BERITA GAME-BASED LEARNING Permainan Edukasi Online

Permainan Edukasi Online

Oleh Hanum Puspita | Kamis, 6 Mei 2021

Permainan Edukasi Online

Permainan edukasi online ini dapat membantu anak-anak dalam mengkonstruksi suatu pembelajaran

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Belajar melalui permainan edukasi online

Dimasa pandemi Covid-19, kebanyakan anak-anak sekarang lebih banyak menghabiskan waktu dirumah masing-masing. Disisi lain anak-anak lebih tertarik melakukan aktivitas bermain game online yang dapat diakses melalui gadget daripada belajar. Berdasarkan survey dari 100% responden pengguna internet, diantaranya 79% anak-anak menggunakan gadget untuk bermain dan 21% anak-anak menggunakan gadget untuk belajar. 

Oleh karena itu, untuk mengajak anak-anak supaya tidak hanya bermain game online namun juga belajar yaitu diperlukan media pembelajaran berupa permainan edukasi online supaya anak-anak akan lebih mudah mengaksesnya. Ada berbagai macam permainan edukasi yang sangat cocok digunakan pada masa pandemi seperti ini, diantaranya yaitu ada belajar puzzle bangun datar dimana permainan ini mengajak anak-anak untuk menyusun puzzle sesuai dengan bentuk bangun datar. Dengan begitu secara tidak langsung, anak-anak telah diperkenalkan materi mengenai bentuk-bentuk dari bangun datar sekaligus hal itu dapat membantu anak-anak juga dalam melatih sensor motorik mereka. Hal itu akan membantu anak-anak dalam berfikir dengan cepat dan benar.

Baca Juga : Game Edukasi Android: Wujud Merdeka Belajar secara Daring untuk Generasi Milenial

Kesimpulan

Meskipun permainan sering kali dianggap oleh orang-orang sebagai sesuatu yang negatif, namun nyatanya permainan khususnya yaitu permainan edukasi online ini dapat membantu anak-anak dalam mengkonstruksi suatu pembelajaran. Permainan edukasi juga dapat memberikan rasa kompetensi dan koneksi kepada anak-anak untuk meningkatkan motivasi belajar mereka.

 

Sumber :

Hikmatun Nisa’ Enha.2015. Pengembangan Media Puzzle Pada Konsep Pengukuran Bangun Datar Terhadap Pemahaman Siswa Kelas IV MI AL Mufidah Wongsorejo Banyuwangi. http://etheses.uin-malang.ac.id/3113/1/11140002.pdf 

https://kumparan.com/kumparannews/survei-kpai-79-anak-pakai-gadget-selain-untuk-belajar-selama-pandemi-corona-1tr1EmSiNur 


Hanum Puspita

Hanum Puspita

Kamis, 6 Mei 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI