BERITA UMUM Kenalan Yuk Sama Karafuru, NFT Indonesia yang Sedang Populer

Kenalan Yuk Sama Karafuru, NFT Indonesia yang Sedang Populer

Oleh Ayu Larasati | Rabu, 9 Februari 2022

Kenalan Yuk Sama Karafuru, NFT Indonesia yang Sedang Populer

Karafuru, NFT karya seniman asal Indonesia melejit karena terjual hingga Rp160 juta per gambar. Seperti apa kisahnya?

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Kamu pasti sudah pernah mendengar terkait Ghozali Everyday yang fenomenal karena mendapatkan uang miliaran rupiah dengan NFT-nya. Kini, muncul Karafuru yang tak kalah populer. Pasalnya, NFT yang satu ini dibanderol dengan harga hingga ratusan juta rupiah!

Mengapa bisa begitu? Apa yang membuat Karafuru terkenal dan terjual mahal? Yuk, simak kisah selengkapnya!

Dibuat oleh Seniman Asli Indonesia

Sumber gambar: Karafuru NFT on Twitter

Karafuru merupakan sebuah proyek karya digital berbentuk NFT asli Indonesia. Proyek ini dibuat oleh Willy atau Wede yang bekerja sama dengan Museum of Toys dan Urban Sneakers Society. Wede sendiri merupakan seniman yang terkenal di Indonesia berkat karyanya yang unik dengan karakter yang menarik. Ia dikenal di Instagram dengan nama akun @wd.willy dan juga di Twitter sebagai @Willy_WD.

Karya seni yang dihasilkan oleh Wede memiliki nuansa yang unik dan terinspirasi oleh budaya Jepang. Tak heran, Karafuru banyak digandrungi oleh para kolektor mainan yang berkecimpung di pasar NFT, khususnya di OpenSea.

Baru Masuk ke NFT pada 17 Januari 2022

Karafuru baru masuk ke NFT pada 17 Januari 2022. Namun, NFT yang satu ini menjadi Trending teratas pada 4 Februari 2022. Bahkan, pada 5 Februari 2022, 5000-an koleksi karya Karafuru sudah habis terjual!

Itu berarti, belum sampai satu bulan, NFT Karafuru sudah berhasil menyedot perhatian publik. Memang sejak awal kedatangannya, Karafuru sudah berhasil menarik minat para kolektor untuk membelinya. Hal ini juga berimbas pada jangkauan media sosial Karafuru ataupun Wede yang juga mengalami peningkatan pada jumlah follower baik di Twitter atau Instagram.

Menjadi Trending Worldwide di OpenSea dan Mendapat Sorotan Selebriti

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa Karafuru sempat menguasai Trending worldwide di OpenSea pada 4 Januari 2022. Selain memang karena karyanya yang unik dan menarik, Karafuru menjadi cepat besar dan terkenal juga karena adanya peran dari Chef Arnold. Koki terkenal tersebut mengunggah tweet mengenai Karafuru. Ia juga memperlihatkan gambar Karafuru NFT ke publik.

Tidak hanya Chef Arnold, Karafuru juga diunggah oleh Arief Muhammad, seorang selebgram dan pengusaha yang terkenal. Ia turut mengunggah karya Karafuru di akun Instagramnya, @ariefmuhammad.

Dalam foto tersebut, wajah Arief Muhammad ditempeli dengan salah satu karakter Karafuru. Maka, tak heran jika popularitas Karafuru melejit pesat, khususnya di kalangan yang berkecimpung di ranah NFT.

Dibanderol Hingga 160 Juta Rupiah Per Gambar

NFT Karafuru sendiri dibanderol dengan harga yang fantastis. Bisa dibilang, karya ini merupakan karya NFT lokal pertama yang memiliki harga dasar hingga mencapai 4,5 ETH atau sekitar 190 juta rupiah di OpenSea. Sementara itu, hingga artikel ini dibuat, Karafuru sudah mencapai 14.800 ETH dalam volume yang diperdagangkan (volume trade).

Baca Juga : Mengenal NFT (Non-Fungible Token): Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaatnya

Bagaimana Cara Mengikuti Jejak Karafuru?

Untuk teman-teman yang juga berkecimpung dengan kreasi digital, tidak ada salahnya mencoba untuk menjual karyamu dalam bentuk NFT. Terdapat berbagai marketplace terbaik di dunia yang bisa dicoba. Mulai dari OpenSea, Rarible, Mintable, Atomic Market, dan lain sebagainya.

Kamu bisa membuat akun di salah satu marketplace tersebut dan melakukan verifikasi akun. Lalu, dilanjutkan dengan mengunggah koleksi karya digitalmu sesuai dengan petunjuk masing-masing marketplace.

Pastikan kamu sudah benar-benar paham mengenai NFT dan tidak hanya latah karena ingin meraup keuntungan secara instan. Biasanya, karya yang dilirik oleh kolektor adalah karya yang menarik dan mempunyai nilai yang unik.

Nah, untukmu yang masih ingin meningkatkan kemampuan dalam pembuatan karya digital, kamu bisa optimasi skill di Gamelab. Caranya mudah! Kamu bisa memilih kelas desain yang menjadi minat dan kebutuhanmu. Tertarik bergabung? Daftar di sini.

 


Referensi:

https://lifestyle.zigi.id/5-fakta-karafuru-nft-asal-indonesia-laku-rp160-juta-per-gambar-6888

https://lifestyle.bisnis.com/read/20220206/220/1497120/buat-sejarah-nft-karafuru-asal-indonesia-ludes-terjual-di-kisaran-harga-rp160-200-juta

https://opensea.io/collection/karafuru

 


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Rabu, 9 Februari 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI