BERITA TIPS MAGANG & KARIER Ingin Tetap Fokus dan Produktif Saat Puasa? Begini Caranya!

Ingin Tetap Fokus dan Produktif Saat Puasa? Begini Caranya!

Oleh Ayu Larasati | Kamis, 7 April 2022

Ingin Tetap Fokus dan Produktif Saat Puasa? Begini Caranya!

Kurang semangat saat berpuasa? Ikuti tips dalam artikel ini agar tetap fokus dan produktif saat puasa!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Menunaikan ibadah puasa bukan berarti kita kurang bersemangat dan menjadi kurang produktif. Jika kita hanya mengisi waktu luang dengan rebahan atau tiduran saja, justru akan rentan terganggu dengan rasa haus dan lapar yang lebih terasa.

Lalu, bagaimana agar tetap fokus dan produktif  saat puasa? Simak artikelnya sampai habis ya!

Menyesuaikan Waktu Tidur

Durasi tidur sangat berpengaruh pada produktivitas dalam bekerja. Makanya, supaya kamu tetap fokus dan produktif, adalah memaksimalkan waktu tidur. Usahakan kamu tidak tidur terlalu larut.  Mengingat kamu juga harus bangun lebih awal untuk sahur.

Olahraga Ringan

Berpuasa bukan berarti kamu tidak bisa melakukan olahraga seperti biasanya. Kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti peregangan dan power walk alias berjalan kaki ringan.

Buat kamu yang terbiasa berolahraga secara teratur, pastikan kegiatan olahraga saat puasa benar-benar aman. Ada baiknya kamu menghindari olahraga dengan intensitas yang sangat tinggi karena dapat menyebabkan dehidrasi.

Konsumsi Makanan Bergizi Saat Sahur

Supaya kamu tetap produktif dan sehat saat berpuasa, makanlah makanan yang bergizi baik saat sahur. Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein, sehingga kamu bisa tetap bugar sepanjang hari. Contoh makanan bergizi yang dapat kamu konsumsi saat sahur adalah beras merah, telur, gandum, buah-buahan, sayuran, gandum,  dan ubi.

Penuhi Kebutuhan Air Putih

Dehidrasi tentu sangat berpengaruh pada tingkat fokus saat bekerja atau belajar. Itulah mengapa kamu perlu memperbanyak minum air putih minimal 8 gelas selama waktu berbuka sampai waktu sahur.

Konsumsi air sedikit demi sedikit, tetapi sesering mungkin agar tubuh terhidrasi dengan baik. Jadi, kamu bisa menjalankan puasa dengan lancar serta tetap fokus dan produktif.

Buat To-Do List

Membuat list pekerjaan yang harus diselesaikan bisa membuatmu tetap fokus dan produktif dalam bekerja. Rencana kerja yang terstruktur dapat membuatmu lebih mudah berkonsentrasi saat bekerja.

Kamu bisa membuat list mengenai apa saja pekerjaan yang perlu diselesaikan terlebih dahulu. Bagi daftar tersebut sesuai prioritas setiap pekerjaan atau tugas serta sesuai tenggat waktu yang berlaku. Dengan begitu, kamu bisa menyelesaikan satu per satu tugas dengan teratur dan disiplin.

Tidur Siang Sejenak (Power Nap)

Jika biasanya kamu mengisi jeda istirahat dengan makan siang, kamu bisa memanfaatkan waktu istirahat untuk power nap alias tidur siang sejenak selama 15-30 menit. Power nap ini sangat bermanfaat untuk membantu mengembalikan semangat dan mood untuk menyelesaikan pekerjaan yang tertunda.

Dahulukan Pekerjaan Paling Penting di Pagi Hari

Di pagi hari, energi dan pikiran tentu masih segar. Sehingga, ada baiknya kamu memanfaatkan waktu ini untuk mendahulukan pekerjaan yang penting di momen ini. Sebelum jam 1 siang, umumnya cadangan energi dalam tubuh masih cukup sehingga kamu bisa lebih fokus dalam bekerja atau mengerjakan tugas.

Hindari Distraksi atau Gangguan

Biasanya, tingkat fokus saat bekerja menurun karena banyaknya distraksi. Misalnya, notifikasi ponsel yang terus menerus berbunyi, atau rekan kerja yang selalu mengajak ngobrol.

Agar tetap bisa produktif saat puasa, kamu harus meminimalisir distraksi yang ada. Matikan notifikasi di ponsel dan tolak ajakan rekan kerja yang terus mengajakmu mengobrol dan membuatmu tidak fokus. Selain itu, coba gunakan earphone atau headphone untuk mendengarkan musik dan meningkatkan tingkat produktivitas dalam bekerja.

Baca Juga : 17 Strategi Ampuh untuk Produktif Belajar saat Puasa Ramadhan, Tips Teruji dan Terpercaya!

Mengikuti Kelas Online untuk Mengembangkan Keahlian

Momen puasa bisa jadi waktu yang tepat untuk membangun dan mengembangkan keahlian. Sembari menunggu waktu berbuka, kamu bisa tetap produktif dengan mengikuti kelas online di Gamelab.

Kamu bisa belajar dari mana saja dan kapan saja dengan materi yang lengkap. Mulai dari belajar koding, desain, hingga bisnis dan marketing. Materi yang disediakan dikembangkan oleh profesional industri dan praktisi pendidikan, jadi skill yang kamu miliki nantinya sesuai dengan kurikulum standar industri.

Tertarik untuk ikut kelas online di Gamelab Indonesia? Klik di sini ya untuk informasi selengkapnya!

 


Referensi:

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4535553/6-tips-tetap-produktif-selama-jalani-puasa-di-bulan-ramadan  

https://www.studilmu.com/blogs/details/6-tips-tetap-sehat-dan-produktif-di-bulan-puasa 

https://eduadvisor.my/articles/8-ways-to-stay-productive-while-fasting/ 


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Kamis, 7 April 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI