BERITA CREATIVE, DESAIN & MULTIMEDIA 5 Tips untuk Meningkatkan Skill Menggambar Ilustrasi

5 Tips untuk Meningkatkan Skill Menggambar Ilustrasi

Oleh Dhimas Wahyu Saputra | Kamis, 22 September 2022

5 Tips untuk Meningkatkan Skill Menggambar Ilustrasi

Untuk menjadi illustrator professional, tentu saja memerlukan proses yang panjang, tidak mungkin kita langsung ahli dalam membuat illustrasi yang bagus hanya dalam satu malam.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Untuk menjadi seorang ilustrator profesional, tentu membutuhkan proses dan waktu yang panjang. Tidak mungkin kita bisa langsung ahli dalam membuat ilustrasi yang bagus hanya dalam satu malam. Dibutuhkan banyak latihan secara terus-menerus hingga akhirnya kita bisa menghasilkan ilustrasi yang bagus.

Jika kamu merupakan pemula yang hanya memiliki sedikit pengalaman dan baru saja ingin memelajari ilustrasi, tentu akan membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan orang sudah memiliki pengalaman yang lebih banyak.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu kamu meningkatkan skill ilustrasi dengan lebih cepat. Simak artikel ini sampai habis ya.

1. Membuat Sketsa
Sketsa merupakan hal yang tak terpisahkan ketika ingin membuat sebuah ilustrasi. Sketsa dapat membantu kita dalam menghasilkan gambar ilustrasi yang memiliki komposisi, proporsi, dan kesimbangan yang baik.

Buatlah sketsa sesuai dengan apa yang kamu pikirkan atau bayangkan. Setelah membuat sketsa, biasanya kamu akan mendapatkan ide-ide baru yang bisa mengimprovisasi sketsa tersebut seiring dengan proses pembuatan sketsa.

Selain itu, kamu juga tidak perlu takut untuk mencoba yang baru. Jika misalnya selama ini kamu hanya membuat ilustrasi tumbuh-tumbuhan, dan belum memiliki pengalaman membuat ilustrasi lainnya, kamu bisa mulai mencoba membuat ilustrasi lain misalnya pemandangan, lanskap kota, atau lainnya.

2. Mengenal Warna
Selain membuat sketsa, hal lain yang tidak kalah penting dalam membuat ilustrasi digital adalah menguasai warna, sama halnya ketika kita mewarnai menggunakan kanvas dan kuas. Untuk mengenal atau menguasai warna, kita harus mempelajari tentang teori warna, seperti cara penggunaan warna, harmoni warna, dan juga mempelajari macam-macam skema warna.

3. Sering Berlatih Membuat Ilustrasi

<a href="https://www.freepik.com/free-photo/young-graphic-designer-working-office_6433976.htm#query=digital%20drawing&position=0&from_view=search">Image by ArthurHidden</a> on FreepikSemakin banyak berlatih, kita akan semakin mahir. Prinsip ini berlaku di semua bidang, termasuk dalam hal pembuatan ilustrasi.

Dengan seringnya latihan membuat ilustrasi, maka kita akan lebih cepat meningkatkan skill ilustrasi kita, dan hasil ilustri kita juga akan semakin bagus.

4. Membuat Kreasi Sendiri
<a href="https://www.freepik.com/free-photo/concept-artist-desktop-graphics-tablet_21061530.htm#query=drawing%20illustration&position=13&from_view=search">Image by fabrikasimf</a> on FreepikMembuat kreasi sendiri merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan imajinasi kita. Kita memang bisa menggunakan foto atau gambar orang lain sebagai referensi, namun bukan untuk disalin sepenuhnya.

Kita menggunakan referensi hanya sebagai alat bantu untuk mengetahui bentuk dari objek yang sebenarnya. Misalnya jika ingin membuat ilustrasi karakter, kita perlu melihat referensi asli wajah karakter tersebut dari berbagai sisi. Jadi, ilustrasi karakter yang kita hasilkan akan tetap akurat dan bisa dikenali.

5. Mengikuti Kursus
Image by <a href="https://www.freepik.com/free-photo/teacher-talking-with-her-students-online_11332964.htm#query=online%20course&position=10&from_view=search">Freepik</a>
Dengan mengikuti kursus online maupun offline, kita bisa mendapatkan inspirasi dan pengalaman yang banyak, seperti lebih memahami teori tentang warna, cara membuat ilustrasi yang bagus, dan masih banyak lagi.

Kalian juga bisa meminta kritik atau masukkan dari teman atau orang lain agar dapat meningkatkan skill kamu. Kamu juga harus sering melihat hasil karya-karya ilustrator terkenal lainnya sebagai inspirasi.

Kalian juga tidak perlu khawatir masalah perangkat lunak maupun device yang digunakan untuk membuat ilustrasi. Fokus utama kamu sebagai ilustrator pemula adalah meningkatkan skill terlebih dahulu.

Setelah skill kamu sudah meningkat, barulah kamu bisa meng-upgrade perangkat yang kamu gunakan sedikit demi sedikit.

Itulah beberapa tips dari saya untuk meningkatkan skill ilustrasi. Seperti yang saya katakan, kamu harus sering latihan untuk meningkatkan skill. Jika menurut kamu ilustrasi yang baru saja kamu buat masih terlihat jelek, kamu bisa menuliskan poin-poin mana saja yang menurut kamu kurang bagus, misalnya pewarnaan, bayangan, komposisi, dan sebagainya.

Oh ya, di Gamelab juga ada banyak sekali kelas desain yang bisa membantu kamu meningkatkan skill ilustrasi. Di sini kamu akan banyak belajar tentang bagaimana membuat ilustrasi yang bagus dan layak untuk dijual. Yuk buruan ikutan kelasnya!


Dhimas Wahyu Saputra

Dhimas Wahyu Saputra

Kamis, 22 September 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI