BERITA PENDIDIKAN Media Pembelajaran Video Animasi Literasi Bahasa untuk Anak SD

Media Pembelajaran Video Animasi Literasi Bahasa untuk Anak SD

Media Pembelajaran Video Animasi Literasi Bahasa untuk Anak SD

Artikel ini berisi tentang penggunaan media pembelajaran animasi literasi bahasa untuk anak sekolah dasar dimasa pandemi.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

media pembelajaran animasi

Dimasa pandemi saat ini, praktik pendidikan daring dilakukan oleh berbagai tingkatan jenjang pendidikan dari SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi. Tidak ada lagi aktifitas pembelajaran yang dilakukan di ruang-ruang kelas. Siswa diharuskan belajar dari rumah, sehingga sebagai pendidik tentu harus memikirkan langkah yang tepat untuk mengefektifkan proses pembelajaran. Salah satunya adalah memilih media pembelajaran yang tepat untuk digunakan sebagai alat bantu pembelajaran. Media pembelajaran menjadi sangat penting dalam sebuah pembelajaran guna mencapai suatu tujuan pembelajaran.

Lalu apakah itu media pembelajaran?

Pengertian Media Pembelajaran

5862900PEMBELAJARANDARING

Media pembelajaran merupakan sebuah alat bantu yang digunakan untuk menunjang pelaksanaan proses belajar mengajar.  Media digunakan untuk membantu merangsang pikiran, perasaan, kemampuan dan perhatian siswa dalam proses belajar mengajar di kelas. Contoh media pembelajaran yang efektif digunakan pada masa pandemi saat ini, khususnya untuk melatih literasi Bahasa anak salah satunya adalah video animasi.

Baca Juga : Dampak Covid-19 Bagi Pendidikan di Indonesia

Pengertian Video Animasi

animasi video

Video animasi adalah sebuah gambar bergerak yang berasal dari kumpulan beberapa objek dan kemudian disusun secara khusus sehingga dapat bergerak sesuai dengan alur yang sudah ditentukan pada setiap hitungan waktu. Video animasi ini termasuk dalam media pembelajaran berbasis audio-visual yang mana dalam media ini tentu anak-anak akan lebih tertarik untuk menonton dan memperhatikan video tersebut karena audio-visual sudah sesuai dengan kategori usia mereka, sehingga memudahkan guru dan siswa dalam melakukan kegiatan belajar mengajar.

Penggunaan media animasi juga mengajarkan anak untuk dapat menanamkan nilai-nilai karakter yang terdapat di dalam ceritanya. Selain itu, dengan media ini juga dapat menjadikan pembelajaran berlangsung menyenangkan, tidak membosankan, dan interaktif.

Video pembelajaran animasi dipilih sebagai media literasi Bahasa untuk anak Sekolah Dasar karena sangat bermanfaat untuk menstimulasi atau merangsang aspek perkembangan berbahasa anak dimasa pandemi saat ini. Dimana dalam penggunaan media ini diharapkan dapat menambah kosakata pada anak.

 

sumber:

https://www.kompasiana.com/hanaalathifah/615343f10101905fc67cf143/media-pembelajaran-video-animasi-literasi-baca-dan-tulis-untuk-anak-usia-dini


Putri Dwi Agustine

Putri Dwi Agustine

Rabu, 29 September 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI