BERITA TIPS MAGANG & KARIER Keunggulan Jurusan TKJ dan Prospek Kerjanya

Keunggulan Jurusan TKJ dan Prospek Kerjanya

Oleh Ayu Larasati | Senin, 1 Agustus 2022

Keunggulan Jurusan TKJ dan Prospek Kerjanya

Kamu ingin masuk jurusan TKJ? Yuk intip keunggulan jurusan TKJ terlebih dahulu biar makin mantap untuk memilih jurusan ini di SMK!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

TKJ adalah salah satu jurusan yang populer di SMK. Untukmu yang memiliki minat di bidang teknologi, tidak ada salahnya untuk memilih jurusan ini di SMK. Jurusan ini terbilang kompleks dan rumit, lho. Walau begitu, kamu bisa mempelajari banyak keterampilan yang sangat bermanfaat untuk bekerja nanti.

Ingin tahu lebih banyak mengenai jurusan TKJ? Yuk simak penjelasan Gamelab di artikel ini sampai akhir!

Apa Itu TKJ?

Teknik Komputer Jaringan atau TKJ adalah jurusan kejuruan yang mempelajari seluk beluk komputer. Mulai dari cara merakit laptop dan komputer, praktik jaringan dasar, pemahaman sistem operasi, hingga mengenal berbagai komponen hardware.

Di TKJ kamu juga bisa mempelajari mengenai troubleshooting jaringan dan komponen software, lho.

Keunggulan Jurusan TKJ

Berikut beberapa keunggulan jurusan TKJ yang perlu kamu tahu agar makin mantap untuk mengambil jurusan ini di SMK.

1. Bisa Belajar Tentang Sistem Operasi

Dengan mengambil jurusan TKJ, kamu bisa mempelajari secara detail mengenai sistem operasi. Bahkan, kamu juga bisa belajar mengenai instalasi OS, sistem kerja user, hingga partisi harddisk dan konstruksi.

2. Mempelajari Jaringan

Di TKJ, kamu juga bisa belajar mengenai jaringan komputer, lengkap dengan berbagai macam tipologinya. Misal seperti server, IP address, sampai jaringan lokal.

3. Dibekali dengan Skill Troubleshooting

Skill troubleshooting yang dipelajari di jurusan ini yang membuat siswa SMK jurusan TKJ istimewa. Dengan skill ini, kamu bisa mengidentifikasi dan menyelesaikan permasalahan yang ada pada harddisk, RAM, hingga CPU.

4. Adanya Praktik Kerja

Seperti halnya jurusan SMK lainnya, membuat siswa SMK jurusan TKJ juga diwajibkan untuk PKL atau magang. Dengan magang, kamu bisa menambah wawasan mengenai dunia kerja. Kamu juga bisa merasakan segala permasalahan nyata yang ada di dunia sehari-hari dan berkaitan dengan TKJ.

Jadi, kamu tidak hanya pandai mengenai teori dan keahlian, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman nyata di dunia industri.

5. Memiliki Peluang Kerja yang Bagus Setelah Lulus

Umumnya, setelah magang kamu bisa mendapatkan sertifikat yang bisa kamu gunakan sebagai referensi untuk melamar pekerjaan. Itulah mengapa lulusan SMK, khususnya jurusan TKJ, lebih mudah untuk memperoleh pekerjaan.

Prospek Kerja Jurusan TKJ

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jurusan TKJ mempunyai peluang kerja yang besar setelah lulus. Apalagi, banyak perusahaan yang membutuhkan skill yang dimiliki siswa jurusan TKJ.

Kamu bisa bekerja sebagai teknisi komputer, teknisi jaringan, administrasi server, system analyst, hingga data entry.

Dengan materi pembelajaran mengenai jaringan dan komputer ditambah pengalaman PKL, kamu bisa bersaing di dunia industri. Bahkan, lulusan SMK jurusan TKJ juga bisa membuka usaha sendiri seperti toko komputer/laptop, membuka jasa servis komputer, dan lain sebagainya.

Baca Juga : 8 Profesi Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) Bergaji Besar!

Penutup

Itu dia pembahasan seputar jurusan TKJ. Mulai dari definisi, keunggulan, hingga prospek kerjanya. Untukmu yang mencari tempat untuk PKL/magang untuk jurusan TKJ, kamu bisa magang di Gamelab!

Di Gamelab, kamu bisa memilih bidang kompetensi yang relevan dengan jurusanmu. Kamu juga bebas pilih durasi magang mulai dari 2 bulan, 3-4 bulan, hingga 5-6 bulan. Magangnya juga online lho, jadi kamu bisa magang dari mana saja!

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk magang di Gamelab sekarang juga!

 


Referensi:

https://www.renesia.com/kelebihan-dan-kekurangan-jurusan-tkj/

https://www.bernas.id/2022/02/3423/84485-jurusan-tkj-mata-pelajaran-prospek-kerja-dan-info-kuliah/

https://www.renesia.com/10-peluang-atau-prospek-kerja-tkj-teknik-komputer-jaringan/

 


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Senin, 1 Agustus 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI