BERITA SMK Kerjasama Kelas Industri SMK Negeri Labuang dan Gamelab Indonesia

Kerjasama Kelas Industri SMK Negeri Labuang dan Gamelab Indonesia


Kerjasama Kelas Industri SMK Negeri Labuang dan Gamelab Indonesia

Kabar baik dan kabar gembira, SMK Negeri Labuang sepakat bekerjasama dengan Gamelab Indonesia untuk pembentukan kelas industri Web Frontend untuk kompetensi kelahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Kabar baik telah terjalin kerjasama resmi antara SMK Negeri Labuang dengan Gamelab Indonesia, PT Educa Sisfomedia Indonesia. Kerjasama yang dimaksud adalah pembentukan kelas industri yang terdiri dari guru tamu, penyelarasan kurikulum, magang, dan pengembangan lab standar industri.

Kamis, 19 Agustus 2021, salah satu SMK yang terletak di Kabupaten Polewali Mandar, yaitu SMK Negeri Labuang mengadakan sinkronisasi kurikulum bersama Gamelab Indonesia, PT Educa Sisfomedia Indonesia (Educa Studio). Adapun Gamelab Indonesia merupakan mitra industri SMK Negeri Labuang.

Sinkronisasi Kurikulum SMK

Menyambut tahun ajaran baru, telah dilaksanakan sinkronisasi kurikulum antara SMK dan mitra Industri. SMK Negeri Labuang yang memiliki jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) bekerja sama dengan Gamelab dalam program kelas industri yang fokus pada bidang Web Frontend.

Kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan kerjasama kedua belah pihak. Sinkronisasi kurikulum dilaksanakan secara daring karena situasi sedang kurang kondusif. Dihadiri oleh yang terhormat Kepala Sekolah SMK Negeri Labuang, Bapak Rudi Yunus, S.Pd.,M.Pd. beserta Wakasek Bidang Kurikulum, Andriyadi, S.Pd., Wakasek Hubungan Industri, Baso Misabahuddin, S.Pd, M.Pd., beserta jajaran penanggungjawab dan guru mata pelajaran produktif SMK Negeri Labuang. Dari Gamelab Indonesia hadir Septi Yuliana, S.Ds. sebagai koordinator program kelas industri.

Sinkronisasi kurikulum ini bertujuan merencanakan, membuat kesepakatan dan memastikan nantinya seluruh kegiatan proses pengimplementasian kurikulum industri dimiliki oleh mitra industri (PT Educa Sisfomedia Indonesia - Gamelab) pada kurikulum sekolah berjalan lancar.

Kerjasama SMK dan Industri

SMK Negeri Labuang dan PT Educa Sisfomedia Indonesia (Educa Studio dan Gamelab Indonesia) sebagai mitra industri telah menjalin kerjasama sinergis di beberapa bidang yaitu: 

  • Pembentukan kelas industri jurusan RPL
  • Sinkronisasi dan Pengembangan Kurikulum
  • Pengembangan lab standard industri
  • Guru tamu dan pengajar dari industri
  • Kelas industri Gamelab Web Frontend

Mengenal SMK Negeri Labuang

SMK NEGERI LABUANG Merupakan Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) yang berada naungan pemerintah Sulawesi Barat. Berdiri sejak tahun 2006 terletak di Desa Laliko, Kec. Campalagian, Kab. Polman, Prov. Sulbar, dan mempunyai beberapa kompetensi keahlian diantaranya :

  1. Teknik Audio Video (TAV),
  2. Multimedia (MM),
  3. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL),
  4. Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ),
  5. Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), dan
  6. Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM).

Tentang Gamelab Indonesia

Gamelab Indonesia fokus pada pendidikan vokasi, khususnya SMK. Berdiri pada tahun 2018 di bawah PT Educa Sisfomedia Indonesia (Educa Studio). Educa Studio sendiri berdiri pada tahun 2011 yang fokus pada pengembangan media pembelajaran interaktif seperti edugames, animasi dan komik. 

Gamelab memiliki berbagai program pendidikan dan pelatihan seperti: 

  • Magang Online, termasuk integrasi program kampus merdeka
  • Kelas industri dan Teaching Factory untuk SMK dan Perguruan Tinggi
  • Program Kartu Prakerja, program pelatihan dari pemerintah

Pembukaan Kelas Industri dan Teaching Factory

Akhir kata, apabila ada SMK yang tertarik untuk melakukan kerjasama dengan industri bisa menghubungi tim Gamelab Indonesia untuk kami bantu fasilitasi dan realisasi. Program-program di Gamelab Indonesia fokus dan menyesuaikan kebutuhan pendidikan vokasi SMK yang terdiri dari: 

  • Kelas Industri dan Teaching Factory (selengkapnya)
  • Magang Siswa dan Guru (selengkapnya)
  • Sinkronisasi dan Pengembangan Kurikulum
  • Job Matching dan Program Karir lulusan (selengkapnya)
  • Uji Keahlian Kompetensi Siswa SMK

Dea Vinta Permata Efendi

Dea Vinta Permata Efendi

Kamis, 26 Agustus 2021