BERITA KUNJUNGAN INDUSTRI Mengapa Siswa SMK Harus Melakukan Kunjungan Industri? Ternyata Ini Manfaatnya!

Mengapa Siswa SMK Harus Melakukan Kunjungan Industri? Ternyata Ini Manfaatnya!

Oleh Ayu Larasati | Kamis, 21 Juli 2022

Mengapa Siswa SMK Harus Melakukan Kunjungan Industri? Ternyata Ini Manfaatnya!

Mengapa siswa SMK harus melakukan kunjungan industri? Yuk simak penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Salah satu hal seru yang hanya bisa siswa SMK alami adalah banyaknya praktik dan pengenalan pada dunia kerja. Salah satunya adalah dengan mengikuti kunjungan industri. Apa itu sebenarnya kelas industri? Apa saja kegiatan yang terdapat di dalamnya? Lalu, apa manfaatnya?

Yuk temukan jawaban lengkapnya di artikel ini. Selamat membaca ya.

Pengertian Kunjungan Industri

Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia

Kunjungan industri adalah sebuah kegiatan yang dilakukan dengan mengunjungi sebuah perusahaan atau industri untuk melihat gambaran pekerjaan yang nantinya akan dilakukan oleh siswa SMK. Di dalam kunjungan industri, siswa bisa mengamati bagaimana kegiatan operasi sebuah perusahaan.

Dengan kata lain, kamu bisa mendapatkan gambaran sebuah pekerjaan di bidang kompetensi/bidang keahlian yang kamu dalami. Maka dari itu, kunjungan industri penting untuk dilakukan agar kamu tidak kaget saat memasuki dunia kerja.

Jadi, dengan kegiatan kunjungan industri diharapkan siswa SMK jadi lebih mudah dalam menyesuaikan diri dengan dunia kerja atau lingkungan perusahaan.

Apa Saja Kegiatan Kunjungan Industri?

Kegiatan Kunjungan Industri di Educa Studio

Pihak sekolah yang terdiri dari para siswa SMK dan guru pendamping datang ke industri atau perusahaan secara langsung untuk melihat kegiatan operasional perusahaan secara langsung.

Sebagai contoh, kunjungan industri di PT Educa Sisfomedia Indonesia (Educa Studio/Gamelab Indonesia). Biasanya, kunjungan diawali dengan seminar mengenai pengenalan dunia kerja. Kemudian dilanjutkan dengan melihat proses produksi secara langsung. Para peserta kunjungan industri juga bebas bertanya kepada perwakilan pihak industri mengenai proses produksi yang mereka ingin tahu.

Tujuan Kunjungan Industri

Berikut tujuan diadakannya kegiatan kunjungan industri.

  • Siswa dan guru SMK bisa menyaksikan dan merasakan langsung mengenai aktivitas dan manajemen yang ada di dunia kerja. Maka, mereka bisa mengambil pelajaran dan pengalaman yang nantinya akan sangat berguna baik di pembelajaran atau di dunia kerja nantinya.
  • Memberikan motivasi dan meningkatkan semangat untuk belajar dan meningkatkan kompetensi guna mencapai kesuksesan hidup.
  • Menambah wawasan dan cakrawala berpikir siswa dalam belajar dengan observasi aktivitas di Industri. Dengan begitu, diharapkan bisa mengambil pelajaran positif mengenai cara berperilaku dan bersikap di dunia kerja.
  • Merealisasikan perjanjian kerja sama antara SMK dengan dunia industri yang mencakup kunjungan industri, magang, kelas industri, hingga pelatihan untuk guru.

Manfaat Kunjungan Industri

Lalu, apa saja sih manfaat kunjungan industri? Berikut penjabarannya untukmu.

1. Manfaat kunjungan industri bagi siswa SMK

  • Siswa dan guru SMK bisa melihat dan merasakan aktivitas di dunia kerja secara langsung. Tentu saja, bidang industri yang dikunjungi tersebut sesuai dengan keahlian yang dipelajari di sekolah.
  • Siswa dan guru SMK bisa mendapatkan pelajaran berharga dari kegiatan kunjungan industri. Dengan begitu, bisa membangkitkan dan memacu semangat untuk mengasah skill, meningkatkan kompetensi, serta berprestasi di bidang terkait.
  • Tidak hanya meningkatkan kompetensi, siswa SMK juga bisa membiasakan diri dan berlatih dengan bekal kemampuan serta attitude di dunia kerja.

2. Manfaat kunjungan industri bagi sekolah (SMK)

  • Bisa memicu kerja sama yang menguntungkan antara pihak sekolah dan pihak Dunia Usaha/Dunia Industri (DUDI).
  • Program sekolah bisa dikembangkan sesuai dengan standar dan kebutuhan industri melalui sinkronisasi kurikulum, teaching factory, proses pembelajaran, dan pengembangan sarana prasarana praktik. Artinya, sekolah melibatkan industri dalam mengembangkan kurikulum dan berbagai kegiatan lainnya.
  • Meningkatkan dan mempererat relasi antara guru SMK dengan pihak DUDI agar bisa mengembangkan kerja sama yang lebih nyata. Apalagi, biasanya dari pihak industri juga terdapat program-program yang bermanfaat seperti magang /pelatihan untuk guru-guru SMK.

3. Manfaat kunjungan industri bagi industri

  • Pihak industri menjadi lebih dikenal oleh masyarakat, terutama masyarakat di lingkungan sekolah. Dengan begitu, bisa membantu promosi produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut.
  • Pihak industri bisa mendapatkan masukan yang membangun dan positif untuk meningkatkan perkembangan DUDI.
  • Pihak industri juga bisa lebih meningkatkan produk atau proses produksi melalui masukan dari pihak sekolah tersebut.
  • Memperoleh calon tenaga kerja yang kompeten dan berkualitas sesuai dengan standar industri.
  • Meningkatkan citra positif DUDI, mengingat bisa berkontribusi di dunia pendidikan dalam mengembangkan kompetensi siswa SMK sesuai dengan penerapan Inpres No. 9 Tahun 2016.
Baca Juga : Eksplorasi Hasil Karya Industri Kreatif, SMKS Pesantren Ciwaringin Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia

Penutup

Itu dia penjelasan lengkap mengenai kunjungan industri mulai dari definisi hingga tujuan dan manfaatnya. Ingin melakukan kunjungan industri dan kerja sama dengan industri? Gamelab bisa menjadi mitra industri terbaikmu! Hubungi Tim Gamelab Indonesia untuk bekerja sama ya!

 


Referensi:

https://www.wasito.info/2019/10/tujuan-dan-manfaat-kunjungan-industri.html 

https://www.smkaa.sch.id/read/49/kunjungan-industri-smk-islam-assaadatul-abadiyah#:~:text=Kunjungan%20Industri%20ini%20suatu%20kegiatan,sebuah%20perusahaan%20beroperasi%20dan%20bekerja


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Kamis, 21 Juli 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI