BERITA BISNIS & ADMINISTRASI Sama-Sama di Bidang Penjualan, Ini Bedanya Account Manager dan Sales

Sama-Sama di Bidang Penjualan, Ini Bedanya Account Manager dan Sales

Oleh Ayu Larasati | Jumat, 4 Februari 2022

Sama-Sama di Bidang Penjualan, Ini Bedanya Account Manager dan Sales

Beberapa orang mungkin menganggap account manager dan sales itu sama. Padahal, keduanya merupakan profesi yang berbeda dengan skill dan tanggung jawab yang beda pula. Lalu, di mana letak perbedaannya?

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Walaupun sama-sama bergerak di bidang penjualan, terdapat perbedaan di antara profesi account manager dan sales. kedua profesi ini bekerja sama, tapi memiliki skill dan tugas yang berbeda. Lalu, apa sih perbedaan dari kedua pekerjaan tersebut? Nah, agar tidak bingung, mari simak ulasan lengkapnya!

Perbedaan Account Manager dan Sales

Pengertian

 Account Manager adalah pekerjaan yang memiliki kaitan erat dengan tim sales. Umumnya, posisi ini diisi oleh orang yang sangat supel dan gampang bergaul. Tidak hanya itu, mereka yang menjadi Account Manager juga harus mempunyai kemampuan untuk meyakinkan orang lain dan juga mendengarkan dengan baik.

Sedangkan sales merupakan bagian dari aktivitas penjualan barang, produk dan layanan yang dilakukan oleh penjual ke pembeli. Umumnya, sales terbentuk dalam sebuah tim di perusahaan yang bertanggung jawab atas penjualan.

Skill yang Dibutuhkan

Kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang account manager adalah membangun dan mengelola hubungan dengan klien. Selain itu, ia juga bertugas untuk berkomunikasi dan berkonsultasi dengan klien.

Sementara itu, kemampuan yang dibutuhkan oleh sales adalah prospecting atau mencari pelanggan baru. Sales juga bertanggung jawab untuk meyakinkan orang lain untuk membeli sebuah produk atau layanan. Tidak hanya itu, sales juga bertugas membangun hubungan dengan calon klien.

Lalu, di mana letak perbedaannya?

Nah, skill yang dibutuhkan oleh account manager berfokus pada pembangunan hubungan dengan klien. Sedangkan skill sales berfokus pada bagaimana mencari dan mengajak calon pelanggan untuk melakukan pembelian.

Walau begitu, kedua posisi tersebut sama-sama memerlukan kemampuan untuk berkomunikasi dan mempersuasi orang lain.

Tanggung Jawab

Account manager merupakan orang yang memiliki tugas untuk berinteraksi secara langsung dengan klien. Artinya, account manager menjadi representasi perusahaan di depan seorang klien atau pelanggan.

Membangun dan mengelola hubungan dengan klien merupakan tanggung jawab dari seorang account manager. Caranya adalah dengan menanyakan dan mendengarkan apa yang dibutuhkan klien selama menggunakan layanan atau produk perusahaan.

Posisi ini juga bertanggung jawab dalam membuat strategi pemasaran, menentukan dan merencanakan metode yang digunakan sales, dan mengatur budget pemasaran. Ia juga bertugas memantau penggunaan produk oleh klien, kemudian dari hasil pantauan tersebut, ia akan menganalisis dan mengevaluasi penggunaan produk pada klien. Selain itu, account manager juga bertugas merumuskan peluang bisnis baru dan mendiskusikan peluang tersebut bersama tim internal lainnya. 

Sementara itu, sales mempunyai tugas untuk menjual dan menawarkan produk kepada calon klien. Hal tersebut dapat dicapai dengan berbagai cara. Mulai dari presentasi hingga demo produk. Selain itu, seorang sales juga bertanggung jawab untuk melakukan negosiasi kontrak dengan calon klien.

Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa tanggung jawab account manager dan sales berbeda. Pertama, sales menawarkan sebuah produk pada calon klien. Nah, setelah calon klien tersebut membeli produk yang ditawarkan, mereka akan dihubungkan dengan account manager.

Setelah itu, account manager yang akan menjadi representasi atau perwakilan perusahaan untuk klien. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mereka bertugas untuk mendengarkan kebutuhan para pelanggan atau klien dan juga mengelola hubungan dengan mereka.

Baca Juga : "Bagaimana Jika", Seni Finalisasi Solution Selling

Mengapa Keduanya Harus Dibedakan?

Walaupun sama-sama bergerak di bidang penjualan, account manager dan sales harus dipisah karena perbedaan skill yang dibutuhkan dan tanggung jawab. Jika kedua profesi tersebut digabung, tentu akan sulit untuk mengejar target penjualan sekaligus menjaga hubungan dengan klien serta melakukan evaluasi penggunaan produk dan lain sebagainya. 

Pemisahan tanggung jawab pada kedua profesi ini membuat kinerja penjualan menjadi lebih efektif yang tentu menguntungkan untuk pertumbuhan bisnis dan tingkat retention pada customer. Dalam beberapa kondisi, seorang account manager bertanggung jawab menjaga hubungan dengan pelanggan pada titik penjualan tertentu, dan di sisi lain saleslah yang akan menangani transaksi penjualan. 

Itu dia penjelasan lengkap mengenai perbedaan account manager dan sales. Untuk kamu yang tertarik untuk terjun di bidang bisnis dan marketing, tentu harus paham betul perbedaan kedua profesi tersebut. Selain itu, jika kamu ingin tahu lebih banyak soal ilmu bisnis, branding, dan marketing, kamu bisa juga lho ikut kelasnya di Gamelab

Dengan materi yang super lengkap dan fasilitator yang kompeten di bidangnya, skill dan pengetahuan kamu dijamin meningkat! Ayo gabung kelasnya di Gamelab segera!

 


Referensi:

https://www.kitapunya.net/account-manager/ 

https://glints.com/id/lowongan/karier-account-manager-adalah/#.Yfu3j-pBxPY 

https://glints.com/id/lowongan/perbedaan-account-manager-dan-sales/#.Yfu1HupBxPY 

https://www.linovhr.com/account-manager/

https://blog.hubspot.com/sales/account-management-vs-sales


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Jumat, 4 Februari 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI