BERITA CREATIVE, DESAIN & MULTIMEDIA 5 Rekomendasi Software Keren untuk Membuat Pixel Art

5 Rekomendasi Software Keren untuk Membuat Pixel Art

Oleh Muhammad Ramadhan | Selasa, 30 Agustus 2022

5 Rekomendasi Software Keren untuk Membuat Pixel Art

Artikel ini merupakan kontribusi dari peserta program Gamelab Indonesia. Tulisan ini tidak mewakili pandangan tim Gamelab Indonesia. Yuk simak rekomendasi software untuk membuat pixel art dari Kak Muhammad Ramadhan.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Apa itu pixel? Pixel atau Picture Element merupakan unsur gambar berupa titik kecil yang membentuk suatu objek di layar monitor. Misalkan kalau kita zoom sebuah gambar di layar hp atau pc kita maka akan terlihat kalau gambar tersebut terdiri dari kumpulan titik-titik kecil, titik itulah yang disebut dengan pixel.

Stardew Valley

Kamu tertarik untuk membuat ilustrasi atau ingin membuat game dengan tema pixel seperti stardew valley, core keeper atau undertale tapi masih bingung software apa yang bagus untuk membuat pixel art? Di sini penulis akan memberikan beberapa rekomendasi software keren untuk membuat pixel art.

1. Piskel

Piskel merupakan software untuk membuat pixel art yang mudah digunakan. Tampilannya yang sederhana membuatnya mudah dipahami oleh pemula. Software ini dapat digunakan untuk membuat sprite, animasi, dan ilustrasi pixel. Kamu bisa meng-export hasil kerja kamu dengan format GIF, PNG, atau format lainnya.

Jika ingin membuat animasi, Piskel mempunyai fitur onion skin dan preview. Jadi, kamu bisa dengan mudah membuat animasi dan melihat hasilnya pada jendela preview.

Tampilan Piskel

Jangan khawatir soal harga, kalian bisa men-download piskel secara gratis melalui website-nya. Piskel juga menyediakan fitur online editor di website-nya. Jadi kamu tetap bisa membuat pixel art tanpa harus download aplikasinya.

2. Aseprite

Aseprite

Aseprite merupakan software yang cukup umum digunakan oleh desainer maupun game developer karena mempunyai banyak fitur di dalamnya. Salah satu fitur yang dimiliki aseprite adalah pixel perfect. Fitur ini akan membuat pixel lebih tertata rapi dibandingkan jika tidak memakai fitur pixel perfect. Fitur ini akan sangat membantu kamu jika ingin membuat garis melengkung atau membuat detail lainnya menggunakan brush.

Fitur pixel perfect

Aseprite  juga menyediakan berbagai macam color palette, jadi kamu tidak perlu pusing untuk memilih warna.

Pilihan color pallete

Kamu dapat membuat tileset atau animasi menggunakan aseprite dan meng-export hasil kerja kamu dengan format PNG, GIF, JPG, atau format lainnya. Aseprite bisa kamu dapatkan melalui Steam dengan harga Rp 108.999. Dengan harga yang tidak terlalu mahal, kamu bisa mendapatkan fitur-fitur yang cukup lengkap untuk membuat pixel art.

3. Pixilart

Logo Pixilart

Pixilart merupakan pesaing dari aseprite karena banyak pengguna pemula maupun profesional yang memakai software ini. Software ini cukup banyak menarik perhatian pengguna baru karena tampilannya yang sederhana serta kelengkapan tools-nya. Mulai dari tools basic sampai tools yang diperlukan untuk pengguna profesional ada di dalamnya.

Tampilan editor Pixilart

Kamu bisa membuat ilustrasi, sprites, dan animasi menggunakan software ini. Sayangnya software ini membutuhkan internet untuk menjalankannya. Tapi jangan khawatir jika internet kamu terputus, Pixilart mempunyai fitur autosave sehingga progress kamu akan otomatis tersimpan. Kamu bisa langsung melanjutkannya setelah ada sambungan internet.

Oh ya, Pixilart bisa digunakan secara gratis loh. Kamu bisa langsung menggunakan Pixilart di websitenya.

4. Pro Motion NG

Logo Pro Motion NG

Pro Motion NG merupakan software yang bagus untuk membuat animasi, sprite, dan membuat tileset. Software ini mempunyai fitur yang cukup lengkap seperti layer effects, color setting, fitur dithering otomatis, pixel perfect, dan lainnya.

Tampilan editor Pro Motion NG

Kamu bisa membeli software ini via Steam dengan harga Rp 169.999. Kamu juga bisa mencoba versi demo yang bisa di-download di website resmi Pro Motion NG. Tapi perlu dicatat, fitur pada versi demo tidak akan selengkap versi full. Misalnya, pada versi demo kamu tidak bisa menggunakan fitur pixel perfect dan hanya dapat menggunakan 2 layer.

Baca Juga : SIB Gamelab Indonesia: Membangun Fondasi Karir di Web Development

5. Pyxel Edit

Pyxel Edit merupakan software pixel art yang didesain khusus untuk membuat tileset. Tetapi, kamu tetap bisa membuat pixel art seperti software-software sebelumnya. Jika kamu ingin berfokus untuk membuat tileset, maka Pyxel Edit merupakan salah satu software yang patut dipertimbangkan.

Salah satu keunikan dari software ini adalah mempunyai fitur link. Ketika kamu membuat sebuah desain level dan ingin mengubah atau menambahkan detail pada salah satu tile, kamu hanya perlu mengedit satu tile, lalu software akan secara otomatis meng-update tile tersebut. Kamu juga bisa merotasi atau membalik tile yang sudah dibuat.

Tampilan editor Pyxel Edit

Jika kamu tertarik untuk menggunakan Pyxel Edit, kamu bisa membelinya melalui website Pyxel Edit dengan harga $9. Kalian juga bisa mendownload versi gratis dari Pyxel Edit, tetapi fitur yang didapatkan tidak akan selengkap versi berbayar.

Nah, itu dia beberapa software pilihan penulis untuk membuat pixel art. Semoga artikel ini dapat membantu kamu yang ingin mencari software pixel art dan ingin memulai membuat pixel art.


Muhammad Ramadhan

Muhammad Ramadhan

Selasa, 30 Agustus 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI