BERITA PENDIDIKAN Game Edukasi dengan Matematika

Game Edukasi dengan Matematika

Game Edukasi dengan Matematika

Ternyata penting sekali matematika berhubungan erat dalam suatu media, contohnya game edukasi siswa yang dapat membantu mengkontruksi dalam pembelajaran.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Teknologi Pembelajaran dalam Matematika

Seiring perkembangan teknologi dalam pendidikan belajar matematika itu, siswa harusnya mengkontruksi karena dapat menyusun pengetahuan yang sudah dimiliki oleh siswa dengan pengetahuan baru, sehingga siswa mendapatkan suatu pengalaman yang baru dalam pembelajaran. Tapi selama ini, saat siswa belajar matematika itu guru langsung menginformasikan suatu rumus pembelajaran matematika. Bahkan, siswa tidak diajak bagaimana asal-usul rumus tersebut darimana.

Banyak sekali siswa yang langsung menjawab soal menggunakan rumus padahal penting sekali siswa untuk mengetahui asal-usul rumus tersebut. Jika siswa belajar tidak mengalami suatu kontruksi pengetahuan maka pengetahuan tersebut tidak akan bertahan lama atau akan lupa dan siswa pun akan merasakan pembelajaran matematika yang menyenangkan. Pembuktian umus yang dimaksud ini adalah pembuktian rumus luas lingkaran ataupun pembuktian teorema phytagoras.

Maka dari itu, untuk mewujudkan siswa belajar dengan kontruksi pengetahuan. Pendidik dapat menggunakan bantuan media dalam proses pembelajaran untuk memfasilitasi siswa. Contohnya seperti game edukasi.

Baca Juga : CEO Educa Studio Mendemokan Marbel dan Platform Gamelab ke Sandiaga Uno

Game Edukasi

Game edukasi merupakan suatu permainan yang didesain khusus tidak hanya untuk bermain, namun juga bisa dipergunakan untuk belajar dengan cara yang menyenangkan dan membantu pendidik untuk melakukan inovasi media pembelajaran dalam dunia pendidikan.

Game edukasi tersebut bisa menjadi tujuan pendidik meningkatkan minat siswa terhadap belajar, sehingga siswa bisa belajar sambil bermain game. Terdapat manfaat dalam penggunaan game edukasi, salah satu contohnya adalah meningkatkan daya ingat karena game dapat memberikan pengalaman kontruksi kepada siswa, sehingga siswa pun akan lebih mudah mengingatnya. Game edukasi pun, sangat cocok digunakan sebagai media pembelajaran di dunia pendidikan seperti pada kegiatan era Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

Apalagi banyak siswa di era milenial ini pastinya tidak bisa jauh-jauh dari gadget, dan game edukasi sudah berkembang pesat bisa dimainkan hanya lewat gadget saja, lho!

Itulah hubungan game edukasi dengan matematika, karena game merupakan permainan untuk merangsang minat siswa bermain sambil belajar, dan sebuah inovasi media pembelajaran yang bisa digunakan dalam mengkontruksi siswa dalam pembelajaran matematika. Sehingga siswa merasa lebih senang dan menyenangkan saat belajar matematika, serta menambah banyak wawasan baru tentang rumus matematika berasal.

Sumber

http://redaksi.pens.ac.id/2020/10/06/pengembangan-game-edukasi-sebagai-media-pembelajaran/

https://www.indonesiadigitallearning.com/content/artikel/media-gaed-game-edukasi-dalam-pembelajaran-impelementasi-game-edukasi-dalam-pembelajaran-anak

https://edukasi.kompas.com/read/2010/07/20/1440457/belajar.matematika.bukan.menghapal.rumus

 


Lina Veronica

Lina Veronica

Selasa, 18 Mei 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI