BERITA PROGRAMMING Rekomendasi Text Editor Agar Ngoding Makin Lancar

Rekomendasi Text Editor Agar Ngoding Makin Lancar

Oleh Ayu Larasati | Rabu, 13 Juli 2022

Rekomendasi Text Editor Agar Ngoding Makin Lancar

Berikut rekomendasi teks editor yang bisa kamu gunakan biar proses coding makin lancar.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Dalam melakukan coding, seorang programmer menggunakan text editor yang membuat proses pemrograman menjadi lebih mudah. Terutama, dalam pembacaan tag-tag dalam bahasa pemrograman.

Masih bingung mengenai text editor yang paling bagus untuk ngoding? Berikut rekomendasi text editor yang bisa kamu gunakan agar ngoding semakin lancar dan proyekmu bisa selesai dengan baik.

Apa Itu Text Editor?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai rekomendasi text editor yang bagus untuk coding, mari kita bahas pengertian text editor terlebih dahulu.

Text editor atau yang biasa disebut dengan code editor adalah tools penting dalam dunia pemrograman untuk kebutuhan coding. Tools ini memberikan kemudahan ketika menuliskan berbagai kode pemrograman.  Singkatnya, text editor adalah aplikasi/software yang digunakan oleh programmer dalam menyusun kode ketika proses pembuatan website atau aplikasi.

Setiap software text editor memiliki spesifikasinya masing-masing. Selain itu, banyak sekali juga pilihan teks editor yang bisa kamu pakai.

Setidaknya ada tiga faktor yang bisa kamu pertimbangkan saat memilih teks editor. Misalnya kebutuhan fitur, bahasa pemrograman yang dipakai, dan spesifikasi komputer yang digunakan.

Rekomendasi Text Editor

Lalu, apa dong text editor yang bagus digunakan dalam proses coding? Berikut rekomendasinya untukmu!

1. Visual Code Studio

Visual Code Studio (VSCode) adalah salah satu teks editor buatan Microsoft yang dibekali dengan fitur lengkap. Uniknya, teks editor ini juga tersedia di Linux dan MacOS lho!

VSCode punya beberapa fitur unggulan seperti Meet IntelliSense, Git commands built-in, dan masih banyak lagi. Nggak cuma itu, teks editor ini juga sudah mendukung banyak bahasa pemograman seperti Python, Java, TypeScript, HTML/CSS, Markdown, JavaScript, dam masih banyak lagi.

Ekstensi yang disediakan di Visual Studio juga dapat membuat proses coding makin mudah lho!

2. Sublime Text

Sublime Text adalah teks editor yang fitur melimpah dengan tampilan yang "wah". Pasalnya, Sublime punya tampilan yang dinamis dan kamu bisa bebas milih tema sesuai selera.

Teks editor ini mendukung berbagai macam sistem operasi seperti Windows, Linux, dan Mac. Kelebihan lain dari teks editor ini adalah cepat dan bisa digunakan bahkan di perangat yang resource-nya kecil.

Untuk menambah beberapa fitur, kamu bisa menginstall plugin. Tapi, pastikan dulu resource-nya cukup ya!

3. Atom

Bisa dibilang, Atom adalah salah satu teks editor open source terbaik. Aplikasi teks editor ini tersedia untuk Window, Linux dan MacOs.

Nggak cuma bisa digunakan secara gratis, fitur di Atom terbilang cukup lengkap misalnya seperti Multiple panes, Smart autocompletion, Built-in package manager, dan masih banyak lagi.

Tampilan Atom juga nggak kalah elegan dengan Sublime Text. Selain itu, aplikasi teks editor ini juga mendukung banyak bahasa. Kalau kamu pengen fitur tambahan, kamu bisa nambahin melalui menu plugin yang tersedia dengan mudah.

4. Notepad++

Notepad++ adalah salah satu code editor yang banyak digunakan oleh para web developer di dunia. Notepad++ bersifat open source dan ditulis dalam bahasa C++.

Banyak fitur yang terdapat di code editor yang satu ini. Mulai dari line bookmarking, penyimpanan otomatis, convert-case, auto-completion, dan berbagai fitur menarik lainnya.  Uniknya lagi, aplikasi text editor ini dapat berjalan dengan baik di komputer dengan RAM 2 GB.

Baca Juga : Tips Praktis! Mempelajari Coding untuk Pemula

Mengenal Fitur Code Editor di Website Gamelab

Ingin belajar coding tapi belum memiliki perangkat dengan spesifikasi yang canggih? Tenang! Kamu bisa belajar pemrograman dengan fitur code editor di website Gamelab. Dengan mengikuti magang Web Frontend dan program Kelas Industri di Gamelab, kamu bisa belajar pemrograman dengan lebih mudah. Apalagi, kamu juga bisa langsung praktik jadi lebih cepat paham.

Tampilan Code Editor Web Frontend di Gamelab

Di halaman utama  (homepage) Gamelab, kamu bisa melihat fitur Code Editor online yang bisa kamu gunakan untuk belajar praktik coding HTMl. Di fitur text editor online tersebut, kamu bisa melihat hasilnya secara langsung juga.

Code Editor Online di Homepage Gamelab

Ingin belajar coding secara mendalam? Kamu bisa mengikuti program-program di Gamelab yang bakal bantu kamu optimasi skill coding-mu. Mulai dari Magang Web Frontend, Kelas Industri, hingga Kelas Coding Gamelab. Yuk optimasi skill coding-mu bersama Gamelab sekarang juga!

 


Referensi:

https://www.gramedia.com/best-seller/text-editor-terbaik-programmer/#Mengenal_Apa_Itu_Text_Editor

https://techarea.co.id/text-editor-terbaik/#11-2-notepad

 


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Rabu, 13 Juli 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI