BERITA GAME-BASED LEARNING Media Pembelajaran Video Animasi Literasi Bahasa untuk Anak SD

Media Pembelajaran Video Animasi Literasi Bahasa untuk Anak SD

Oleh Putri Dwi Agustine | Rabu, 29 September 2021

Media Pembelajaran Video Animasi Literasi Bahasa untuk Anak SD

Artikel ini berisi tentang penggunaan media pembelajaran animasi literasi bahasa untuk anak sekolah dasar dimasa pandemi.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

media pembelajaran animasi

Dimasa pandemi saat ini, praktik pendidikan daring dilakukan oleh berbagai tingkatan jenjang pendidikan dari SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi. Tidak ada lagi aktifitas pembelajaran yang dilakukan di ruang-ruang kelas. Siswa diharuskan belajar dari rumah, sehingga sebagai pendidik tentu harus memikirkan langkah yang tepat untuk mengefektifkan proses pembelajaran. Salah satunya adalah memilih media pembelajaran yang tepat untuk digunakan sebagai alat bantu pembelajaran. Media pembelajaran menjadi sangat penting dalam sebuah pembelajaran guna mencapai suatu tujuan pembelajaran.

Lalu apakah itu media pembelajaran?

Pengertian Media Pembelajaran

5862900PEMBELAJARANDARING

Media pembelajaran merupakan sebuah alat bantu yang digunakan untuk menunjang pelaksanaan proses belajar mengajar.  Media digunakan untuk membantu merangsang pikiran, perasaan, kemampuan dan perhatian siswa dalam proses belajar mengajar di kelas. Contoh media pembelajaran yang efektif digunakan pada masa pandemi saat ini, khususnya untuk melatih literasi Bahasa anak salah satunya adalah video animasi.

Baca Juga : Manfaat dan Tips Efektif Membagi Waktu Untuk Bekerja Dengan Kuliah

Pengertian Video Animasi

animasi video

Video animasi adalah sebuah gambar bergerak yang berasal dari kumpulan beberapa objek dan kemudian disusun secara khusus sehingga dapat bergerak sesuai dengan alur yang sudah ditentukan pada setiap hitungan waktu. Video animasi ini termasuk dalam media pembelajaran berbasis audio-visual yang mana dalam media ini tentu anak-anak akan lebih tertarik untuk menonton dan memperhatikan video tersebut karena audio-visual sudah sesuai dengan kategori usia mereka, sehingga memudahkan guru dan siswa dalam melakukan kegiatan belajar mengajar.

Penggunaan media animasi juga mengajarkan anak untuk dapat menanamkan nilai-nilai karakter yang terdapat di dalam ceritanya. Selain itu, dengan media ini juga dapat menjadikan pembelajaran berlangsung menyenangkan, tidak membosankan, dan interaktif.

Video pembelajaran animasi dipilih sebagai media literasi Bahasa untuk anak Sekolah Dasar karena sangat bermanfaat untuk menstimulasi atau merangsang aspek perkembangan berbahasa anak dimasa pandemi saat ini. Dimana dalam penggunaan media ini diharapkan dapat menambah kosakata pada anak.

 

sumber:

https://www.kompasiana.com/hanaalathifah/615343f10101905fc67cf143/media-pembelajaran-video-animasi-literasi-baca-dan-tulis-untuk-anak-usia-dini

Hidupmu bahagia kalau pernah main game papan ini! Main game ULAR TANGGA sekarang bisa lewat HP dan bisa main rame-rame.


Putri Dwi Agustine

Putri Dwi Agustine

Rabu, 29 September 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI