BERITA SELF DEVELOPMENT Memulai Programming Melalui Self-Taught

Memulai Programming Melalui Self-Taught

Memulai Programming Melalui Self-Taught

Self-taught atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah otodidak merupakan suatu usaha dalam memperoleh keterampilan yang diperoleh dengan usaha sendiri tanpa instruksi formal.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Mengapa Belajar Programming Itu Penting ?

Pada era digital sekarang ini kemampuan programming sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan, baik itu perusahaan yang bergerak dibidang teknologi maupun non-teknologi. Hal tersebut senada dengan apa yang pernah diucapkan oleh Presiden Republik Indonesia, bapak Jokowi Widodo, "Kita membutuhkan talenta digital sebanyak kurang lebih 9 juta orang untuk 15 tahun ke depan"(3/08/2020).

Disamping karena banyaknya lapangan pekerjaan yang tersedia pada dunia programming, belajar programming juga bisa mengasah pola pikir yang kita miliki dimana kita akan dihadapkan terhadap problematika yang harus dipecahkan untuk memperoleh tujuan yang diinginkan.

 

Bagaimana Cara Belajar Programming Secara Otodidak ?

Untuk memulai belajar programming pada masa sekarang merupakan suatu hal yang mendapat privilege atau kemudahan yang lebih, hal tersebut dikarenakan kita dapat mempelajari banyak hal melalui platform gratis maupun berbayar yang ada di internet, di masa sekarang ini persebaran informasi sudah cukup mudah untuk di jangkau melalui internet, sehingga kita dengan mudah untuk memulai dalam melakukan pembelajaran hal baru khusunya dalam dunia pemrograman. 

Dengan banyaknya sumber-sumber pembelajaran pemrograman di internet, kita dapat memulai pembelajaran secara mandiri, adapun diantaranya sebagai berikut:

 

1. Bulatkan Niat Bahwa Belajar Pemrograman Merupakan Suatu Hal yang Berguna dan Menyenangkan

https://medium.com/@ankitagrawal.an/is-programming-fun-44efbe49cafe

Langkah awal dalam kita memulai pembelajaran secara mandiri yaitu kita harus mempunya niat yang kuat untuk memulai belajar pemrograman, hal tersebut menjadi fundamental atau dasar dalam kita melakukan pembelajaran mandiri. Adapun caranya bisa dengan menonton video motivasi mengenai programmer-programmer yang sukses berkarya dalam dunia teknologi ataupun dengan membaca kisah sukses programmer yang mampu membuat hal baru menjadi lebih praktis dan lebih efisien.

 

2. Pelajari Logika Pemrograman 

Setelah kita memiliki niat yang kuat dalam belajar pemrograman, langkah selanjutnya dalam mempelajari pemrograman secara mandiri adalah pelajari logika pemrograman, dasar dari pemrograman adalah logika dan algoritma, kedua hal tersebut sangat berkaitan antara satu sama lain, hal tersebut dikarenakan untuk memecahkan suatu permasalahan programming dibutuhkan logika yang tepat dalam menyusun algoritma agar berjalan sesuai dengan hasil yang diharapkan.

Kita dapat berlatih logika pemrograman dengan mengerjakan soal-soal latihan pemrograman yang ada pada internet dan berfikir bagaimana cara untuk menyelesaikannya agar permasalahan tersebut dapat diselesaikan, tanpa perlu memikirkan sintaksis dari bahasa pemrograman, cukup kerjakan dengan menggunakan pseudo code yang tidak terpaku pada suatu bahasa pemrograman.

 

3. Pilih satu bahasa pemrograman dan kuasai bahasa pemrograman tersebut

https://www.mycplus.com/mycplus/wp-content/uploads/2009/02/programming-languages.jpg

Setelah kita mempelajari logika pemrograman selanjutnya adalah penerapan logika pemrograman tersebut terhadap satu diantara bahasa pemrograman yang akan kita kuasai, ada banyak bahasa pemrograman yanga ada di dunia programming diantaranya: Python, Java, Javascript, PHP, Kotlin, Rust dan masih banyak lagi.

Untuk tahap awal dimana kita baru memasuki dunia pemrograman kita tidak perlu untuk mempelajari banyak bahasa pemrograman  tersebut, cukup pilih satu diantara bahasa pemrograman yang ada dan pelajari sintaksisnya. Karena pada dasarnya, sintaksis atau aturan penulisan pada suatu bahasa pemrograman itu hampir mirip dengan satu dan yang lainnya.

4. Tentukan Career Path atau jalur Karir Yang Kita Inginkan

https://media.geeksforgeeks.org/wp-content/cdn-uploads/20190717190928/Career-Paths-For-Software-Developers-Programmers-2019.png

Setelah kita menguasai suatu bahasa pemrograman dengan baik, maka langkah selanjutnya dalam belajar pemrograman secara mandiri adalah dengan menentukan Career Path yang kita inginkan, ada banyak sekali sub bidang dalam ranah pemrograman yang bisa kita tekuni secara lebih spesifik diantaranya yaitu :

  • Data : Data Science, Data Engineering, dan Data Analysis
  • Mobile : Developer IOS dan Developer Android
  • Web : Developer Backend dan Developer Frontend

Pemilihan Career Path ini sangat penting dilakukan guna membuat kita fokus terhadap teknologi apa saja yang akan kita pelajari agar lebih terfokus dan mendetail sehingga kita bisa menjadi ahli pada bidang tersebut.

 

Baca Juga : Apa Saja Perbedaan Front End dan Back End?

Referensi


Ihsan Ahsanu Amala

Ihsan Ahsanu Amala

Jumat, 20 Agustus 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI