknologi sangatlah luas. Hal itu telah dibuktikan dengan adanya PT Educa Studio yang bergerak dibidang game developer yang mampu menciptakan peluang kerja di berbagai bidang teknologi informasi. Oleh karena itu sebagai seorang yang memiliki minat dibidang TI harus berani untuk mengembangkan skill di berbagai bidang TI.


Lisa Cholitsatun Nuraini

Lisa Cholitsatun Nuraini

Senin, 15 Maret 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI