BERITA SMK Mengenal Jurusan PPLG: Definisi, Keunggulan, dan Prospek Kerjanya

Mengenal Jurusan PPLG: Definisi, Keunggulan, dan Prospek Kerjanya

Oleh Ayu Larasati | Kamis, 25 Agustus 2022

Mengenal Jurusan PPLG: Definisi, Keunggulan, dan Prospek Kerjanya

Jurusan RPL berubah nama  menjadi jurusan PPLG. Lalu, apa itu jurusan PPLG? Bagaimana keunggulan dan prospek kerjanya?

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

 Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) bertransformasi menjadi PPLG (Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim). Perubahan nama ini bertujuan untuk mempersiapkan generasi yang lebih baik lagi dalam menghadapi perkembangan teknologi.

Lalu, apa itu jurusan PPLG? Apa keunggulannya? Yuk temukan jawabannya di artikel ini.

Apa Itu Jurusan PPLG?

Apa itu jurusan PPLG?

PPLG atau Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim adalah sebuah jurusan di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Jurusan ini mempelajari dan mendalami cara-cara mengembangkan perangkat lunak. Mulai dari pembuatan, pemeliharaan, manajemen kualitas, dan manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak.

Selain itu, jurusan PPLG juga berhubungan dengan software komputer seperti pembuatan aplikasi, website, game dan semua yang berhubungan dengan pemrograman. Singkatnya, jurusan PPLG erat kaitannya dengan coding, desain, dan algoritma.

Keunggulan Jurusan PPLG

Setiap program studi mempunyai kelebihan masing-masing. Banyak keunggulan dari jurusan PPLG ini. Apa sajakah itu?

1. Lebih siap kerja

Keunggulan yang pertama dari jurusan PPLG adalah lulusannya bisa bekerja di berbagai bidang. Sebab siswa SMK jurusan PPLG dibekali dengan berbagai ilmu dan pengetahuan.

Selain itu, lulusan SMK jurusan PPLG juga dapat melakukan kerja lapangan dengan lebih mudah, mengingat pembelajaran sudah melibatkan skill praktik yang menjadikan lulusan siswa SMK.

2. Lebih Paham Seluk Beluk Komputer

Keunggulan lain dari jurusan PPLG adalah memahami seluk beluk komputer. Lulusan SMK jurusan PPLG juga lebih mengerti mengenai fungsi dari komponen komputer. Selain itu, mereka juga lebih mengerti dan mendalami berbagai teknologi.

3. Prospek Karir yang Jelas

Perkembangan teknologi yang pesat membuat kemampuan yang dimiliki oleh lulusan PPLG selalu dibutuhkan. Dengan keterampilan yang mumpuni, lulusan SMK jurusan ini dapat bekerja di berbagai perusahaan.

Prospek Kerja Jurusan PPLG

Lulusan PPLG dapat bekerja di bidang yang beragam. Berikut di antaranya:

1. Developer IT

Developer IT adalah pekerjaan yang bertugas untuk mengembangkan software untuk memenuhi keperluan dari klien. Software tersebut dapat berupa software game, pendidikan, bisnis, dan lain sebagainya.

2. Programmer

Programmer adalah orang yang bekerja untuk mengembangkan aplikasi atau perangkat lunak. Tugasnya meliputi semua proses pengembangan perangkat. Mulai dari proses penyusunan rancangan, membuat dan atau mengembangkan perangkat, pengujian, modifikasi, hingga perawatan perangkat lunak.

3. Software Tester

Pekerjaan ini mengharuskanmu untuk menguji sebuah perangkat lunak. Pekerjaan ini banyak dibutuhkan oleh banyak perusahaan, lho!

4. Game Developer

Seperti namanya, game developer berugas untuk merancang dan membuat perangkat lunak khusus untuk gim atau permainan.

5. Web Engineer

Sementara itu, web engineer adalah orang yang bertanggung jawab untuk merancang serta membangun sebuah website. Selain itu, ia juga bertugas untuk memastikan kemudahan dan layanan website tersebut.

6. IT Konsultan

Konsultan di bidang IT adalah salah satu pekerjaan yang diperlukan. Pekerjaan ini bertugas mulai dari proses perancangan hingga evaluasi sebuah penerapan IT pada sebuah perusahaan.

7. System Analyst

Pekerjaan ini berkaitan dengan analisa sebuah sistem. Hasil dari analisa ini nantinya akan digunakan oleh programmer. Selain itu, system analyst juga harus dapat membandingkan kelebihan dan kekurangan dari sebuah sistem yang akan dirancang.

Apakah Lulusan Jurusan PPLG Bisa Kuliah?

Mungkin kamu juga bertanya-tanya, apakah lulusan SMK jurusan PPLG bisa kuliah? Tentu bisa. Tidak hanya bisa bekerja setelah lulus, kamu juga bisa melanjutkan kuliah di jurusan yang berkalitan dengan teknologi, gim, dan perangkat lunak.

Baca Juga : Gamelab Indonesia dan SMK Gema Nusantara Wonoso Kerja Sama dalam Uji Kompetensi Keahlian (UKK)

Tempat Magang Terbaik untuk Jurusan PPLG

Untuk mempraktikkan secara langsung berbagai teori yang sudah dipelajari di sekolah, siswa SMK perlu mengikuti program magang atau PKL (Praktik Kerja Lapangan). Tidak terkecuali untuk siswa SMK jurusan PPLG.

Untuk kamu yang sedang mencari tempat untuk magang/PKL, kamu bisa magang di Gamelab Indonesia. Di Gamelab, kamu berkesempatan untuk magang di bidang kompetensi sesuai passion-mu. Selain itu, kamu bisa magang dari mana saja, dan bebas memilih durasi magang.

Tertarik untuk magang di Gamelab? Klik di sini ya untuk mendaftar!


Referensi:

  • Apa Itu Jurusan Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG)? [1]
  • Apa Itu Jurusan RPL dan Apa Saja Keunggulan Jurusan RPL? [2]

Ayu Larasati

Ayu Larasati

Kamis, 25 Agustus 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI