BERITA WEB PROGRAMMING Apa Saja Perbedaan Front End dan Back End?

Apa Saja Perbedaan Front End dan Back End?

Apa Saja Perbedaan Front End dan Back End?

Artikel ini akan membahas apa saja perbedaan antara Front End dan Back End

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Apa itu Front End?

Front End adalah bagian pengembangan yang digunakan untuk membuat tampilan depan web atau aplikasi. Tanggung jawab pengembang Front End adalah memastikan isi web atau aplikasi seperti konten, gambar, tombol, dan lain lainnya berjalan dengan baik agar pengguna berinteraksi dengan web atau aplikasi lebih nyaman.

Apa itu Back End?

Back End adalah bagian pengembangan yang digunakan untuk membuat bagian belakang sebuah web atau aplikasi seperti server, aplikasi, dan database. Pengembang Back End bertanggung jawab atas membuat web atau aplikasi lebih aman, membuat dan mengola database, memperbaiki bug yang muncul di bagian server atau lainnya, dan masih banyak lagi.

Perbedaan Front End dan Back End

Skill

  • Front End

Front End membutuhkan bahasa pemrograman berikut, HTML, CSS, dan Javascript. Tiga bahasa pemrograman tersebut penting dalam membuat web atau aplikasi. HTML adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengatur atau membentuk sebuah halaman web atau aplikasi yang akan ditampilkan, sedangkan CSS digunakan untuk menyerdehanakan atau mengatur tampilan elemen yang tertulis di HTML. Untuk Javascript digunakan karena dapat membuat web atau aplikasi lebih interaktif dan dinamis. Selain itu Front End juga membutuhkan kemampuan atau skill untuk menggunakan dan mengelola Framework dan Library, contoh framework yang sering digunakan adalah Angular.js dan Vue.js, sedangkan library yang sering digunakan adalah React.js dan jQuery.

  • Back End

Untuk Back End membutuhkan bahasa pemrograman yang digunakan untuk bagian server atau database. Bahasa pemrograman Back End yang paling sering digunakan adalah PHP dan Python.PHP digunakan untuk pengembangan pada bagian server serta skrip untuk tujuan umum dan juga PHP digunakan untuk mengubah halaman HTML Statis menjadi halaman Dinamis. Python adalah bahasa pemrograman yang populer digunakan untuk membuat berbagai macam program, seperti Web, Game, Aplikasi Mobile, dan lain lain. pengembang Back End juga harus bisa menggunakan atau menguasai database seperti MySQL, Oracle, dan lain lain. Sama seperti Front End, Back End juga membutuhkan kemampuan atau skill untuk menggunakan atau mengelola Framework dan Library, contoh framework seperti Express.js, CodeIgniter, Laravel dan lain lain. 

Pekerjaan

  • Front End

Pengembang Front End biasanya memulai pekerjaannya setelah mendapatkan desain atau UI Desiner selesai membuat desainnya, setelah desain selesai pengembang Front End memulai pekerjaannya dengan mengaplikasikan desain yang telah dibuat ke dalam HTML, CSS, dan Javascript. dan pengembang Front End juga bisa menambahkan atau menggunakan Framework atau Library yang ada.

  • Back End

Sedangkan untuk Pengembang Back End memulai pekerjaannya setelah pengembang Front End selesai dengan pekerjaannya, pengembang Back End akan  akan menjalankan instruksi - instruksi yang akan dijalankan oleh web atau aplikasi. Pengembang Back End juga akan memastikan web atau aplikasi tersebut aman dan berjalan dengan baik tanpa error.

Baca Juga : Perbedaan Web Application dan Website, Emang Beda?

Kesimpulan

Meskipun Front End dan Back End berbeda tetapi keduanya tetap penting, Pengembang Front End tidak diwajibkan untuk menguasai Back End begitu juga sebaliknya, Pengembang Back End juga tidak diwajibkan untuk menguasai Front End. Tetapi jika ingin menguasai keduanya maka Full Stack Developer adalah pengembang yang bisa menggunakan atau menguasai Front End dan Back End sekaligus. Namun bukan hanya Full Stack Developer yang bisa membuat sebuah web atau aplikasi hanya karena Full Stack Developer menguasai Front End dan Back End, Pengembang Front End dan Back End juga dapat bekerja sama agar dapat menghasilkan web atau aplikasi yang bagus, nyaman, dan aman. 

 


Ferdi Naufal Prasetyo

Ferdi Naufal Prasetyo

Rabu, 22 September 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI