BERITA GAME ARTWORK Tips Membuat Ilustrasi di Paint Tool SAI Jadi Menarik

Tips Membuat Ilustrasi di Paint Tool SAI Jadi Menarik


#SAI #illustration #tips
Tips Membuat Ilustrasi di Paint Tool SAI Jadi Menarik

Kalian suka gambar di software SAI? Ada tips dalam membuat ilustrasi di SAI agar terlihat lebih menarik dan menyatu buat kalian nih. Yuk disimak!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Siapa yang tidak mengenal software SAI atau PaintTool SAI? Yap, software ini merupakan salah satu software yang banyak digunakan para digital illustrator untuk membuat ilustrasi mereka. Terutama untuk mereka yang suka menggambar illustrasi model anime. Tapi tidak hanya untuk style anime saja, SAI bahkan dapat digunakan untuk membuat ilustrasi ala vektor dengan menggunakan line mode berbentuk node. Selain karena lebih ringan untuk digunakan dan memang merupakan software painting, ada beberapa kelemahan yang sering terjadi saat menggunakan software SAI.

Salah satu kelemahan Paint Tool SAI yang sangat banyak orang keluhkan adalah layer mode yang sangat sedikit, berbeda dengan Photoshop yang memilik beragam layer mode. Tetapi bukan berarti menggambar dengan SAI buruk hasilnya.  Mungkin tips ini akan berguna bagi kalian para pengguna setia SAI! Namun selain memiliki kelemahan tersebut, software ini masih worth it untuk kelian gunakan, terutama harganya yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan Adobe Photoshop tentunya.
Tips dalam membuat ilustrasi di SAI  agar terlihat lebih menarik dan menyatu dengan coloring, salah satunya adalah dengan layer mode overlay. Yap, kalian bisa menggunakan mode color overlay untuk membuat gambar atau ilustrasi yang kalian buat jadi lebih menarik lho.

Jika kamu adalah artist yang menggunakan metode lineart rapi nan tipis dengan palet warna hangat, menggunakan brush airbrush sangat lah berguna! Lalu layer lineart ditimpa oleh layer mode overlay, cara tersebut akan membantu warna lineartmu lebih bercahaya dan menyatu dengan warna objek tersebut.

Tetapi ada beberapa poin yang perlu kamu ingat, yaitu :

  1. Kamu bisa memberi opacity pada lineartmu jika memang terlalu mencolok dan tebal. sesuaikan dengan konsep ilustrasimu dan palet warnamu.
  2. Warna overlay bisa apa saja, sesuaikan dengan color mood ilustrasimu, jika memang dominan objek tersebut biru pakailah biru atau ungu agar menyatu
  3. Tidak harus memakai satu warna overlay untuk lineartmu, kamu bisa mencampurnya dengan warna lain jika perlu tetapi harus dengan color scheme yang sama.

Tidak hanya lineart, kamu bisa memakai tips ini untuk mengarsir gambar agar kedalaman warna lebih terlihat saat mewarnai. Nah itu tadi tips, untuk lebih membuat gamabr kamu menarik saat menggunakan software SAI. Semoga tips ini bermanfaat untuk kalian yang sering menggunakan software ini dan mempunyai kendala taau masalah seperti di atas, bisa terpecahkan dan bisa menggambar dengan lebih menyenangkan lagi.

Hidupmu bahagia kalau pernah main game papan ini! Main game ULAR TANGGA sekarang bisa lewat HP dan bisa main rame-rame.


Bestari Kanya Prabowo S

Bestari Kanya Prabowo S

Selasa, 7 Januari 2020