BERITA PROGRAMMING Mengenal Photon Engine untuk Pengembangan Game Multiplayer

Mengenal Photon Engine untuk Pengembangan Game Multiplayer

Oleh Clifford Gunawan | Jumat, 11 Juni 2021

Mengenal Photon Engine untuk Pengembangan Game Multiplayer

Artikel ini membahas tentang arti Multiplayer, Photon Engine sebagai fondasi pemrogramman game multiplayer dan juga produk atau layanan yang ditawari oleh Photon .

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Jika dilihat sekilas, sepertinya game Multiplayer adalah sebuah keajaiban teknologi, dan klaim itu sebenarnya tidak salah. Terdapat banyak pemain dari seluruh dunia yang berinteraksi satu sama lain secara real-time dalam memainkan suatu game. Untuk melakukan semua keajaiban Multiplayer ini, aksi-aksi yang dilakukan oleh pemain semuanya terproses melalui jaringan server.

Multiplayer sendiri adalah serangkaian jaringan, pemain-pemain, pertandingan, ruangan, dan juga komponen-komponen lain yang menciptakan pengalaman interaksi sosial yang unik. Apakah anda tertarik untuk mengembangkan game Mulitplayer sendiri?

Terdapat beberapa Game Engine yang dapat kita temui dalam membantu kita untuk membuat sebuah game, baik game Single Player maupun Multiplayer. Nah, yang akan kita bahas kali ini adalah sebuah engine yang dapat membantu kita dalam membuat sebuah game Multiplayer, yang bernama Photon Engine.

 

Apa itu Photon Engine?

Photon Engine adalah sebuah Game Engine yang spesialisasinya adalah dalam membangun game Multiplayer. Engine ini menggabungkan berbagai perkembangan dalam komponen networking dan pengembangan software yang dapat membuat game berjalan dengan performa yang memadahi untuk menangani lingkungan multiplayer.

Dengan jaringan yang aktif, melebihi 22 juta pengguna online per harinya, Photon Engine menunjukan dirinya sebagai platform yang handal dalam pengembangan sebuah game. Photon bekerja dengan berbagai platform lain, seperti Unity, Unreal Engine, Construct, dan tidak hanya bekerja dalam PC dan MacOS, bisa juga ke konsol Xbox, Playstation dan Nintendo. Beberapa game yang mungkin anda kenal sebenarnya menggunakan Photon Engine juga, seperti VRChat, Rec Room dan Maskgun

 

Produk-produk Photon Engine?

Photon Engine mempunyai 4 jenis produk yang dapat digunakan untuk mengembangkan game Multiplayer anda, antara lain...

 

PUN (Photon Unity Networking)

PUN atau Photon Unity Networking adalah salah satu produk dimana para developer bisa mengintegrasikan framework dari Unity dengan Photon Engine secara mudah, yang dapat membuat lingkungan multiplayer yang (hampir) bebas hambatan dan respons antara aksi user dengan server cepat agar game dapat berjalan dengan lancar.

 

Realtime

Realtime adalah sebuah produk yang fungsi utamanya lebih membenarkan isu-isu game yang latensi rendah. Photon Realtime bekerja secara cross-platform yang artinya jaringan game anda dapat bermain dengan berbagai platform, yang PC dapat bermain dengan MacOS dan yang konsol-konsol juga dapat bermain bersama.

Latensi yang rendah sangat berdampak pada game multiplayer dan Photon Realtime mengusahakan untuk menghilangkan berbagai masalah koneksi yang terjadi dalam game Multiplayer, terutama permainan yang membutuhkan refleks cepat.

Para developer yang tertarik seperti bagaimana cara Photon Realtime bekerja mengelola jaringannya antara game dengan server, terdapat Source Code yang disediakan oleh Photon sendiri pada bagian SDK dalam website-nya agar setiap orang dapat mengembangkan kode-kode tersebut sesuai kebutuhan user.

 

BOLT

Produk BOLT dari Photon lebih mengedepankan genre seperti First Person Shooter, Third Person Shooter, Battle Royale dan Action Games. Jika dilihat dari berbagai genre tersebut, produk yang satu ini spesialisasinya lebih ke permainan yang membutuhkan kekuatan komputasi yang besar dan banyak untuk menopang berbagai event dinamis yang selalu terjadi dan berganti dalam lingkup permainan dan juga mengoptimasi performa lag serta aksi respons dari sisi klien.

 

Quantum

Terahkir adalah produk Quantum, dan engine yang satu ini (mungkin) adalah salah satu produk terbaik yang dapat ditawarkan oleh Photon. Genre yang dipeluk seperti MOBA, Sports, RTS, Brawlers, FPS. Spesialisasinya adalah performa komputasi server yang sangat tinggi, sehingga hal-hal seperti pengerjaan fisika, matematika, Artificial Intelligence dan hal-hal lain yang biasanya perlu perhitungan ataupun sortir, Quantum akan mengerjakan semuanya dengan cepat, dan selain itu tidak terdapat Netcode yang artinya struktur kode dalam mode Single Player maupun Local/Online Multiplayer sama, tidak ada perbedaan antara mode game.

 

Baca Juga : Perbedaan Web Application dan Website, Emang Beda?

Bagaimana cara mendapatkan Photon?

Untuk menyiapkan Photon Engine-mu yang akan digunakan dalam proyek, pertama-tama harus ke website Photon terlebih dahulu dan Sign Up/Register menjadi member (jika belum). Ikutilah petunjuk-petunjuk pembuatan akun Photon dan setelah selesai lakukan Sign In, pilih produk yang akan digunakan dalam proyek anda dan telusuri juga harga produk yang di tawarkan.

Anda dapat mencoba paket gratis (untuk Quantum, harus kontak CS Photon terlebih dahulu) sebelum melakukan pembelian produk yang lebih mumpuni. Pengguna akses gratis memiliki 20 CCU (sekitar 60,0 GB) untuk mencoba layanan mereka. Ini pada dasarnya bagaimana pengguna dapat memanfaatkan sebagian besar cloud server dari Photon untuk pengembangan proyek game-nya.

Untuk selanjutnya, tentang pengimplementasian Photon Engine sendiri dalam Unity ataupun software pengembangan lainnya dapat dibaca dokumentasi Photon Engine melalui website-nya atau dapat menonton berbagai tutorial yang disajikan oleh Photon sendiri melalui kanal Youtube.

Selamat Mencoba!


Clifford Gunawan

Clifford Gunawan

Jumat, 11 Juni 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI