BERITA CREATIVE, DESAIN & MULTIMEDIA Tutorial Rendering Gambar Pada Blender 3.0

Tutorial Rendering Gambar Pada Blender 3.0

Oleh Dipta Mahardika | Jumat, 14 Januari 2022

Tutorial Rendering Gambar Pada Blender 3.0

Pada tutorial ini akan detunjukan cara merender sebuah scene 3D menjadi sebuah gambar dengan Blender 3.0

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Rendering merupakan sebuah proses mengubah dari bentuk objek atau scene 3 dimensi menjadi gambar 2 dimensi. Blender menyediakan 3 jenis render engine dengan kemampuan dan fungsi yang berbeda-beda.

Jenis Render Engine Pada Blender 3.0

EEVEE 

Render engine eevee adalah render engine dari Blender yang didesain untuk kecepatan dan dapat digunakan secara interaktif pada tampilan viewport 3D. Eevee relatif lebih ringan dan lebih cepat untuk memproses rendering dibandingkan dengan Cycles. Kelemahannya adalah tidak dapat menampilkan detail atau realitas sebuah material sebaik Cycles.

WORKBENCH

Render engine ini dipakai untuk kebutuhan preview untuk menampilkan bentuk objek ataupun animasi yang dibuat. Workbench tidak dipakai sebagai engine untuk merender gambar / video final, karena hanya menampilkan objek dalam solid material. Karena hanya menampilkan objek dalam solid material, Workbench memiliki kecepatan rendering yang lebih cepat dibanding Eevee dan Cycles.

Cycles 

Cycles adalah render engine yang menghasilkan hasil akhir yang paling bagus untuk rendering. Cycles didesain untuk menampilkan detail dan realitas sebuah material maupun cahaya sesuai realita di dunia nyata, dengan hasil rendering yang lebih artistik. Karena kemampuanya ini, Cycles banyak dipakai sebagai render engine untuk kebutuhan produksi di industri animasi.

Pilihan Render engine

Komponen Rendering

Komponen yang diperlukan pada proses rendering diantaranya adalah lighting atau pencahayaan, material / texture, serta kamera. Hasil gambar dari proses render ini adalah gambar yang dihasilkan dari tangkapan kamera yang kita pakai untuk membidik objek ataupun scene 3D yang kita buat. Pada tutorial ini, Sudah saya siapkan scene yang akan kita render, yang berisi objek Monkey Blender , lampu, dan kamera.

Scene Monkey Blender

Baca Juga : Bagaimana Mengoptimalkan Era Digital dengan Flipbook? Berikut Penjelasannya!

Langkah - Langkah Rendering

Mengatur pilihan Render Engine

Kali ini kita akan menggunakan render engine Eevee. Pilih render engine Eevee pada jendela Properties , pada tab Render Properties.

Pilihan Render

Mengatur ukuran / resolusi gambar

Pada tutorial ini, kita akan mengatur ukuran gambar sebesar 1280 x 720, atau biasa disebut ukuran / resolusi HD. Ukuran dapat disesuaikan lagi dengan kebutuhan. Pengaturan ini terdapat pada jendela Properties, pada tab Output Properties.

Output

Mengatur format gambar 

Pilih format file PNG dengan pilihan Color RGBA, Color Depth 16, dan Compression 15% sesuai default.

Format

Rendering

Blender 3.0 menyediakan dua pilihan langkah dalam melakukan rendering, yang pertama adalah dengan menekan shortcut F12, dan yang kedua adalah menekan tab Render , kemudian pilih Render Image.

Render IMage

Setelah kita menekan shortcut, maupun memilih menekan tab Render Image, sebuah jendela baru akan muncul yang menunjukan hasil render yang kita lakukan.

Hasil Render

Untuk menyimpan gambar hasil render, kita dapat menekan tab Image dan pilih Save As. Pilih lokasi direktori yang kita gunakan untuk menyimpan file gambar, kemudian beri nama sesuai yang kita inginkan, kemudian pilih tekan tombol Save As Image.

File 1File 2

Proses render pun selesai, dan kita mendapatkan file gambar dari scene 3D yang kita buat dari Blender 3.0.

Nah itu dia proses rendering yang bisa kalian ikuti. Kalian juga bisa belajar membuat animasi menggunakan aplikasi Blender dengan join Kelas Online Gamelab. Yuk, Optimize Your Digital Skills sekarang.


Dipta Mahardika

Dipta Mahardika

Jumat, 14 Januari 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI