BERITA IOT IoT Dalam Dunia Pendidikan

IoT Dalam Dunia Pendidikan

IoT Dalam Dunia Pendidikan

IoT atau Internet of Things, memiliki dampak besar bagi seluruh kehidupan, termasuk juga untuk pendidikan. Penggunaan IoT semakin hari semakin banyak salah satunya dimanfaatkan untuk dunia pendidikan.

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

IoT atau Internet of Things, pasti sudah bukan menjadi hal asing lagi bagi kita. Inovasi teknologi yang satu ini sendiri memiliki dampak besar bagi kehidupan manusia, termasuk di dalamnya ada pendidikan. Dunia pendidikan pun tidak luput dari sasaran penggunaan teknologi yang satu ini.

Penggunaan IoT semakin hari semakin banyak salah satunya dimanfaatkan untuk dunia pendidikan. Internet sudah menjadi hal yang lumrah untuk saat ini. Jika ada yang bilang internet untuk apa, maka IoT bisa menjadi jawaban cerdas untuk menampik pertanyaan tersebut. IoT sejatinya dapat dimanfaat untuk banyak hal tidak hanya dalam dunia pendidikan namun dapat menyeluruh kesetiap bidang kehidupan manusia.

Dalam dunia pendidikan, IoT dapat dimanfaatkan baik untuk meningkatkan kualitas pendidikan, keamanan siswa, efisiensi waktu, dan masih banyak hal yang dapat dilakukan dari menggunakan IoT untuk keperluan dunia pendidikan. Seperti apa pemanfaat IoT dalam dunia pendidikan, akan kami jabarkan untuk detailnya di dalam artikel ini.

Pembelajaran Interaktif

Pemanfaatan IoT dalam dunia pendidikan tentunya adalah untuk pembelajaran yang interaktif. Mengapa bisa disebut sebagai pembelajaran yang interkatif? Bagaimana caranya membuat pembelajaran bisa menjadi lebih interaktif dengan memanfaatkan IoT?

Saat ini atau masa sekarang pembelajaran dengan lebih interaktif dan menarik pun sangat mungkin untuk dilakukan, apalagi dengan memanfaatkan IoT belajar bisa lebih interaktif. Salah satunya saat ini belajar tidak sebatas hanya pada gambar dan teks saja, namun bisa lebih daripada itu.

Saat ini  banyak buku teks yang telah digabungkan ke situs web yang menggabungkan silabus, video, animasi, bahkan penilaian secara online oleh guru mereka dan dilengkapi dengan materi-materi yang dapat membantu proses pembelajaran. Tentu saja hal itu akan memberikan perspektif yang lebih luas kepada siswa dalam memperoleh pengetahuan dan materi-materi dan interaksi yang lainnya. 

Monitoring

Hal yang sangat mungkin untuk dilakukan adalah monitoring, baik oleh guru maupun orang tua. Dengan memanfaatkan IoT guru ataupun orang tua dapat memonitoring bagaimana siswa atau anaknya saat berada di sekolah. Orang tua bahkan dapat mengetahui keberadaan anaknya saat di sekolah dengan men-tag beberapa jenis sensor pada anak-anak di sekolah. Dengan sistem ini, orang tua bisa memonitor lokasi anak-anak saat di sekolah dan mendapat notifikasinya via internet.

Tentu saja dengan memanfaatkan IoT ini orang tua dan guru akan dapat terus mengawasi anak-anaknya dan akan mendapatkn peringatan jika si anak berada diluar wilayah sekolah atau tempat yang telah ditandai. Sehingga orang tua tidak perlu cemas dengan keberadaan anak di sekolah.

Meningkatkan Efisiensi

Meningkatkan efisiensi dalam dunia pendidikan juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan IoT. Misalkan untuk presensi harian, seorang guru atau dosen harus melakukan beberapa kali presensi di kelasnya, setelah itu masih harus melaporkan di server. Hal itu dapat menyita waktu yang ada, belum lagi jika ada beberapa siswa atau mahasiswa yang hanya titip presensi, bisa menjadi suatu kendala lagi.

Dengan adanya IoT, presensi siswa atau mahasiswa yang hadir di kelas dapat dilakukan dengan cepat, karena adanya sensor khusus yang akan mengirim laporan pada server, data-data siswa atau mahasiswa yang hadir saat itu. Siswa ataupun mahasiswa juga akan sedikit kesulitan saat akan borbohong mengenai presensinya.

Itu tadi pemanfaatan IoT untuk dunia pendidikan yang dapat memudahkan dan membuat pembelajaran lebih interaktif dan menarik dan yang paling penting mengurangi effort kerja sehingga lebih efisien. Kamu juga bisa lho belajar yang menyenangkan dengan cara yang mudah dan efisien karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Yuk ikutan belajar di Game Lab Indonesia dengan cara registrasi dan login di www.gamelab.id.

 

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

teknologi industri 4.0 iot
Febriani Sari

Febriani Sari

Sabtu, 21 September 2019