BERITA BISNIS & ADMINISTRASI Apa itu Personal Branding?

Apa itu Personal Branding?

Oleh Kezia Sharent Kodoati | Jumat, 26 November 2021

Apa itu Personal Branding?

Personal Branding itu apa sih? Mau bangun Personal Branding tapi bingung mulai dari mana? Yuk, simak artikel ini untuk mempelajari lebih lanjut !!!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Semua orang pasti tahu pentingnya branding yang baik dalam berbisnis. Rata-rata orang melihat “Brand Identity” sebagai suatu yang eksklusif dalam dunia bisnis. Namun, pada zaman ini kita sudah mulai belajar bahwa hampir semua hal dapat memiliki merek mulai dari selebriti hingga partai politik, bahkan diri kita juga bisa menjadi sebuah merek. Dunia yang semakin saling terhubung sehingga memastikan kita lebih sadar akan atribut dan reputasi pribadi yang dimiliki setiap orang termasuk diri kita sendiri, yang bersatu untuk menciptakan Personal Branding

Nah, apa sih Personal Branding itu?

PERSONAL BRANDING

Personal branding adalah cara mempromosikan dirimu sendiri dengan memaksimalkan keterampilan, perilaku dan nilai yang ada dalam diri serta memperkenalkan hal tersebut kepada publik. Jadi, punya Personal Branding yang bagus itu sangat membantu untuk diingat orang terhadap keahlian khusus yang kamu punya dan dipertemukan dengan peluang yang tepat. 

Personal branding  tujuannya untuk mengomunikasikan apa yang bisa kita kontribusikan untuk orang-orang disekitar kita. Jadi salah satu tanda personal branding kamu sudah berhasil adalah saat kamu mulai ditawarkan kesempatan untuk berkontribusi sesuai dengan apa yang sudah kamu bangun.

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Siapa yang tidak kenal dengan sosok pada gambar di atas? Pasti kita semua sudah tahu siapa Beliau.

Mengapa Pak Jokowi suka memakai baju atau kemeja putih polos ketika blusukan? Karena kesan penampilan yang ingin Beliau tampilkan yaitu kesederhanaan dan merakyat, sehingga masyarakat lebih merasa dekat. Hal inilah yang menjadi keunikan dari Beliau, seorang presiden yang dirasakan oleh rakyatnya sangat dekat dan dapat berkomunikasi dengan rakyat secara langsung. Karakteristik yang ditunjukkan sebagai seorang yang santai, menyayangi dan dekat dengan orang lain, bersahabat, tetapi juga tegas. 

Untuk menciptakan personal branding pada diri, terdapat tiga komponen utama yang perlu diperhatikan.

Apa saja? Simak penjelasan dibawah ini...

KOMPONEN UTAMA PERSONAL BRANDING

  1. Value
    Nilai-nilai yang ada dalam diri ditampilkan secara konsisten kepada orang lain akan melekat pada pikiran orang lain tentang kamu. Cobalah untuk melakukan brainstorming  dengan diri sendiri terkait prestasi, keberanian, dan kreativitas yang ada pada diri kamu.
  2. Skills
    Keterampilan seseorang yang melakukan suatu pekerjaan tertentu, maka akan semakin kuat pula personal branding yang dimiliki seseorang. Dibutuhkan pula kemampuan dalam mengkomunikasikan keterampilan yang dimiliki orang lain secara efektif. Coba fokus dengan kelebihan yang ada dalam diri kamu dengan mencari keterampilan dan kemampuan apa saja yang kamu miliki.
  3. Behaviour
    Berperilaku dalam membangun personal branding, tingkah lakumu akan mendukung semua aspek yang sudah kamu bangun sebelumnya. Ketika kamu berperilaku tertentu sama secara terus menerus, maka seseorang akan mengingat kamu dengan ciri tersebut.

Jadi, ketiga komponen ini jika secara konsisten kamu tampilkan terus menerus bisa membentuk personal branding dirimu sendiri. Personal branding  yang kuat dapat memberikan berbagai keunggulan, antara lain memperkenalkan dan mempertajam citra diri seseorang, dan memudahkan orang lain mengingat kita.

Baca Juga : Mengulas Digital Branding, Sebuah Seni Menciptakan Citra yang Tak Terlupakan!

TIPS MEMBANGUN PERSONAL BRANDING

Kalau mau membangun personal branding kamu, salah satu hal yang penting yaitu dengan pengalaman. Personal experience itu adalah satu-satunya hal dalam diri kamu yang tidak bisa ditiru oleh kompetitor lain. Berikut ini merupakan tips membangun personal branding dirimu.

  • Kenali diri sendiri
    Untuk membangun personal branding, kita harus mengenal diri kita sendiri dengan memaksimalkan kelebihan khusus kita. Menjadi diri sendiri dalam versi terbaik juga merupakan hal yang penting. Karena menjadi unik, merupakan nilai tambah tersendiri bagi mereka orang lain.
  • Update ilmu
    Setelah kita tahu personal branding kita, langkah selanjutnya adalah update ilmu tentang personal branding. 
  • Aktif di media sosial
    Di zaman seperti ini, eksis di media sosial merupakan salah satu cara agar personal branding kamu cepat dikenal orang lain. Karena memiliki media sosial kini bukan hanya tempat untuk bersosialisasi dengan orang lain tapi juga sebagai sarana untuk mengekspresikan diri.
  • Konsisten
    Apapun yang kita lakukan, sesuatu yang sudah kita bangun secara terus menerus tetap konsisten. Karena hal ini adalah penegasan atau pernyataan mengenai siapa dirimu, apa kemampuan kamu dan apa yang kamu sukai.

Kezia Sharent Kodoati

Kezia Sharent Kodoati

Jumat, 26 November 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI