BERITA INFO GAMELAB.ID Industri Board Game Dunia Semakin Menggeliat, Kesempatan Bagi Pengembang Board Game Indonesia

Industri Board Game Dunia Semakin Menggeliat, Kesempatan Bagi Pengembang Board Game Indonesia

Oleh Andi Taru | Kamis, 19 Juli 2018

Industri Board Game Dunia Semakin Menggeliat, Kesempatan Bagi Pengembang Board Game Indonesia

Menilik data terbaru di Kickstarter sudah terdapat 16,252 proyek yang berjalan baik berhasil, gagal maupun sedang berjalan. Industri board game dunia semakin menggeliat seiring dengan tumbuhnya industri game digital

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Menilik data terbaru di Kickstarter sudah terdapat 16,252 proyek yang berjalan baik berhasil, gagal maupun sedang berjalan. Industri board game dunia semakin menggeliat seiring dengan tumbuhnya industri game digital. Tetapi menariknya adalah banyak sekali boardgame dunia yang sukses meraup pendanaan dari platform tersebut, sebut saja misalnya The Binding of Isaac: Four Souls yang meraup 2,910% pendanaan atau sekitar $1,455,068 dari 20,835 backers.

Di Indonesia sendiri pengembang boardgame lokal sudah mulai menunjukkan karya-karyanya sebut saja Kummara Studio, Masbro, Hompimpa, Keong Games, Feiratochi, Congkak & Co dan masih banyak lagi lainnya. Melahirkan karya-karya yang positif dan bahkan mengangkat budaya atau kearifan lokal. 

Saat ini industri boardgame Indonesia menuju ke arah yang positif, namun tidak bisa dipungkiri pertumbuhan tersebut masih memiliki beberapa kendala terutama bagi para pengembang boardgame dalam negeri. Banyak puzzle yang mesti disatukan dan dilihat lebih dalam lagi untuk mendapatkan solusi yang tepat agar industri ini menjadi semakin baik. Tentu tujuan utamanya adalah supaya para pengembang boardgame lokal bisa menjadi "raja di negeri sendiri"

Butuh tindakan nyata, maka dari itu Tim GameLab.ID bekerja sama dengan APIBGI (Asosiasi Pegiat Board Game Indonesia) mengadakan survey bagi para pengembang board game Indonesia (baik karyanya sudah dipublikasikan, sedang dalam pengembangan atau sedang belajar mengembangkan).  Survey tersebut dapat diikuti dilink berikut ini: http://bit.ly/sh_boardgame_2018

Kontribusi teman-teman pengembang boardgame akan kami rangkum dan publikasikan melalui GameLab.ID dengan akses sebagai berikut: 

  • semua member APIBGI
  • para pengembang board game yang sudah bersedia berkontribusi untuk mengisi survey

Untuk segala dukungan dan masukannya, kami mengucapkan terima kasih. Maju terus boardgame Indonesia! 

Hidupmu bahagia kalau pernah main game papan ini! Main game ULAR TANGGA sekarang bisa lewat HP dan bisa main rame-rame.


Andi Taru

Andi Taru

Kamis, 19 Juli 2018

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI