BERITA TEKNOLOGI Virtual Machine (VM) : Pengertian, Jenis dan Fungsi

Virtual Machine (VM) : Pengertian, Jenis dan Fungsi

Oleh Yemima Kristina Kolondam | Jumat, 31 Desember 2021

Virtual Machine (VM) : Pengertian, Jenis dan Fungsi

Dengan perkembangan teknologi saat ini, banyak hal telah divirtualisasi dan dibuat versi digitalnya. Virtual Machine adalah salah satunya. Lalu apa sebenarnya Virtual Machine? Apa saja jenis Virtual Mesin? Apa fungsi dan manfaatnya?

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Apa itu Virtual Machine?

Virtual Machine (VM) atau mesin virtual adalah software dengan sistem operasi yang bisa dijalankan bersama dengan sistem operasi komputer fisik. Virtual machine memungkinkan adanya komputer dalam komputer yang juga bisa menjalankan tugas-tugas komputer fisik, seperti  membuat file, menginstal aplikasi, menjalankan program, pembaruan sistem, konfigurasi, dsb.

Fungsi utama penggunaan virtual machine biasanya adalah untuk menjalanakan tugas yang tidak dapat dilakukan komputer fisik, misalnya menjalankan sebuah software yang tidak mendukung sistem operasi utama, atau untuk melakukan pengujian aplikasi dan akses data yang berkemungkinan kurang aman.

Cara kerja virtual machine cukup sederhana. Virtual machine akan berjalan di jendela aplikasi komputer fisik. Proses dalam virtual machine dikelola oleh software bernama hypervisor. Hypervisor bertugas untuk mengelola dan menyediakan resources seperti penyimpanan dan sumber daya dari perangkat utama ke virtual machine.

Ketika program pada virtual machine mengeluarkan instruksi membutuhkan sumber daya tambahan, maka hypervisor akan menjadwalkan permintaan ke sumber daya komputer fisik, dan melakukan transfer sesuai kebutuhan virtual machine.

Jenis-jenis Virtual Machine

1. Process virtual machine

Process virtual machine adalah VM yang dapat menjadi aplikasi utama pada komputer fisik. Virtual machine ini dapat menutup informasi hardware dan sistem operasi asli sehingga tampilan utama pada perangkat dapat diubah seolah sistem operasi VM adalah OS utama komputer.

Contoh process  virtual machine adalah JVM (Java Virtual Machine) yang memungkinkan sistem operasi apapun untuk menjalankan aplikasi Java seperti aplikasi asli.

2. System virtual machine

System virtual machine adalah virtual machine yang sudah sepenuhnya divirtualisasi dan dapat menggantikan kinerja komputer fisik. Virtual machine ini dapat melakukan transfer sumber daya dari komputer fisik ke beberapa VM. Prose dalam system virtual machine sangat bergantung pada kinerja hypervisor sehingga dapat berjalan di atas sistem operasi atau server utama komputer.

Fungsi dan Manfaat Virtual Machine

Setelah mengetahui pengertian, cara kerja dan jenis virtual machine, kita akan membahas kenapa penting menggunakan virtual machine. Berikut beberapa fungsi dan manfaatnya:

  • Efisien dan fleksibel. Dengan menggunakan virtual machine, pengguna dapat berganti-ganti sistem operasi untuk berbagai keperluan.
  • Melakukan pengujian aplikasi baru untuk pengembangan aplikasi pada berbagai sistem operasi. 
  • Menjalankan aplikasi yang berkemungkinan kurang aman agar terhindar dari virus, malware, trojan dan ransomeware pada perangkat utama.
  • Menguji sistem operasi apakah kompetibel dengan perangkat yang digunakan, dan semua program dapat berjalan dengan baik.
  • Menguji update sistem operasi agar tidak terjadi gagal update pada komputer utama.
  • Mengurangi biaya karena tidak perlu membeli banyak perangkat atau komputer fisik untu menjalankan sistem operasi yang berbeda-beda. Biaya maintenance virtual machine juga lebih murah daripada perangkat hardware.
  • Memungkinkan manajemen yang terpusat dan dapat dikontrol dengan mudah sehingga meningkatkan kualitas output.
  • Virtualisasi komputer: 1) membagi beban kerja komputer utama ke virtual machine sehingga tugas yang dikerjakan lebih ringan dan cepat selesai, 2) mengetahui gambaran sistem operasi dan aplikasi yang sedang berjalan, 3) meniru fungsi jaringan komputer fisik agar kecepatan dan kinerja semakin baik.
Baca Juga : Mengapa Compiler Penting dalam Perangkat Lunak? Berikut Penjelasannya!

Contoh software virtual machine

  • Hyper-V: mendukung sistem operasi Windows, fitur terbatas, cocok untuk pemula 
  • Virtual Box:  medukung sistem operasi Windows, Mac dan Linux, open-source software yang bisa didapatkan dengan mudah melalui website-nya
  • Qemu (Quick Emulator): mendukung sistem operasi Linux dan Windows, open-source software, dapat digunakan sebagai virtual machine host dan juga emulator machine yang mirip dengan sistem operasi utama.

Itulah beberapa informasi tentang  Virtual Machine, software komputer virtual yang bisa digunakan dalam perangkat hardware bersama dengan sistem operasi utama komputer untuk menjalankan berbagai fungsi yang dapat memudahkan dan mempecepat kerja. Semoga bermanfaat!


Sumber Referensi:

 


Yemima Kristina Kolondam

Yemima Kristina Kolondam

Jumat, 31 Desember 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI