BERITA BISNIS & ADMINISTRASI Apa Itu Branding? Berikut Definisi dan Perbedaannya dengan Marketing

Apa Itu Branding? Berikut Definisi dan Perbedaannya dengan Marketing

Oleh Ayu Larasati | Senin, 18 Juli 2022

Apa Itu Branding? Berikut Definisi dan Perbedaannya dengan Marketing

Apa itu branding? Apa perbedaannya dengan marketing? Mari simak penjelasan lengkapnya di artikel ini!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Untuk produk tertentu seperti mie instan, misal, pasti ada sebuah brand yang sangat lekat di benakmu. Mengapa bisa begitu? Inilah fungsinya branding. Sebuah brand atau merek akan mudah dikenal oleh masyarakat.

Lalu, apa itu branding? Apa perbedaannya dengan marketing? Dan bagaimana cara menerapkannya?

Yuk temukan jawaban lengkapnya di artikel ini. Selamat membaca ya!

Apa Itu Branding?

Dilansir dari The Branding Journal, brand adalah sebuah ide yang muncul dan tergambar di benak seseorang saat memikirkan sebuah produk,  layanan, perusahaan, hingga organisasi tertentu.

Brand adalah identitas unik yang membedakan sebuah produk dengan kompetitornya. Dengan begitu, dapat kita simpulkan bahwa kegiatan branding adalah aktivitas membangun citra dengan tujuan agar sebuah merek terlihat menarik, mudah diingat oleh khalayak, dan terlihat berbeda dengan merek lain.

Tidak hanya itu, branding juga bisa diartikan sebagai aktivitas komunikasi yang memiliki fungsi dan tujuan untuk meningkatkan, memperkuat, dan mempertahankan sebuah brand.  

Dalam membangun sebuah brand, butuh waktu yang relatif lama bagi perusahaan agar dapat dikenal masyarakat luas. Walau begitu, apabila dilakukan dengan tepat, perusahaan dengan branding yang baik bisa memperoleh loyalitas dari konsumen.

Manfaat Branding untuk Kemajuan Bisnis

Bisa dibilang, branding merupakan salah satu kunci kesuksesan bisnis, di bidang industri apa pun. Lalu, apa saja manfaat branding untuk kemajuan bisnis?

1. Menjangkau Pelanggan Baru

Salah satu tolok ukur kesuksesan branding adalah ketika banyak orang yang mulai mengenali produkmu. Terlebih, jika bisa membedakannya dengan produk lain dari kompetitor.

Selain itu, dengan branding, banyak orang akan mengingat dan melakukan pembelian atas produkmu. Itu berarti mereka sudah mulai memberikan kepercayaan kepada produk atau layanan yang kamu tawarkan.

2. Memberikan Posisi yang Kuat untuk Produk dan Bisnismu

Untuk jangka panjang, branding bermanfaat untuk memperkuat merek yang kamu usung. Dengan begitu, bisnismu akan berada di posisi yang kuat dan strategis di industri.

3. Memberikan Ciri Khas

Dalam kegiatan branding, setiap perusahaan tentu akan berkompetisi untuk memiliki ciri khas agar berbeda dengan kompetitor. Dengan branding yang kuat, produk dari sebuah perusahaan akan lebih mudah dikenali masyarakat. Hal ini dikarenakan aktivitas branding tersebut memberikan keunikan terhadap sebuah produk.

4. Membangun Kepercayaan Pasar

Dengan branding yang kuat, kamu bisa meningkatkan kepercayaan terhadap produk yang kamu tawarkan. Mengingat branding adalah proses mengenalkan produk ke masyarakat, apabila masyarakat telah mengenalnya, maka mereka bisa mempercayainya.

5. Membangun Citra Perusahaan

Manfaat terakhir yang paling penting dalam aktivitas branding adalah membangun citra perusahaan. Jika sebuah perusahaan mempunyai citra yang baik, tentu produk atau jasa yang diluncurkan oleh perusahaan tersebut cenderung lebih mudah diketahui dan dikenal oleh orang-orang.

Tidak hanya dipengaruhi oleh branding yang kuat, citra sebuah brand juga dipengaruhi oleh jaminan kualitas dan prestise dari sebuah produk.

Itu artinya, kamu perlu menjaga kualitas dan mutu produk untuk menjaga citra positif perusahaan.

Baca Juga : Rahasia Tersembunyi, Strategi Email Marketing yang Meningkatkan Penjualan!

Perbedaan Branding dan Marketing

Walau sekilas sama, tetapi branding dan marketing itu dua hal yang berbeda, lho. Branding lebih fokus pada aktivitas untuk memperkenalkan brand, produk, atau perusahaan kepada masyarakat. Sedangkan marketing lebih fokus pada penjualan sebuah produk atau layanan dari perusahaan. Dengan kata lain, tujuan utama marketing adalah untuk menaikkan nilai penjualan sebuah produk.

Secara singkat, perbedaan branding dan marketing adalah jika branding adalah cara untuk mengenalkan perusahaan, sedangkan marketing adalah cara yang dilaksanakan oleh perusahaan supaya produk yang dihasilkan bisa terjual.

Branding dan marketing sama-sama punya peran yang penting sebagai tools yang efektif dan ampuh di dalam bisnis. Keduanya tidak dapat dipisahkan dan wajib kamu kuasai jika ingin sukses dalam berbisnis.

Ingin belajar lebih dalam mengenai branding dan marketing? Yuk ikuti kelas “Belajar Branding dan Marketing untuk Pemula” di Gamelab. Di kelas ini, kamu bisa belajar hal-hal penting berkaitan dengan branding dan marketing yang tentu bisa menunjang skill-mu di kedua aspek tersebut.

Tertarik untuk bergabung dengan kelasnya? Klik di sini untuk mendaftar!

 


Referensi:

https://www.thebrandingjournal.com/2015/10/what-is-branding-definition/#branding-definition 

https://www.niagahoster.co.id/blog/apa-itu-branding-dan-strategi-branding/#Apa_Itu_Branding 

https://accurate.id/marketing-manajemen/apa-itu-branding/ 

https://www.dewaweb.com/blog/apa-itu-branding/ 


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Senin, 18 Juli 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI