BERITA TIPS MAGANG & KARIER 7 Kiat Cerdas Membangun Personal Branding yang Kuat

7 Kiat Cerdas Membangun Personal Branding yang Kuat

Oleh Ayu Larasati | Rabu, 21 September 2022

7 Kiat Cerdas Membangun Personal Branding yang Kuat

Ingin membangun personal branding? Yuk ikuti 7 kiatnya di artikel ini!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Apakah kamu ingin membangun personal branding untuk diri sendiri? Nah, kamu sudah menemukan artikel yang tepat!

Di artikel ini, Gamelab akan menjelaskan bagaimana membangun personal branding yang kuat di era digital ini. Yuk simak baik-baik penjelasannya berikut ini.

Pengertian Personal Branding

Pengertian Personal BrandingMari kita mulai dengan pengertian personal branding terlebih dahulu. Personal branding adalah bagaimana kita membranding dan mempromosikan diri. Bisa dengan menunjukkan pencapaian dan keahlian yang dimiliki untuk membentuk reputasi diri.

Personal branding dibutuhkan oleh siapapun. Baik itu entrepreneur, penulis, peneliti, developer, programmer, desainer grafis, dan lain sebagainya.

Personal branding sangat dibutuhkan oleh jobseeker yang ingin segera meraih pekerjaan impian, karyawan yang ingin meningkatkan karier, pekerja lepas waktu yang ingin memperoleh banyak project, hingga pengusaha yang ingin membuat citra terbaik agar bisnis yang dia bangun makin sukses.

Mengapa Personal Branding Penting?

Kamu mungkin bertanya-tanya, mengapa perlu membangun personal branding? Berikut beberapa alasannya mengapa personal branding menjadi hal yang penting, dilansir dari LinkedIn.

  • Membangun dan meningkatkan kepercayaan orang lain: Dengan personal branding, orang lain jadi lebih bisa mengenalmu. Meski mereka belum pernah bertemu secara langsung denganmu, tapi dengan personal branding yang mumpuni, kepercayaan orang lain akan meningkat.
  • Memperluas koneksi: Di era digital, kamu bisa lebih mudah meningkatkan eksposur lho. Terlebih, jika kamu rajin melakukan networking. Dengan demikian, kamu koneksimu jadi berkembang luas.
  • Meningkatkan kredibilitas: kamu bisa menunjukkan bahwa kamu adalah seorang ahli di bidang yang kamu geluti. Apalagi, jika ditambah dengan pencapaian yang pernah kamu dapatkan, kredibilitasmu akan makin kuat.
  • Membangun rasa percaya diri: personal branding juga bisa membuatmu makin percaya diri. Rasa percaya diri itu tumbuh dari keahlian, kualitas, kekuatan, dan kelebihan diri yang kamu bagikan kepada publik.
  •  Menjadi diri sendiri: personal branding hadir dari passion, keterampilan, nilai-nilai yang kamu anut, dan juga tujuan hidup. Maka, hampir tidak mungkin kita dapat memalsukan personal branding.

Kiat Membangun Personal Branding yang Kuat

Tak dapat dipungkiri, personal branding yang kuat di era digital sangat penting agar kita bisa lebih mudah dikenali. Baik secara personal maupun profesional.

Lalu, bagaimana cara membangun personal branding yang kuat? Berikut beberapa kiat yang bisa kamu ikuti.

1. Mencari tahu kelebihan diri sendiri

Hal pertama yang perlu kamu tahu dalam membangun personal branding adalah harus mencari tahu terlebih dahulu apa saja kelebihan yang kamu miliki untuk kemudian dipromosikan ke publik. Kamu juga perlu tahu passion dan bidang yang kamu kuasai.

2. Menentukan segmentasi

Menentukan segmentasi tidak kalah penting untuk dilakukan. Pilih segmen mana yang ingin kamu tuju untuk menunjukkan personal branding-mu.

3. Menentukan target audiens

Sebelum kamu membuat dan membagikan konten yang berhubungan dengan personal branding-mu, ada baiknya kamu menentukan siapa target audiens-mu terlebih dahulu. Mulai dari perkiraan rentang usia, media yang ingin kamu gunakan, dan lain sebagainya.

4. Menampilkan citra diri sesuai dengan portofolio

Membangun citra diri yang bagus harus disertai dengan portofolio yang sesuai. Jika kamu menampilkan citra diri sebagai seorang desainer grafis, kamu juga perlu melengkapinya dengan portofolio yang sesuai agar personal branding-mu makin kuat.

5. Membuat strategi konten

Agar audiens tertarik dengan profilmu, kamu perlu membuat berbagai konten yang kreatif dan menarik. Kamu bisa membagikan tips, pengetahuan, atau tutorial di bidang yang kamu miliki.

6. Membangun networking

Dalam membangun personal branding, networking adalah sebuah keharusan. Dengan networking, kamu bisa bertemu dengan kenalan/teman baru, peluang kerja, mentor, klien, dan lain sebagainya.

7. Melakukan kolaborasi

Dari networking yang sudah kamu bangun, kamu bisa menemukan orang yang tepat untuk berkolaborasi. Dengan kolaborasi, eksposurmu bisa meningkat. Apalagi, jika terdapat karya baru yang dihasilkan bersama partner kolaborasi tersebut.

Baca Juga : Mengulas Digital Branding, Sebuah Seni Menciptakan Citra yang Tak Terlupakan!

Penutup

Itu dia penjelasan lengkap dari Gamelab mengenai bagaimana cara membangun personal branding yang kuat. Agar personal brandingmu makin keren, yuk lengkapi dengan skill yang dibutuhkan di era digital. Kamu bisa optimasi skill digital-mu di Gamelab dengan mengikuti Akademi Gamelab.

Kamu bisa belajar koding, kreatif & desain, bisnis & manajemen, hingga softskills. Klik di sini ya untuk bergabung dengan Akademi Gamelab!


Referensi:

  • Personal branding secrets: 7 steps to building an outstanding personal brand [1]
  • What is Personal Branding [2]
  • 5 Reasons Why Personal Branding is Important [3]
  • Personal Branding: How to Build a Personal Brand in 5 Steps [4]

Ayu Larasati

Ayu Larasati

Rabu, 21 September 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI