BERITA PENDIDIKAN Game Edukasi dan Kaitannya dengan Pendidikan

Game Edukasi dan Kaitannya dengan Pendidikan

Game Edukasi dan Kaitannya dengan Pendidikan

Pendidikan merupakan sesuatu yang penting dalam kehidupan, pada akhir-akhir ini system Pendidikan harus diubah dikarenakan adanya wabah Covid-19 yang melanda Negara kita. Dari Pendidikan yang bersifat luring, sekarang menjadi Pendidikan yang menggunakan s

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Game Edukasi dan Kaitannya dengan Pendidikan

Pendidikan merupakan sesuatu yang penting dalam kehidupan, pada akhir-akhir ini system Pendidikan harus diubah dikarenakan adanya wabah Covid-19 yang melanda Negara kita. Dari Pendidikan yang bersifat luring, sekarang menjadi Pendidikan yang menggunakan system daring (dalam Jaringan). Apapun dilakukan secara online, seperti halnya pembelajaran menggunakan zoom meeting/gmeet, materi-materipun diakses melalui online. Akibatnya, bagi anak-anak yang masih suka bermain ini merupakan hal yang sangat membosankan, namun kita tau bahwa perkembangan teknologi akan membantu anak - anak keluar dari kebosanan tersebut.

Salah satu upaya yang tepat adalah dengan penggunaan game edukasi dalam pembelajaran, sehingga bagi anak-anak, dapat memicu semangat dalam mengikuti pembelajaran juga dapat membuat anak menjadi tidak bosan. Bagi seorang guru, media pembelajaran berupa game edukasi sangat bermanfaat sekali dalam menunjang pembelajaran. Kita juga tau bahwa game edukasi bukan hanya berupa permainan saja namun juga memberikan selipan materi bagi anak-anak yang disajikan dengan cara yang menyenangkan.

Dari situ, dapat menunjang kebutuhan anak dalam bermain namun juga tidak melupakan kewajibannya untuk belajar. Pada jaman sekarang sudah banyak sekali game edukasi yang dapat digunakan oleh guru dalam menunjang pembelajaran, semua itu dapat diunduh melalui playstore maupun Appstore, namun kemungkinan game-game tersebut kurang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh guru dalam pembelajaran. Maka dari itu, Guru juga memerlukan keterampilan khusus dalam menciptakan game edukasi dalam menunjang pembelajarannya.

Pengalaman pribadi saya sebagai calon seorang guru, dengan mengikuti kegiatan magang di Eduka Studio saya bisa mendapatkan sebuah pengalaman dalam menciptakan game edukasi tersebut. Modul-modul yang diberikan juga membantu saya dalam memahami dasar-dasar pembuatan game, sehingga saya dapat membuah game sederhana untuk menunjang media pembelajaran yang saya butuhkan.

Pengalaman tersebut, sangat menyenangkan bagi saya ditambah lagi mentor-mentor yang mengajarkan pembuatan game juga baik, dan sangat cepat memberikan respon. Menurut saya, sangat menguntungkan bagi seorang guru mendapatkan pelatihan seperti ini melihat perkembangan jaman yang ada juga keadaan Indonesia pada saat ini. Sehingga Pendidikan yang ada juga dapat mengikuti perkembangan jaman yang ada.

Menurut pengalaman pribadi saya mengajar menggunakan media game edukasi membuat siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran. Bukan hanya itu, membuat siswa juga menjadi semangat dalam memperhatikan materi dan memahami materi. Banyak loh manfaat yang diberikan dari game edukasi dan kaitannya dengan Pendidikan. Ayo guru-guru milenial, manfaatkan masa mudamu untuk menambah ilmu dan keterampilan sehingga dapat membantu Pendidikan yang ada.

Baca Juga : CEO Educa Studio Mendemokan Marbel dan Platform Gamelab ke Sandiaga Uno

Kesimpulan

Game edukasi merupakan media pembelajaran yang sangat dibutuhkan bagi guru pada jaman sekarang, selain mendukung minat anak-anak dalam bermain namun juga mengajarkan kepada anak anak mengenai materi pembelajaran sehingga juga membuat anak menjadi senang dan tidak merasa bosan. Sebagai guru maupun calon guru, keterampilan membuat game edukasi sangat diperlukan, sehingga dapat menyesuaikan apa yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Minimal guru dapat membuat game sederhana yang berisi materi dan Latihan soal yang dibutuhkan.

Pelatihan seperti ini sangat diperlukan oleh guru, salah satu Lembaga yang memberikan pelatihan adalah Eduka Studio, dari pengalaman saya, hanya dengan beberapa bulan belajar membuat game Bersama Eduka Studio dapat memberikan saya sebuah pengalaman dan keterampilan untuk membekali saya menjadi seorang guru mengikuti perkembangan jaman yang ada.


Kristina Christa Dewi

Kristina Christa Dewi

Selasa, 18 Mei 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI