BERITA UMUM Google Drive-mu Limit? Begini Cara Jitu Mengatasinya

Google Drive-mu Limit? Begini Cara Jitu Mengatasinya

Oleh Ayu Larasati | Rabu, 16 Maret 2022

Google Drive-mu Limit? Begini Cara Jitu Mengatasinya

Pernah mengalami Google Drive yang limit? Walaupun memang kapasitasnya terbatas, tapi ada trik untuk mengatasinya lho. Begini caranya.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Google Drive memang jadi solusi andalan untuk menyimpan file secara online. Tidak hanya untuk back up, tetapi juga untuk media membagikan file atau folder secara massal.

Sayangnya, paket Google Drive yang gratis mempunyai batasan penyimpanan dan juga kapasitas download harian. Lalu, bagaimana jika Google Drive sudah mencapai limit dan kamu tidak bisa menyimpan file di Google Drive? Berikut cara mengatasinya.

Mengenal Limit dalam Google Drive

Sebelum kita membahas bagaimana cara mengatasi limit Google Drive, mari kita pahami dulu apa itu Google Drive dan limitnya.

Seperti yang sudah kita ketahui, Google Drive adalah salah satu media penyimpanan data online dan berbasis cloud. Aplikasi yang satu ini banyak digunakan oleh orang-orang.

Layanan Google Drive terhubung secara otomatis dengan akun Google yang kamu buat saat kamu membuat email dengan Gmail. Dengan begitu, secara otomatis kamu sudah mempunyai Google Drive beserta berbagai aplikasi platform Google lainnya.

Dengan layanan ini, kamu bisa menyimpan beragam jenis file. Biasanya, orang-orang menggunakannya untuk mencadangkan data. Maka, semisal ada data di komputer atau laptop yang hilang, kamu masih punya cadangan datanya di Google Drive.

Kamu juga bisa membagikan file yang kamu upload ke Google Drive. Asalkan, orang lain yang kamu bagikan file tersebut mempunyai akses, maka mereka bisa mengunduhnya.

Sayangnya, Google Drive mempunyai limit atau batasan untuk penyimpanan atau download. Khususnya, untuk paket Google Drive yang gratisan. Limit penyimpanan di Google Drive adalah sebesar 15 GB.

Untuk limit download sendiri Google tidak memberikan keterangan berapa batasan limit untuk download harian. Biasanya, jika kamu sudah mencapai limit download harian, Google Drive akan memberikan warning secara otomatis. Kemudian, akses untuk download akan tertutup selama 24 jam. Sehingga, kamu tidak bisa mengakses atau melihat file di akun Google Drive selama itu.

Baca Juga : Mari Ketahui Peran dan Tanggung Jawab Marketing dalam Perusahaan beserta Sub-Divisi di dalamnya!

Cara Mengatasi Limit dalam Google Drive 

Pembatasan dari Google Drive ini memang sedikit mengganggu kinerja. Untungnya, masih ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi limit Google Drive.

Cara Mengatasi Kapasitas Penyimpanan 

Untuk mengatasi limit dalam hal penyimpanan, kamu bisa melakukan beberapa hal di bawah ini:

  • Membuka email dan menghapus semua pemberitahuan yang sudah tidak penting lagi.
  • Buka Google Drive. Klik menu My Drive, dan kamu bisa melihat semua file yang terdapat pada penyimpanan Drive-mu. Coba sortir file-nya, dan hapus file yang sudah tidak kamu perlukan. Selain itu, kamu juga bisa mengosongkan Trash.
  • Buka Google Photos. Di sana, kamu dapat melihat banyak file foto yang mungkin tidak penting. Hapus foto-foto yang sekiranya tidak kamu perlukan lagi dan kosongkan file di Trash.
  • Apabila kamu memerlukan lebih banyak storage, kamu bisa membuat akun baru atau bisa juga upgrade layanan.

Cara Mengatasi Limit Download Google Drive

Mengapa Google Drive bisa mencapai limit download? Salah satu hal yang bisa menyebabkan kejadian tersebut adalah ketika file di platform ini dapat dibagikan dan diunduh oleh orang lain, maka bisa saja terjadi lonjakan download pada waktu yang sama.

Maka, akan terdapat peringatan bahwa kamu tidak bisa melihat atau men-download file di Google Drive untuk sementara waktu. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Untuk mengatasi limit download, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

Membuat Salinan 

Kalau kebetulan kamu adalah pemilik file dan kamu menemukan laporan bahwa file tersebut sudah mencapai batas download, maka kamu cukup membuat salinan file tersebut. Caranya, klik kanan file, dan klik ‘make a copy’ atau ‘buat salinan’.

Setelah itu, kamu bisa membagikan tautan untuk file salinan yang baru. Jadi, orang-orang yang tadinya tidak bisa mendownload karena terkena limit, dapat memperoleh file yang sama.

Sedangkan jika kamu adalah pengunduh file (bukan pemilik file), kamu juga bisa menyalin file tersebut asalkan memiliki izin untuk diduplikasi. Pasalnya, beberapa file tidak mempunyai opsi “make a copy” karena tidak diizinkan oleh pemiliknya.

Membuat Shortcut/Pintasan

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi limit dalam Google Drive adalah dengan membuat sebuah shortcut atau pintasan. Fitur yang satu ini bisa kamu gunakan untuk menyimpan file ke halaman utama Google Drive. Di mana nantinya, kamu bisa melihatnya di laman “recent” atau “terbaru”.

Caranya, klik kanan pada file yang kamu tuju dan klik “Add shortcut to Drive” atau “Tambahkan pintasan ke Drive”.

Itulah cara mengatasi limit Google Drive yang bisa kamu coba. Melalui cara di atas, maka pekerjaanmu jadi tidak terhambat lagi.

Selain informasi di atas, kamu juga dapat memperoleh informasi lainnya seputar teknologi di Gamelab Indonesia!

Kamu juga bisa mendapatkan informasi terkait desain, industri kreatif, lowongan kerja, dan masih banyak lagi! Yuk cek artikelnya sekarang juga!

 

 


Referensi:

https://glints.com/id/lowongan/cara-mengatasi-google-drive-limit/#.YjByp3pBxPY 

https://www.jogjahost.co.id/blog/cara-mengatasi-google-drive-limit/ 

https://kumparan.com/how-to-tekno/cara-mengatasi-limit-google-drive-dengan-cepat-dan-mudah-1wP9IxYkD1v/full 


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Rabu, 16 Maret 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI