BERITA CREATIVE, DESAIN & MULTIMEDIA UI/UX: Pengertian, Perbedaan, dan Penggunaannya dalam Membuat Produk

UI/UX: Pengertian, Perbedaan, dan Penggunaannya dalam Membuat Produk

Oleh Yemima Kristina Kolondam | Selasa, 14 Desember 2021

UI/UX: Pengertian, Perbedaan, dan Penggunaannya dalam Membuat Produk

Apa itu UI dan UX? Apa perbedaan UI dan UX? Bagaimana penggunaan UI dan UX dalam membuat produk?

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

UI dan UX keduanya berhubungan dengan tampilan dalam suatu produk baik website, aplikasi maupun platform lainnya. Sebelum mengenal UI dan UX lebih dalam, baiknya kita mengerti konsep HCI. HCI atau Human Computer Interaction adalah interaksi antara pengguna dengan perangkat tertentu (smartphone, laptop, komputer, dsb). Kegiatan seperti menekan keyboard dan menggeser mouse adalah beberapa contoh dari HCI

UI dan UX sangat berkaitan dengan HCI, yaitu bagaimana menghasilkan produk yang meningkatkan interaksi antara USER dan DEVICE secara kuantitas maupun kualitas, melalui menarik pengguna dengan tampilan yang disuguhkan, dan memberikan kepuasan kepada pengguna dengan pengalaman akses produk yang mudah.

Mengenal UI dan UX

User Interface (UI) atau disebut juga UI Design adalah bagaimana tampilan visual suatu produk disajikan dengan desain yang menarik dan bisa membuat pengguna betah menggunakan produk. UI Design berfokus pada keindahan atau estetika tampilan yang eye-catching dan dapat menarik pengguna secara emosional.

Namun, suatu produk tidak hanya perlu memiliki tampilan yang menarik, melainkan juga baik secara fungsi atau penggunaan. Untuk itu, dalam pembuatannya UI Design berdampingan UX Design.

UX atau User Experience adalah bagaimana produk yang dibuat dapat dengan mudah digunakan atau diakses. UX Design berfokus untuk memberikan pengalaman yang nyaman dan dapat memenuhi ekspektasi pengguna.

Perbedaan UI dan UX

Untuk memperjelas pengertian dan fungsi UI dan UX, berikut adalah perbedaan keduanya dalam tujuan pembuatan, proses desain, komponen dan skill yang dibutuhkan seorang UI dan UX Designer.

Tujuan

Hal mendasar pertama yang membedakan UI dan UX Design adalah dalam hal tujuan. Seperti sudah dijelaskan dalam pengertian di atas, UI Design bertujuan untuk mempercantik tampilan produk untuk memberikan kesan pertama yang menarik bagi pengguna. Beberapa komponen yang termasuk dalam UI Design antara lain pemilihan warna, penggunaan font, gambar atau animasi, typography, buttons (tombol), dsb.

Melengkapi desain tampilan, UX Design bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pengguna terhadap produk yang digunakan dengan menyediakan pengalaman akses produk yang mudah digunakan. Komponen dalam UX Design antara lain fitur-fitur yang disediakan, struktur (tata letak) desain, navigasi, dsb. UX Design juga mencakup penyajian branding, konten, dan copywriting yang sesuai dengan pengguna.

Proses Desain

Dalam pembuatannya, UI Design dimulai dengan riset tampilan yang menarik, sesuai dengan target pengguna, dan tren yang sedang berjalan. Setelah itu, UI Designer akan membuat rancangan model desain dalam bentuk mockup.

Sedangkan untuk proses desain UX, dimulai dari riset terhadap pengguna mecakup kepuasan pengguna akan model desain tertentu, model seperti apa yang mudah digunakan, apa yang dibutuhkan pengguna, dsb. Kemudian, UX Designer akan membuat sketsa desain dalam wireframe dan prototype.

Skill

UI Designer:

  • Kemampuan desain grafis
  • Kemampuan desain branding
  • Mengikuti tren atau up to date
  • Kreatif

UX Designer:

  • Kemampuan melakukan riset/penelitian
  • Mampu menyederhanakan masalah dan mencari solusi (problem solving)
  • Kreatif
  • Kritis dan analitis 
Baca Juga : Mengetahui Perbedaan Web Designer dan Web Developer, Berikut Penjelasannya!

Peran dan Kerjasama UI dan UX

Suatu produk yang baik adalah produk yang dapat menarik pengguna secara visual, dan bisa memuaskan penggunaan secara pengalaman. Untuk tujuan tersebut, UI dan UX Designer bekerja sama agar menghasilkan produk yang bagus dan tepat sasaran. UX Designer menentukan bagaimana tampilan UI Design bekerja, dan UI Designer menentukan bagaimana fungsi elemen dalam UX Design ditampilkan. UX Design fokus pada alur penggunaan produk, misalnya menekan tombol tertentu, sedangkan UI Design fokus membuat tampilan elemen-elemen dalam alur tersebut, seperti tampilan tombol tadi.

Dari penjelasan di atas, dapat dilihat bahwa UI dan UX Designer berkolaborasi dan berbagi peran yang sama-sama penting dalam menghasilkan produk terbaik.

Tugas UI Designer

  1. Meningkatkan kualitas tampilan
  2. Membuat desain layout, warna, font, dan elemen visual lainnya
  3. Mengadakan riset respon pengguna terhadap tiap halaman produk, dan mengapa trafik halaman yang satu lebih tinggi dari yang lain
  4. Melakukan tracking HCL
  5. Membuat storyboard mengenai konsep desain yang akan dipresentasikan kepada klien

Tugas UX Designer

  1. Membuat kombinasi desain antarmuka (UI) dengan desain digital (fungsi)
  2. Mengadakan riset terhadap elemen/fitur apa saja yang perlu dimasukkan dalam produk sesuai kebutuhan untuk meningkatkan pengalaman pengguna
  3. Mengadakan riset respon pengguna terhadap tiap halaman produk, dan kenapa trafik halaman yang satu lebih tinggi dari yang lain
  4. Melakukan testing produk

Memiliki peran yang penting dalam pembuatan produk, kolaborasi UI dan UX tentu juga memberi banyak manfaat, seperti dapat menghasilkan produk yang memenuhi kebutuhan pengguna, memberikan kepuasan pengalaman bagi pengguna, dan meningkatkan penjualan produk.


Sumber Referensi:


Yemima Kristina Kolondam

Yemima Kristina Kolondam

Selasa, 14 Desember 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI