Saat ini dunia kerja sedang mengalami penyesuaian karena adanya perkembangan teknologi. Hal ini juga memberi pengaruh lho ke siswa SMK. Pengaruhnya apa nih ke dunia SMK? Jadi ketika dunia kerja mengalami perubahan, maka kurikulum di SMK pun ikut mengalami penyesuaian. Seperti apa perkembangannya? Yuk, kita simak pembahasan di bawah ini.
Jurusan TKJ
Jurusan TKJ atau Teknik Komputer dan Jaringan merupakan salah satu Jurusan atau Kompetensi Keahlian pada Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika yang diajarkan di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Selama tiga tahun siswa akan belajar mengenai komponen hardware pada komputer dan sistem jaringan komputer.
Dengan dibekali materi pembelajaran tersebut, diharapkan para siswa dapat membangun jaringan komputer dan melakukan perakitan komputer. Untuk mengetahui lebih detail apa saja yang dipelajari di Jurusan TKJ, apa keunggulannya, dan bagaimana peluang kerjanya, simak artikel berikut ini.
Artikel lengkap terkait TKJ bisa dibaca di sini SMK Jurusan TKJ : Rakit Sendiri Komputer dan Jaringan Internetmu |
Kegiatan PKL TKJ
Para siswa jurusan TKJ akan mempratekkan secara langsung teori-teori yang sudah mereka dapatkan di sekolah. Harapannya kegiatan Prakerin ini dapat meningkatkan mutu para siswa dan sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja.
PKL adalah praktek kerja lapangan yang penting dan wajib diikuti oleh siswa SMK. Dulunya disebut dengan nama PRAKERIN (Praktek Kerja Industri). Tujuannya adalah memberikan pengalaman kerja langsung dan memenuhi hal-hal yang belum terpenuhi di sekolah agar standar kompetensi lulusan dapat tercapai.
Maksud adanya kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah untuk mencari pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya. Adapun sebenarnya juga menjadi syarat kelulusan juga lho teman-teman. Kegiatan PKL SMK TKJ di Gamelab Indonesia adalah sebagai berikut:
- Tahap Pertama (biasanya bulan pertama) peserta akan kami berikan pelatihan. Pelatihan meliputi pemrograman python (untuk DevOps atau Data Science) atau boostrap (untuk web frontend). Di sini kamu bakalan dapat Sertifikat Kompetensi juga lho. Seru kan?
- Tahap Kedua, setelah mendapatkan pelatihan peserta akan kami berikan proyek. Proyek ini menjadi bagian dari Project-based Learning (pembelajaran berbasis proyek) sehingga kamu akan mendapatkan pengalaman kerja sekaligus portofolio. Kami berharap peserta PKL di Gamelab nantinya bisa lebih cepat dapat tempat kerja.
PKL di Masa Pandemi
PKL di masa pandemi dilakukan secara online. Bapak/Ibu guru, orang tua dan kamu tidak perlu khawatir, PKL secara online itu banyak benefitnya juga lho. Berikut benefit tidak langsungnya:
- Tidak perlu bayar kos dan transportasi harian
- Tidak perlu mengeluarkan uang makan dan jajan
- Cukup sediakan niat, waktu (komitmen) dan paket data (internet)
Apalagi Gamelab Indonesia adalah perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 2011 dan berpengalaman di bidang pendidikan dan pelatihan online. Baca lengkapnya di bawah ini ya.
Baca Juga : Ciptakan Lulusan Kompeten, SMK Binaan Gamelab dan SMKN 1 Bakauheni Jalin Kerja Sama
PKL di Gamelab Indonesia
Gamelab Indonesia yang merupakan bagian dari Educa Studio (PT Educa Sisfomedia Indonesia) telah melakukan riset selama 3 tahun (2017 - 2019) untuk menghadirkan proses pelatihan dan transfer knowledge secara online. Pertengahan tahun 2019 situs www.gamelab.id telah memasuki tahap matang dan siap digunakan untuk seluruh Indonesia.
Melalui situs Gamelab, pelatihan dan magang dapat dilakukan secara online. Platform yang sudah tervalidasi ini menghadirkan setidaknya 3 tahapan penting untuk siswa SMK yaitu submission (pendaftaran), training (pelatihan) dan project-based learning (magang).
Siswa SMK yang magang dan PKL akan mendapatkan:
- Bimbingan dan Pelatihan
- Studi Kasus Nyata (Proyek)
- Sertifikat Kompetensi Lulusan
- Sertifikat Magang dan
- Surat Bukti Magang.
Banyak sekali ya benefitnya. Sudah ratusan SMK dan perguruan tinggi telah magang di Gamelab Indonesia. Jadi, segera lakukan pendaftaran di sini ya: Pendaftaran PKL SMK Gamelab Indonesia.