BERITA GAME PROGRAMMING 10 Tips Agar Tetap Termotivasi Belajar Coding

10 Tips Agar Tetap Termotivasi Belajar Coding

10 Tips Agar Tetap Termotivasi Belajar Coding

Belajar coding memang tidak mudah, butuh perjuangan dan kemauan untuk dapat menguasainya. 10 Tips ini bisa membantu kalian yang sedang belajar coding agar bisa terus termotivasi.

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

Belajar memang tidak mudah, kadang butuh perjuangan, kerja keras dan kemauan yang tinggi untuk bisa menguasai atau belajar memahami sesuatu yang baru. Termasuk belajar untuk pemrograman atau coding. Jika sudah mendengar coding tentunya banyak pikiran bahwa itu sesuatu yang sulit dan susah untuk dipelajari.

Bagi kalian yang pernah belajar coding atau sedang belajar coding pasti pernah mengalami kesulitan dan kendala dalam mempertahankan motivasi kalian untuk belajar lebih lanjut. Banyak yang stuck bahkan memilih untuk menyerah mempelajarinya. Tentunya hal ini akan sangat menghambat kalian saat mempelajarinya.

Ada banyak aspek yang mempengaruhi mengapa kalian bisa merasa kurang motivasi dalam belajar coding. Hal itu bisa berasal dari diri kalian sendiri maupun lingkungan disekitar kalian. Namun bukan itu yang akan kita bahas dalam artikel kali ini, tetapi lebih pada tips untuk memotivasi diri kalian agar tetap bersemangat dalam belajar coding.

Pikirkan tujuan belajar coding

Saat kita mempelajari sesuatu tentunya kita memiliki suatu tujuan yang harus kita capai dari hasil belajar tersebut. Sama seperti saat akan belajar coding, kalian juga harus memikirkan apa tujuan kalian mempelajari coding. Tujuan tersebut memang hanya formalitas agar mendapatkan nilai atau apresiasi dari seseorang atau bahkan tujuan lain yang lebih besar seperti ingin mencari penghasilan dari coding tersebut.

Banyak hal bisa menjadi awal motivasi kita untuk belajar coding. Kita hanya perlu tetap konsisten memikirkan tujuan tersebut dan selalu ingat tujuan tersebut saat kita hampir menyerah mempelajarinya. Maka dari itu carilah tujuan yang jelas dan juga mempunyai kekuatan untuk memotivasi kalian.

Mulailah konsisten dalam mempelajarinya

Mempelajari sesuatu memang tidak bisa secara instan, butuh waktu dan juga konsistensi untuk mempelajarinya. Sama halnya dengan mempelajari coding, seseorang mempelajari coding tentunya tidak bisa secara instan menguasainya. Seorang ahli dalam pemrograman tentunya membutuhkan latihan berkali-kali dalalm hidupnya.

Belajar berkali-kali saja tidak cukup, namun juga membutuhkan konsistensi. Belajar coding sehari minimal 1 jam saja sudah cukup namun konsisten setiap hari mempelajarinya. Sehingga kalian akan tetap termotivasi dalam belajar coding dengan porsi yang pas dan tidak berlebihan.

Bergabung dengan komunitas programer

Belajar bersama tentunya bisa menjadi pilihan yang tepat agar kamu tidak jenuh maupun stuck saat belajar coding. Cobalah bergabung dengan komunitas programer atau komunitas developer agar kalian dapat saling sharing dan bertanya jika ada bagian yang sulit atau susah untuk dikerjakan.

Bergabung dengan komunitas juga bisa menjadi batu loncatan kalian untuk memperluas link kenalan kalian. Selain bisa sharing tentang hal yang kalian pelajari juga dapat menjadi tempat untuk membuka jasa atau mencari tempat untuk mencari pekerjaan.

Jangan membandingkan dirimu dengan orang lain

Langkah awal saat kamu belajar sesuatu apalagi coding adalah jangan membandingkan dirimu dengan orang lain. Mungkin saja orang yang kalian bandingkan dengan diri kalian adalah yang memang sudah mahir dalam coding atau seseorang yang sedang belajar coding namun lebih cepat menguasainya dibandingkan dengan kalian. Jangan pernah membandingkan dirimu, yang harus kalian lakukan adalah bagaimana kalian bisa belajar dengan nyaman tanpa terburu-buru dan sesuai dengan porsi diri kalian. Karena kapasitas atau kemampuan masing-masing individu berbeda satu dengan lainnya.

Yang terpenting adalah fokus pada apa yanag sedang kalian pelajari jangan membandingkan dengan orang lain yang memang sudah mahir dibandingkan diri kalian. Sebagai motivasi untuk menjadi mahir dengan orang yang mahir tersebut boleh, namun jangan memaksakan dirmu untuk sama persis seperti orang tersebut.

Hindari belajar berlebihan

Belajar hal yang sama setiap hari tentunya membuat bosan dan jenuh. Setiap orang yang sedang belajar pasti juga mengalami hal tersebut, apalagi belajar coding. Untuk itu kalian perlu menghindari belajar secara berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Buatlah porsi belajar yang sesuai dengan kapasitas kalian, seberapa besar kapasitas belajarmu adalah diri kalian sendiri. Jangan sampai diri kalian merasakan bosan saat mempelajari hal tersebut dengan memberikan batasan waktu kalian belajar selama beberapa jam sehari. Seperti yang disampaikan di poin sebelumnya, yang terpenting tetap konsisten dalam mempelajari coding tersebut.

Belajar dari dasar

Mulaialah mempelajari coding dari dasarnya atau fundamental. Kalian tidak bisa langsung membuat sebuah game secara seketika hanya karena agar terlihat keren dengan mempelajari hal tersebut. Itu malah akan membuat kalian kesulitan dan stuck terutama baru pertama kali mempelajari coding, sehingga kalian akan menyerah mempelajarinya.

Mulailah belajar dari dasar pemrograman, kemudian lebih jauh lagi mempelajari PBO dan seterusnya hingga kalian siap untuk mengembangkan sebuah game. Karena belajar itu membutuhkan proses dan tidak bisa secara instan, maka kalian harus lah bersabar. Dan yang terpenting belajar jangan hanya setengah-setengah, nanti akan merugikan kalian juga karena kalian tidak menguasainya secara penuh dan berakhir kalian harus belajar lagi.

Bagikan pengalamanmu

Sharing is caring. Mungkin itu bisa menjadi slogan yang pas untuk poin ini. Bagikan pengalaman kalian baik itu masalah kesulitan, cara menyelesaikan masalah di coding atau apapun kepada teman-teman seperjuangan kalian di dunia percodingan. Hal itu akan lebih membuat kalian termotivasi dan akan terus belajar dari hal-hal yang kalian dapatkan dari membagikan pengalaman kalian.

Realistis dengan tujuan belajar

Poin ini berhubungan dengan poin pertama yang dijelaskan diatas. Kenapa berhubungan? Jika dipoin pertama adalah memikirkan tujuan kalian belajar coding dan dipoin ini adalah kalian haruslah ralistis terhadap tujuan kalian belajar coding. 

Agar kalian tetap termotivasi dalam belajar coding, kalian haruslah memiliki tujuan yang jelas dan memiliki alasan kuat namun tetap realistis untuk dikerjakan. Jangan membuat tujuan yang sangat mustahil kalian lakukan, karena hal tersebut perlahan akan mengikis motivasi kalian dalam belajar coding karena merasa tujuan kalian tidak segera tercapai. Jadi buatlah tujuan-tujuan realistis yang bisa kalian wujudkan sesuai dengan kemampuan kalian.

Tetap berpikir hal yang positif

Setelah kalian memahami dan melakukan poin-poin diatas, yang perlu kalian lakukan adalah kalian harus berpikir positif bahwa kalian bisa melakukannya. Motivasilah diri kalian sendiri karena itu yang terpenting. Jika motivasi atau harapan kalian bahwa belajar kalian berhasil itu hilang maka usaha kalian dalam mempelajari coding akan sia-sia.

Cobalah yakinkan diri kalian sendiri bahwa kalian bisa menguasai coding-coding tersebut. Sehingga itu akan menambah kepercayaan diri dan motivasi kalian dalam belajar coding.

Cintai apa yang sedang kamu pelajari

Ini adalah poin terakhir dan perlu kalian lakukan meskipun hal ini tidak mudah utnuk dilakukan. Yaitu cintailah apa yang sedang kamu pelajari. Saat kamu mempelajari coding, maka mulailah mencintai atau menyukai coding tersebut. Kalau tak kenal maka tak sayang, cobalah mengenal coding dan mulailah menyukai coding terlebih dahulu. Karena apapun itu jika klaian sudah suka maka akan tetap memotivasi kalian dalam mempelajari coding.

Nah itu tadi 10 tips yang bisa kalian lakukan agar kalian tetap bsia termotivasi saat mempelajari coding. Kalian bisa lho belajar coding secara online dengan mudah dan praktis bisa dari mana saja. Langsung aja yuk ikutan Kelas Akademi Pemrograman kami dengan cara register danligin di www.gamelab.id.

 


Sumber :

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

gamelab coding programming
Febriani Sari

Febriani Sari

Kamis, 19 September 2019