BERITA PROGRAMMING Langkah - Langkah Membuat Game Untuk Pemula

Langkah - Langkah Membuat Game Untuk Pemula

Oleh Vandi Kristiawan | Jumat, 19 Maret 2021

Langkah - Langkah Membuat Game Untuk Pemula

Hai semuanya, perkenalkan nama saya Vandi Kristiawan biasa dipanggil Vandi. Pada artikel ini saya akan berbagai tutorial atau langkah – langkah membuat sebuah game, supaya teman-teman mengetahui proses pembuatan game.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Pengertian Game 

Game dalam kamus besar Bahasa Indonesia diartikan “permainan”. Permainan atau game merupakan sebuah sistem yang dimana pemain terlibat dalam sebuah konflik buatan dan melakukan interaksi dengan sistem permainan yang sudah dibuat dan diatur, dalam permainan atau game terdapat aturan-aturan yang bertujuan untuk membatasi pemain dan juga menentukan pemain. Pada era modern saat ini pasti hampir setiap orang pernah bermain game, namun tidak semua orang tau langkah-langkah pembuatan game, pada artikel ini saya akan berbagai langkah-langkah membuat game, supaya teman-teman dapat mengetahui proses pembuatan sebuah game dan tertarik untuk belajar coding dan membuat game.

Langkah Pertama : Melakukan Riset

Pada langkah pertama ini hal yang perlu dilakukan adalah melakukan riset game, riset game ini bertujuan untuk menentukan tipe atau genre game apa yang akan dibuat, kemudian menentukan fitur-fitur apa saja yang diperlukan pada game yang akan dibuat.

Langkah Kedua : Membuat Game Design Document

Pada langkah kedua ini hal yang dilakukan adalah membuat design game yang bertujuan untuk :

  • Menentukan bahasa pemrograman yang akan digunakan untuk membuat game.
  • Menentukan framework yang akan digunakan untuk membuat game.
  • Menentukan lama pengerjaan pembuatan game.
  • Menentukan jalannya gameplay game.
  • Membuat mekanisme game saat berjalan.
  • Membuat alur game.
  • Menentukan karakter apa saja yang diperlukan pada game.
  • Membuat rintangan game.
  • Menentukan aspek kesenangan dan teknis saat game dimainkan.

Langkah Ketiga : Proses Pengerjaan Game

Pada langkah ketiga ini hal yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut :

Membuat Flowchart

Pembuatan flowchart ini bertujuan untuk mempermudah dalam pembuatan To Do List dan mempermudah saat mengerjakan pembuatan game karena di dalam flowchart sudah tersusun urutan-urutan atau alur pembuatan game dari awal sampai akhir.

Membuat To Do List

Pembuatan To Do List ini diambil dari flowchart yang sudah dibuat tadi, untuk To Do List ini berisikan bagian-bagian utama dari proses alur pembuatan game. Pada pembuatan To Do List tambahkanlah lama waktu pengerjaan pada tiap-tiap tahapan supaya dapat menyelesaikan pembuatan game tepat waktu. Sebagai contoh teman-teman sedang membuat tampilan utama game maka teman-teman bisa membuat To Do List tampilan utama, di dalam tampilan utama terdapat judul game (2 jam), tombol play (4 jam), high score game (3 jam), tombol mute dan unmute music game (3 jam). Setiap selesai mengerjakan To Do List yang dibuat teman-teman bisa memberikan tanda centang sebagai tanda sudah selesai dikerjakan agar dapat dijadikan sebuah progres dalam pembuatan game.

Pengumpulan Asset Game

Contoh asset gambar game

Pada pengumpulan asset game ini dilakukan pengumpulan asset gambar game (karakter game, background game, judul game, rintangan game) dan asset suara game (musik utama, sound effect, musik game over).

Pengerjaan Game

Pada pengerjaan game mulai dilakukan coding pembuatan game, teman-teman dapat melakukan coding sesuai dengan bahasa pemrograman yang sudah teman-teman kuasai atau yang sudah ditentukan. Dan mulailah mengerjakan sesuai dengan urutan To Do List yang sudah dibuat, supaya membantu untuk fokus menyelesaikan satu persatu tahapan To Do List yang ada dan dapat menyelesaikan game tersebut dengan tepat waktu.

Langkah Keempat : Testing Game

Pada langkah ini lakukanlah testing pada game supaya dapat mengetahui game yang sudah dibuat terdapat bug atau tidak, jika ada bug perbaikilah bug tersebut. Pada proses ini biasanya akan memakan waktu yang lama, pastikan teman-teman menyelesaikan pembuatan game tepat waktu atau sesuai dengan To Do List yang teman-teman sudah buat supaya saat melakukan testing game teman-teman masih mempunyai waktu yang cukup untuk memperbaiki bug yang ada.

Langkah Kelima : Publikasi Game

Setelah semua langkah - langkah pembuatan selesai terdapat langkah terakhir yaitu publikasi game, pada langkah ini teman-teman dapat mempublikasikan game buatan teman-teman. Publikasi ini bertujuan agar game yang sudah dibuat teman-teman dapat dimainkan oleh banyak orang, teman-teman juga dapat memilih saat publikasi game nanti, game teman-teman dapat dimainkan gratis oleh orang lain atau harus berbayar supaya dapat memainkan game tersebut. Untuk publikasi teman-teman dapat melakukannya dengan beberapa cara :

  • Mendaftarkan game di Google Play Store atau Apple Apps Store jika game yang dibuat merupakan game mobile.
  • Membuat website supaya orang-orang dapat mengunduh game tersebut melalui website.
Baca Juga : Toge Productions dan Mojiken Studio: Kisah Kesuksesan Studio Game Indonesia yang Menggebrak Dunia!

Kesimpulan

Membuat game merupakan hal yang menyenangkan apalagi jika berhasil membuat game dari awal sampai game tersebut jadi, teman-teman pasti akan mendapatkan kesenangan dan kepuasan jika berhasil membuat sebuah game buatan teman-teman sendiri. Namun membuat game bukanlah suatu hal yang mudah, membuat game juga memberikan tantangan baru bagi teman-teman. Jika teman-teman tertarik untuk belajar coding dan membuat game, maka tantangan ini layak untuk teman-teman coba dan hadapi.

Sumber referensi dan gambar :

https://duniapendidikan.co.id/

https://duniapendidikan.co.id/

https://www.pngtree.com/

 

 


Vandi Kristiawan

Vandi Kristiawan

Jumat, 19 Maret 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI