BERITA BERITA GAME Inspiratif, 11 Sosok Berpengaruh Di Dunia Perindustrian Game

Inspiratif, 11 Sosok Berpengaruh Di Dunia Perindustrian Game

Inspiratif, 11 Sosok Berpengaruh Di Dunia Perindustrian Game

Sebuah produk tidak bisa tercipta dengan sendiri tanpa ada seseorang yang memprakarsainya. Begitu pula dengan Game yang saat ini kita mainkan. Ada tokoh-tokoh berpengaruh dibalik pembuatan game-game yang saat ini kita mainkan.

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

Game yang kita mainkan saat ini tentu saja tidak lepas dari campur tangan para sosok-sosok inspiratif dibalik suksesnya sebuah game maupun fenomena game. Bukan hanya sebagai penemu atau pencipta namun sosok-sosok ini juga sangat mempengaruhi trend maupun genre dari suatu game. Siapa saja tokoh-tokoh yang berpegaruh tersebut? Simak di bawah ini!

1. Markus Persson

Markus Persson atau yang lebih dikenal dengan nama Notch merupakan pendiri Mojang sebelum akhirnya ia meninggalkan Mojang setelah diakuisisi oleh Microsoft. Bersama dengan timnya di Mojang, ia menciptakan satu game fenomenal, Minecraft. Minecraft marupakan game open-world sandbox yang telah mendapatkan banyak ketenaran dan popularitas bahkan sejak teknologi demonya di tahun 2009.

Di balik kesuksesan game Minecraft dan fenomenalnya game ini, tentunya tidak dapat lepas dari ide Notch sebagai penciptanya. Tidak hanya game Minecraft saja namun ada banyak karya dan hal-hal lain dari Notch yang mendapatkan apresiasi dari dunia.

2. Gabe Newell

Sebagian besar gamer atau penggiat dalam dunia game pasti tidak asing dengan nama ini. Gabe Newell atau Gabe "Gaben" Newell merupakan bos besar dari Valve, yang dikenal dengan Steam. Bos besar yang satu ini telah mendatang revolusi pada duni aindustri game, terutama untuk distribusi game dengan toko game yang telah dibuatnya.

Steam sendiri adalah sebuah platform distribusi digital yang dibuat oleh Valve Corporation, yang menawarkan layanan permainan video multipemain, manajemen hak digital, jejaring sosial, dan streaming video. Pada tahun 2013, Steam sudah menguasai sebesar 75% pangsa pasar untuk permainan video di komputer pribadi. Bahkan pada awal tahun 2018, penggunana sudah mencapai 150 juta orang.

3. Justin Kan

Justin Kan merupakan seorang CEO dan pendiri dari salah satu situs streaming game terbesar di dunia yang bernama Twitch. Twitch banyak sekali membantu para gamer untuk mengembangkan dirinya agar suskses maupun untuk mencari penghasilan melalui video game.

Twitch yang awalnya merupakan situs streaming yang dengan gagasan sederhana seperti "rekam dirimu saat bermain" ini tumbuh cepat menjadi bagian baesar dunia industri yang diakui secara global. Twitch bisa dibilang merupakan sebuah inovasi baru yang mengubah cara gamer dalam berinteaksi satu sama lainnya.

4. John Romero

Bagi yang belum mengenal sosok ini meruapkan salah satu sosok berpengaruh dalam dunia industri game. John Romero adalah seorang sutradara, perancang, programmer dan pengembang Amerika Serikat dalam industri permainan video. Salah satu karyanya dalam industri game adalah game legendaris DOOM dan Quake yang banyak dianggap sebagai pelopor genre FPS. 

Romero mengawali kesuksesannya dalam dunia industri industri game karena kecintaannya terhadap video game sejak ia muda. Hal itu membuat banyak orang merasa termotivasi untuk melakukan seperti halnya dirinya saat ini. Romero yang mencintai video game ini mulai mengubah genre game casual yang "damai" menjadi lebih "bersemangat" dengan adanya genre tembak-tembakan yang keras dan kasar.

5. Gunpei Yokoi

Bagi kalian yang suka bermain Nintendo pasti sudah hafal dengan tokoh ini. Gunpei Yokoi merupakan seorang veteran Nintendo, yang sangat berpengaruh dalam perkembangan Nintendo. Gunpei merupakan sosok dibalik desainer pertama mereka yang kemudian menciptakan permainan video Game Boy dan Game Watch. 

Gunpei Yokoi juga merupakan salah satu orang dibalik kisah sukses Mario Bros. Dimana ia jug amenyumbangkan sejumlah ide untuk membuat Mario Bros menjadi lebih baik.

6. Shigeru Miyamoto

Jika tadi sudah membicarakan tentang Gunpei Yokoi maka sekarang berpindah tokoh yang satu ini, Shigeru Miyamoto. Shigeru Miyamoto merupakan salah satu tokoh di indutri game yang paling berpengaruh. Bagaimana bisa? Seperti yang kalian ketahui, Shigeru merupakan sosok dibalik game fenomenal Mario Bros. Tokoh yang banyak memberikan nostalgia melalui karya-karyanya dalam dunia game seperti The Legend Of Zelda, Donkey Kong dan Super Mario ini memang sangat ikonik.

Dengan berprinsip dan perpegang teguh pada filosofi yang ia bawa, maka tidak mungkin ia bisa berkarya lebih dari 30 tahun. Berkat Shigeru, Nintendo memiliki tokoh ikonik yang banyak dikenang baik oleh gamer maupun orang-orang diseluruh dunia.

7. Ralph Baer

Pernahkan kalian berfikir siapa penemu permainan game yang pertama kali? Ralph Baer atau Ralph Henry Baer merupakan kelahiran Jerman, sosok ini merupakan sosok yang paling berjasa di dunia industri game. Berkat dirinya, saat ini kita dapat menikmati game seperti saat ini. Baer merupakan seorang penemu, pengembang permainan dan teknisi Amerika yang kikenal dnegan "The Father of Games". Tanpanya, kita tidak akan merasakan dan mengetahui apa itu game.

Baer pula yang menjadi orang pertama yang mencetuskan gagasan permainan game di layar televisi. Inovasi cerdas Baer dalam perangkat keras video game, memberikan inspirasi bagi banyak desain dan developer game di masa sekarang.

8. John Carmack

John D. Carmack merupakan seorang programmer, pengembang permainan video, dan insinyur asal Amerika Serikat. Carmack merupakan salah satu pendiri dari perusahaan id Software. Carmack juga dikenal sebagai pencetus penerapan 3D graphics dalam permainan video dan permainan VR.

Carmack juga dikenal sebagai bapaknya penerapan 3D graphics dalam dunia game, dan dia juga dikenal luas sebagai founder dan seorang lead engineer dari proyek Armadillo Aerospace. pada Agustus 2013 ini, Carmack menjabat sebagai CTO (chief technology officer) di Oculus VR (Oculus Rift - Virtual Reality Headset for 3D Gaming)

9. Hideo Kojima

Hideo Kojima mengawali karirnya dengan bergabung dengan Konami sebagai desainer dan perencana. Ia juga merupakan Game designer, director, writer dan producer yang bekerja untuk Game developer terkenal Konami. Berkat hasil karyanya yang luar biasa dan fenomenal berupa game  Metal Gear Solid, ia dipilih menjadi wakil presiden Konami. Keberhasilannya dalam membuat game besar tersebut tidak bisa diragukan lagi. Mulai dari tampilan visual, alur cerita dan juga gunplay, ia berhasil memukau para kritikus.

Setelah hengkang dari Konami karena kurangnya keakraban dengan pemrograman berulang kali untuk kegagalan pada awal tahun di Konami, Kojima memutuskn untuk keluar dan membuat studio game miliknya sendiri yang diberi nama Kojima Productions.

10. PewDiePie

Pasti sudah tidak asing lagi dengan tokoh yang satu ini. Meskipun bukan berasal dari sebuah perusahaan yang mendevelop games, namun sosok yang satu ini merupakan salah satu sosok yang berpengaruh dalam dunia per-game-an. 

PewDiePie atau Felix Kjelberg yang berasal dari Swedia ini merupakan seorang Youtuber dan juga gamer yang yang sangat terkenal, bahkan di channel Youtubenya saaat ini memiliki lebih dari 100 juta subscriber. Tentunya hal tersebut membuat PewDiePie dijuluki sebagai gamer dengan penghasilan terbesar di dunia.

PewDiePie bukanlah gamer yang mahir namun karena kreativitas dia berhasil mengemas channel youtubenya menjadi sebuah channel yang menyenangkan dengn konten yang atraktif. Tentunya hal itu juga membuat banyak gamer yang kemudian ikut menjadi Youtuber seperti dirinya. Sepertinya saat ini dia  bisa disebut sebagai pioneer dari hiburan berbasis video game dan menjadi salah satu orang yang disegani oleh para gamer.

11. Richard Tyler Blevins 

Sosok yang satu ini merupakan seorang streamer, Youtuber, profesional gamer dan seorang internet personality. Dirinya merupakan salah satu streamer dengan pengikut paling banyak di situs streaming khusus game, Twitch, dengan pendapatan yang luar biasa banyak. Blevins bahkan pernah masuk dalam jajaran tokoh dalam Forbes.

Blevins atau yang lebih dikenal dengan nama online Ninja ini merupakan gamer paling populer di dunia saat ini. Berbeda dengan PewDiePie yang memperoleh kepopuleran melalui konten bermain game yang atraktif dan kreatif di Youtube, Blevins merupakan gamer yang populer dengan pendapatan yang fantastis.

Demikian 11 sosok inspiratif dalam dunia perindusttrian game. Sosok-sosok ini menjadi inspiratif dengan caranya masing-masing. Sebagai penemu, pengembang, penggiat bahkan entertainer dalam dunia perindustrian game yang semakin hari semakin membeludak. Kamu juga bis lho menjadi salah satu seperti sosok-sosok diatas. Mau belajar jadi pengembang game? Coba yuk ikutan Pelatihan atau Magang di Game Lab Indonesia, dengan cara register dan login di www.gamelab.id sekarang juga.

 


Sumber :

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

game tokoh inspiratif gamelab
Febriani Sari

Febriani Sari

Rabu, 18 September 2019