BERITA UMUM 5 Manfaat Belajar Bahasa Inggris Bagi Siswa SMK dan Mahasiswa

5 Manfaat Belajar Bahasa Inggris Bagi Siswa SMK dan Mahasiswa

Oleh Meisilia Febrianti Maliasa | Kamis, 15 September 2022

5 Manfaat Belajar Bahasa Inggris Bagi Siswa SMK dan Mahasiswa

Kenapa belajar bahasa Inggris itu penting bagi siswa SMK dan mahasiswa? Apa manfaat yang diperoleh ketika belajar bahasa Inggris? Bagi kamu yang berstatus siswa SMK atau mahasiswa, yuk simak artikel berikut ini!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang sudah diakui sebagai bahasa internasional. Bahasa Inggris dapat digunakan oleh orang-orang hampir di seluruh dunia. Di era yang super maju seperti sekarang, penggunaan bahasa Inggris sudah menjadi hal yang biasa. Kita bisa menjumpai bahasa Inggris hampir di semua tempat, misalnya di mall, di restoran, bahkan di smartphone yang sehari-hari kita gunakan.

Kenapa Bahasa Inggris Itu Penting?

pixabay

Kenapa belajar Bahasa Inggris itu penting? Sebab, belajar bahasa Inggris bisa membuat kita menjadi lebih mudah memahami berbagai macam hal di sekitar kita. Apalagi, bahasa Inggris menjadi bahasa yang paling banyak digunakan di dunia ini, termasuk untuk kepentingan akademis.

Apa jadinya jika kita tidak mengerti bahasa Inggris sementara semua ilmu pengetahuan dan hasil riset terbaru diterbitkan dalam bahasa Inggris? Kita yang rugi!

Selain itu, ketika kita mempelajari bahasa Inggis atau bahasa asing lainnya, kita dapat memahami berbagai macam budaya dan karakter dari setiap negara. Hal ini akan membuat kita memiliki wawasan yang luas.

Tugas utama dari pelajar dan mahasiswa adalah belajar dan menuntut ilmu. Hal ini termasuk menambah berbagai wawasan yang bermanfaat untuk dirinya. Dengan menguasai bahasa Inggris, kita bisa mendapatkan wawasan tambahan dari berbagai sumber, termasuk internet, e-book, ataupun film dari seluruh dunia.

5 Manfaat Belajar Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa

Foto oleh Startup Stock Photos dari Pexels

Sedikitnya ada 5 manfaat yang bisa kita peroleh jika belajar Bahasa Inggris. Manfaat berikut ini bisa sangat menunjang kegiatan kamu di sekolah ataupun di kampus, bahkan bisa menjadi batu loncatan kamu untuk mengukir prestasi. Lalu apa saja manfaatnya? Berikut ini kelima manfaat tersebut.

1. Meningkatkan Kemampuan Diri

Bahasa Inggris merupakan salah satu kemampuan yang saat ini dibutuhkan, khususnya anak muda yang hendak memasuki dunia profesional. Pasalnya, memiliki kemampuan bahasa Inggris seringkali menjadi persyaratan untuk mencari pekerjaan.

Jika seseorang sudah menguasai bahasa Inggris sejak masih sekolah atau kuliah, tentu akan lebih mudah untuk meningkatkan kemampuan diri, memperluas networking, dan meningkatkan nilai diri. Dengan begitu, kamu akan lebih dilirik oleh perusahaan-perusahaan bergengsi karena nilai tambah yang kamu miliki.

2.  Lebih Mudah Membaca Buku dan Jurnal Bahasa Inggris

Ada banyak buku dan jurnal bagus yang masih dalam bahasa Inggris dan belum diterjemahkan. Dengan menguasai bahasa Inggris, kamu bisa mendapatkan informasi dari sebuah buku ataupun jurnal yang mungkin belum banyak diketahui orang lain.

Selain itu, kamu juga bisa mengetahui perkembangan informasi lebih cepat daripada temanmu yang tidak belajar bahasa Inggris.  

3.  Menambah Wawasan

Ketika kita belajar bahasa Inggris, kita tidak hanya mendapatkan ilmu bahasanya saja. Kita juga bisa mendapatkan berbagai ilmu atau informasi lainnya. Dengan begitu, wawasan kita juga akan semakin luas.

Dengan mempelajari bahasa Inggris, kita akan semakin mudah dalam memahami berbagai tulisan bahasa Inggris di sekitar kita. Apalagi saat ini banyak sekali istilah-istilah bahasa Inggris yang sering melebur dalam bahasa Indonesia.

4. Mudah Bergaul & Beradaptasi di Lingkungan Baru

Kemampuan dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris secara baik dan benar akan membuat kita lebih percaya diri dalam bergaul dan mudah dalam beradaptasi di lingkungan yang baru.

Ada pepatah bahwa bahasa adalah jendela dunia. Pepatah tersebut tidak salah karena dengan belajar bahasa Inggris, kamu bisa menjalin pertemanan dengan mahasiswa asing yang ada di luar negeri. Kamu bisa berteman melalui media sosial dan saling bertukar pikiran serta informasi tentang materi pelajaran maupun budaya negara masing-masing.

5.  Kesempatan Mendapatkan Pekerjaan dan Jenjang Karir

Mengapa setiap kali kita melamar pekerjaan salah satu pertanyaan yang muncul adalah apakah kita menguasai bahasa asing atau tidak? Dalam hal ini bahasa yang paling utama ialah bahasa Inggris. Terkadang pertanyaanakan lebih detail yakni apakah pelamar menguasai bahasa tersebut secara active atau hanya passive?

Salah satu manfaat belajar bahasa Inggris adalah kesempatan yang lebih besar untuk diterima pekerjaan dengan pilihan profesi yang lebih luas. Selain itu, kita pun bisa mendapatkan karir di jenjang internasional jika memiliki tingkat kecakapan dan kemampuan berbahasa Inggris yang mumpuni.

Baca Juga : Mengapa Programmer Harus Jago Bahasa Inggris? Berikut 10 Alasannya!

Kesimpulan

Itulah kelima manfaat belajar bahasa Inggris bagi siswa SMK dan mahasiswa. Tentu, itu hanya sedikit manfaat dari sekian banyak manfaat lain yang bisa kamu peroleh.

Jika kamu mau belajar sungguh-sungguh, tidak menutup kemungkinan kamu akan mendapatkan lebih banyak manfaat dan kamu bisa mendapatkan sesuatu yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. 

Untuk kamu yang ingin belajar bahasa Inggris mulai dari dasar, kamu bisa ikut kelas gratis dari Gamelab Indonesia. Selamat mencoba!

Artikel ini merupakan kontribusi dari peserta program Gamelab Indonesia. Isi dari artikel ini tidak mewakili pandangan dari tim Gamelab Indonesia.


Meisilia Febrianti Maliasa

Meisilia Febrianti Maliasa

Kamis, 15 September 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI