BERITA TEKNOLOGI 5 Aplikasi Video Editing Tanpa Watermark di Android dan iOS

5 Aplikasi Video Editing Tanpa Watermark di Android dan iOS

Oleh Ayu Larasati | Rabu, 16 Februari 2022

5 Aplikasi Video Editing Tanpa Watermark di Android dan iOS

Video editing di smartphone dapat dilakukan dengan mudah dan praktis. Berikut 5 aplikasi yang bisa kamu gunakan di smartphone-mu.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Mengedit video tidak hanya dapat dilakukan menggunakan PC atau laptop saja. Kamu juga bisa mengedit video dengan baik menggunakan smartphone! Dalam artikel kali ini, Gamelab mau sharing soal apa saja aplikasi edit video tanpa watermark di Android dan iOS. Simak baik-baik ya!

Aplikasi Video Editing Tanpa Watermark

PowerDirector

Aplikasi yang satu ini dapat digunakan baik di perangkat Android ataupun iOS. Fitur-fitur canggih yang terdapat di dalamnya memberikan kemudahan bagi penggunanya, termasuk untuk yang masih pemula.

PowerDirector versi smartphone ini memiliki fungsionalitas yang tak kalah canggih dari versi dekstopnya dengan interface yang sudah disederhanakan. Fitur-fitur yang terdapat di dalamnya meliputi pengeditan multi-track dan 4K. Selain itu, kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk memberikan sentuhan profesional pada videomu.

Aplikasi ini juga mencakup berbagai tools efek visual. Mulai dari pengaturan kecepatan hingga pengomposisian. Buat kamu yang mau editing video untuk Youtube, aplikasi ini menyediakan template untuk intro dan outro Youtube. Tidak hanya itu, terdapat juga library untuk judul motion dan transisi.

Kelebihan PowerDirector

  • Mempunyai tampilan seperti aplikasi video editing laptop atau PC
  • Bisa digunakan editing video hingga kualitas 4K
  • Mempunyai berbagai fitur profesional

Kekurangan PowerDirector

  • Watermark hanya dapat dihilangkan pada opsi pro atau berbayar
  • Terdapat iklan pada versi gratis

Quik

Untuk kamu yang menggunakan action camera GoPro, kamu bisa menggunakan aplikasi ini. Quik dapat dihubungkan dengan smartphone, dan bisa membuatmu mengedit video dengan cepat dan menyenangkan.

Kamu bisa menambahkan file hingga 50 foto dan video. Kemudian, Quik akan mengedit video pendek secara langsung dan otomatis. Sehingga, kamu bisa langsung membagikannya ke media sosial.

Quik juga menyediakan berbagai filter keren yang akan membuat videomu makin menarik. Kamu juga bisa menambahkan judul, font, dan trim, serta menambahkan sentuhan pribadi yang bisa membuat videomu makin ciamik.

Kelebihan Quik

  • Dapat digunakan secara maksimal untuk perangkat yang terkoneksi dengan GoPro
  • Mudah digunakan, bisa untuk editing secara langsung dan otomatis
  • Hadir dengan tema yang terintegrasi

Kekurangan Quik

  • Tidak memiliki fitur editing video yang canggih
  • Hanya terbatas untuk membuat video pendek saja

KineMaster

Aplikasi yang satu ini cukup populer di kalangan pengguna perangkat mobile. KineMaster dapat digunakan untuk mengedit video 4k. Kamu juga bisa mengekspor videomu ke Youtube.

Kamu bisa mengedit video seperti trim, cut, dan mengubah klik berdasarkan bingkai demi bingkai. Nah, kemampuan editing yang presisi ini mampu membuat video hasil editing menjadi persis seperti yang kamu mau.

Fitur-fitur lain pada aplikasi ini juga meliputi transisi, blending, chroma key, dan pengaturan pencahayaan. Semua tools tersebut tersedia dalam interface yang mudah dinavigasi.

Kelebihan KineMaster

  • Terdapat opsi chroma key untuk mengaktifkan fitur green screen. Opsi ini berguna untuk membuat video gaming
  • Memiliki tampilan seperti video editing profesionak.

Kekurangan KineMaster

  • Watermark hanya dapat dihilangkan pada opsi Pro atau berbayar.

 

InShot

Aplikasi video terbaik lainnya untuk Android ataupun iOS adalah InShot. Fitur yang terdapat di dalamnya lumayan sederhana. Jadi, cocok buat kamu yang masih pemula.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa memotong, menyusun, dan juga menambahkan musik pada video yang kamu edit. Menariknya lagi, kamu bisa menggunakan fitur input emoji, teks, dan efek pada videomu.

Buat kamu yang sedang cari aplikasi editing video ringan untuk media sosial, misal untuk TikTok dan Instagram, InShot cocok untukmu.

Kelebihan InShot

  • Mempunyai stiker dan filter yang bervariasi di dalam aplikasi.
  • Bisa membuat video dengan latar belakang blur.
  • Mudah digunakan

Kekurangan InShot

  • Untuk beberapa kondisi, pengaturan sulit dilakukan
  • Tidak ada fitur editing lanjutan/advance

 

VivaVideo

Dengan lebih dari 200 filter, VivaVideo bisa kamu gunakan untuk menyunting videomu. Tampilan antarmuka dari aplikasi ini berbasis storyboard. Selain itu, terdapat berbagai fitur lainnya meliputi input teks, efek menarik, hingga video fast atau slow motion untuk keperluan Youtube, Instagram, dan TikTok.

Kelebihan VivaVideo

  • Mudah digunakan, baik untuk pemula atau profesional
  • Fitur pengeditan video cukup lengkap
  • Opsi pembayaran terbilang terjangkau

Kekurangan VivaVideo

  • Pilihan musik latar yang gratis terbilang minim.
Baca Juga : Kreativitas Visual: Jenis-jenis Video yang Memikat Pemirsa di Era Digital!

Cara Agar Jago Video Editing

Sekarang kamu sudah tahu apa saja aplikasi video editing di Android atau iOS yang dapat digunakan. Lalu, bagaimana sih cara agar bisa jago editing video?

Cara yang paling jitu adalah terus berlatih. Mengikuti kelas online mengenai video editing juga direkomendasikan untukmu yang ingin bersungguh-sungguh menekuni bidang pengeditan video.

Untungnya, di Gamelab terdapat pelatihan Videografi untuk kamu yang ingin menjadi Video Editor. Dengan trainer yang profesional dan kompeten, kamu akan diajari tentang dasar-dasar videografi menggunakan smartphone.

Tertarik ikut kelasnya? Klik di sini ya!

 

 


Referensi:

https://jalantikus.com/tips/aplikasi-editing-video-terbaik-di-android/ 

https://www.cyberlink.com/blog/app-video-editing/97/free-video-editing-app-ios-android 

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20211116191513-37-292059/10-aplikasi-edit-video-tanpa-watermark-untuk-android-ios

 

 

 

 


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Rabu, 16 Februari 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI