BERITA CREATIVE, DESAIN & MULTIMEDIA Mengenal 3D Illustration Gaya Visual Desain yang Populer

Mengenal 3D Illustration Gaya Visual Desain yang Populer

Oleh Ilham Fashihul Lisan | Senin, 20 Desember 2021

Mengenal 3D Illustration Gaya Visual Desain yang Populer

3D Illustration merupakan salah satu trend visual desain 3D terbesar sejak awal tahun 2020. Gaya visual ini mengangkat ide dari 2D lalu menghidupkannya ke dalam bentuk 3D. Gaya ini sangat sempurna untuk desain grafis dan desain situs web.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Apa Itu 3D Illustration ?

3D atau 3 Dimensi merupakan visual seni yang memiliki Panjang, Lebar, dan Tinggi. Pada kehidupan kita terdapat objek-objek yang memiliki volume yang ada disekitar kita, hal itu merupakan bentuk dari 3 dimensi. 3 dimensi sendiri sudah dikenalkan kepada kita sejak awal sekolah, dengan mengenalkan bentuk-bentuk dasar seperti kubus, tabung, piramida, dan sejenisnya.

Jenis seni yang kita pelajari juga terdapat dua jenis yaitu 2 dimensi dan 3 dimensi, baik karya seni yang dibuat dengan menggunakan teknik tradisional dengan pensil dan kertas maupun dengan menggunakan teknik digital seperti komputer, laptop, ataupun Pen Tablet Display.

Sudah banyak sekali seniman dan desainer yang membuat karya 3D ini dalam bentuk digital dengan berbagai macam bentuk dan gaya visual yang berbeda-beda, mulai dari dengan gaya cartoonist hingga realism.

3D Illustration by Keelan Jon

Dari berbagai macam gaya visual tersebut diantaranya ada gaya visual yang disebut dengan 3D Illustration, gaya visual ini merupakan sebuah gaya visual yang namanya meledak secara online pada awal tahun 2020 dan menjadi sebuah tren gaya visual hingga saat ini.

Visual gaya seni ini memiliki tampilan yang hampir sama dengan visual cartoonist, tampilan yang dibentuk dengan tampilan yang lembut dan nyaman dipandang. Gaya visual 3D Illustration ini seringkali digunakan untuk kebutuhan desain grafis dan desain pada situs web karena memiliki tampilan dasar yang seperti desain 2D pada umumnya. 3D Illustration kerap digunakan untuk keperluan Digital Interface, Social Media Assets, dan kebutuhan branding lainnya. 

3D Illustration by Keelan Jon

Bagaimana Membuat 3D Illustration ? 

Ada berbagai macam cara untuk membuat 3D Illustration dengan menggunakan berbagai macam perangkat lunak seperti Autodesk Maya, Cinema 4D, Houdini, atau Blender.

Terlepas dari penggunaan perangkat lunak yang berbeda-beda, pembuatan visual desain 3D Illustration ini dapat dibuat menggunakan perangkat lunak apa saja tanpa perlu khawatir terjadi suatu perbedaan jika menggunakan perangkat lunak dari yang satu ke yang lainnya karena pada setiap desain 3 dimensi dapat dibuat dengan mencakup manipulasi titik dan permukaan dalam ruang 3 dimensi tersebut.

3D Illustration by Keelan Jon

Setiap perangkat lunak 3 dimensi selalu memberikan fitur-fitur yang dapat membantu kita dalam menghasilkan sebuah karya sesuai dengan yang diinginkan tanpa harus berulang-ulang dan memakan banyak waktu.

Desain 3 dimensi pada pembuatan 3D Illustration ini memungkinkan para desainer untuk mengangkat ide 2D mereka lalu menghidupkannya ke dalam bentuk visual desain 3D. Baik ingin membuat ulang dari objek atau benda yang ada pada kehidupan nyata ataupun anda ingin langsung menghasilkan karya dari imajinasi anda, visual desain 3D Illustration ini selalu dapat memberikan kemungkinan hasil yang artistik tanpa batas.

Baca Juga : Magang 3D dari SMKN 3 Sorong Papua

Seperti Apa Penggunaan Dari 3D Illustration ?

Penggunaan gaya visual pada desain 3 dimensi ini sangatlah luas dan tanpa batas, desain 3D Illustration ini memiliki keunikan yang dimana penggunaan desain ini dapat digunakan dimana saja. Dengan adanya keunikan tersebut desain 3D Illustration ini memiliki hal terbaik yang dimana hal ini membuatnya menjadi desain 3 dimensi yang serbaguna peletakan dan penggunaannya.

Untuk saat ini kita sudah mulai seringkali melihat penampakan dari visual desain ini pada tampilan halaman web dimulai dari yang hanya menjadi elemen pendukung seperti icon button hingga menjadi bagian inti dari semua tampilan UI pada halaman web tersebut.

3D Illustration sebagai elemen halaman website (IG : @keelanjon_)

Lalu ada juga yang digunakan sebagai tampilan postingan di Instagram dengan menjadi elemen-elemen desain pembantu content creator di dalam postingan tersebut.  

3D Illustration sebagai assets Content Creator (IG : @iamindrazulfi)

ada juga penggunaan desain 3D Illustration ini dalam pembuatan iklan, baik iklan untuk layanan masyarakat ataupun iklan promosi brand tertentu.

Dengan berbagai macam penggunaan yang dapat digunakan secara luas dengan menggunakan desain visual ini, banyak seniman dan desainer yang kini mulai terjun dan mendalami bidang dunia 3D Illustration ini.

Hal ini terjadi juga karena diikuti oleh kebutuhan pasar pada bidang visual desain ini yang semakin melonjak yang membuat para seniman dan desainer ingin dapat memenuhi kebutuhan pasar tersebut dengan baik dan cepat. Dengan adanya berbagai macam implementasi penggunaan pada visual desain 3D Illustration ini, berikut adalah beberapa tampilan dari penggunaan dari desain 3D Illustration ini : 

3D Illustration sebagai elemen Iklan Promosi Brand (Iklan Blu by BCA Digital)

Cukup memanjakan mata, bukan? Kamu juga bisa loh, mengembangkan skill desainmu untuk mengikuti popularitas gaya visual desain. Belajar di sini, ya. 


Ilham Fashihul Lisan

Ilham Fashihul Lisan

Senin, 20 Desember 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI