Berbagai Jalan Mendapatkan Uang dari Game

BERITA GAME BUSINESS Berbagai Jalan Mendapatkan Uang dari Game

Berbagai Jalan Mendapatkan Uang dari Game

Di zaman sekarang ini, dengan perkembangan teknologi yang cukup pesat membuat peluang dalam mencari uang pun juga bertambah pesat, apakah kamu pernah berpikir bagaimana cara mendapatkan uang dari aplikasi atau game yang sudah kamu buat?

Nah, kamu bisa mencoba ini untuk menghasilkan uang dari aplikasi atau game yang sudah kamu dibuat:

 

1. Iklan
Ada berbagai macam iklan dari mulai Banner, Interstitial, Rewarded Video dan Native Ads. Yang dimaksud dengan iklan banner yaitu Iklan persegi panjang dalam bentuk banner yang menempati sebagian tata letak aplikasi. Iklan ini dapat dimuat ulang secara otomatis setelah jangka waktu tertentu. Iklan interstisial adalah iklan layar penuh yang dapat ditampilkan di aplikasi. Biasanya iklan interstisial ditampilkan saat terjadi transisi di aplikasi. Contoh penempatan iklan ini adalah adalah setelah menyelesaikan sebuah level dalam sebuah game. Iklan video reward ini memungkinkan pengguna menonton video agar mendapatkan reward dalam aplikasi, seperti koin, nyawa tambahan, atau poin. Dan Native Ads ini bentuknya adalah menyampaikan pesan promosinya lewat konten yang berusaha untuk meyakinkan konsumen untuk melakukan sesuatu—membeli produk mereka. Nah begini contoh iklan dalam game:

Sumber foto: citcitcuwitcuwit

 

2. Paid Games
Game yang langsung berbayar, sehingga game developer langsung mendapatkan uang ketika pembeli melakukan pembelian di marketplace. Tentu ada sistem bagi hasil antara pemiliki marketplace dengan game developer. Beberapa contoh Paid Games adalah :

PaidGames

Sumber foto: tim gamelab.id

 

3. Subscribe
Pengguna game diminta berlangganan untuk mengakses konten-konten di dalam game dengan paket-paket tertentu. Langganan bisa dilakukan setiap bulan atau setiap tahun.

Sumber foto: knowstartup

 

4. Jualan Merchandise
Jika gamenya laris, kamu bisa jualan merchandise dari karakter game yang kamu buat. Bisa juga menjual artbook nya. Dalam kasus ini mungkin saja ada beberapa kelompok masyarakat merupakan fans dari game yang kamu buat. Jika seorang fans sudah tergila-gila pada suatu tokoh maka kemungkinan besar dia akan mencoba mencari atribut-atribut mengenai tokoh tersebut. Pada keadaan ini fungsi merchandise yang dijual akan membantu memberikan keuntungan bagi kamu. Nah contoh ini adalah merchandise dari game Marbel®, game Marbel yang sebagian usernya adalah anak-anak menawarkan merchandise yang pastinya disukai oleh anak-anak diantaranya adalah bantal lucu dan t-shirt untuk anak-anak dengan menampilkan tokoh karakter dalam gamenya : 

Merchandise

Sumber foto: tim gamelab.id

Nah, gimana? sudah kepikiran mau pakai yang mana untuk game kamu?  

 

game monetization uang pendapatan gamedev
Septi Yuliana

Septi Yuliana

Kamis, 26 Juli 2018