BERITA AKUNTANSI Lulusan SMK Jurusan Akuntansi Bisa Kerja Apa? Ini Jawabannya

Lulusan SMK Jurusan Akuntansi Bisa Kerja Apa? Ini Jawabannya

Oleh Ayu Larasati | Jumat, 30 September 2022

Lulusan SMK Jurusan Akuntansi Bisa Kerja Apa? Ini Jawabannya

Penasaran lulusan SMK jurusan akuntansi bisa kerja apa saja? Yuk simak artikel ini dan temukan jawabannya!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Kamu siswa SMK jurusan AKL? Atau, kamu lulusan SMP yang akan melanjutkan pendidikan di SMK dengan jurusan AKL? Atau, kamu lulusan SMK jurusan akuntansi yang masih bingung mau kerja apa?

Artikel ini ditujukan untukmu. Sebagai siswa jurusan AKL (Akuntansi Keuangan Lembaga), tentu kamu pernah bertanya-tanya: setelah lulus, lulusan SMK jurusan akuntansi bisa kerja apa? Apa saja pilihan karirnya?

Yuk temukan jawabannya di artikel ini. Baca artikelnya sampai akhir ya.

Keunggulan Lulusan SMK Jurusan AKL

Keungulan lulusan SMK jurusan akuntansi

Berikut beberapa keunggulan lulusan SMK jurusan AKL. Yuk disimak!

  • Peluang pekerjaan cukup banyak: peluang pekerjaan untuk lulusan SMK jurusan AKL terbuka lebar. Mengingat profesi akuntan selalu dibutuhkan di berbagai perusahaan bidang apapun.
  • Prospek karir cukup panjang: karir di bidang akuntansi dan pengelolaan keuangan adalah profesi yang selalu diperlukan tanpa melihat tren. Sampai kapanpun, setiap perusahaan selalu memerlukan orang yang bekerja di bidang keuangan/akuntansi. Inilah yang membuat prospek pekerjaan akuntansi tidak akan lekang oleh zaman.
  • Prospek gaji cukup tinggi: bisa dibilang, profesi sebagai seorang akuntan memiliki prospek gaji cukup tinggi. Apalagi, jika nantinya kamu sudah menjadi seorang akuntan senior.
  • Menjadi pribadi yang lebih teratur dan teliti: dengan menjadi siswa SMK jurusan akuntansi, kamu secara tidak langsung akan menjadi pribadi yang lebih teratur dan teliti berkat materi dan praktik yang kamu peroleh.

Pilihan Karir Lulusan SMK Jurusan AKL

Pilihan karir lulusan SMK jurusan AKL

Penasaran apa saja pilihan karir untuk SMK jurusan AKL? Berikut beberapa peluang karir yang bisa kamu peroleh jika mengambil jurusan ini.

1. Staf Akuntan

Lulusan SMK jurusan AKL memiliki peluang untuk menjadi seorang staf akuntan. Di sini, kamu memiliki tanggung jawab untuk mengelola keuangan perusahaan. Kamu harus mencatat dan memberikan laporan terkait semua transaksi, baik itu pemasukan atau pengeluaran.

2. Internal Auditor

Prospek karir lainnya untuk lulusan SMK jurusan akuntansi adalah menjadi seorang internal auditor. Tugasnya adalah melihat dan meninjau laporan keuangan serta memastikan jika tidak ada penyimpangan, termasuk juga meninjau berbagai macam alokasi dana. Selain itu, internal auditor juga harus mampu menghemat dan menekan pengeluaran.

3. Perencana Keuangan

Sesuai dengan namanya, perencana keuangan memiliki tugas untuk merencanakan anggaran sesuai dengan tujuan perusahaan. Tidak hanya itu, perencana keuangan juga memiliki tanggung jawab untuk melaporkan hal tersebut ke stakeholder terkait.

Perencana keuangan juga harus melakukan perencanaan untuk berbagai pos penting dan menyeluruh untuk semua divisi.

4. Kasir

Prospek lainnya yang bisa diambil oleh lulusan SMK jurusan akuntansi adalah sebagai kasir. Entah itu kasir restoran, toko, dan lain sebagainya. Kasir bertanggung jawab untuk menghitung dan membawa hasil penjualan. Biasanya, kasir juga bertugas memantau pengeluaran dan memastikan transaksi dengan konsumen berjalan dengan baik.

5. Teller Bank

Lulusan SMK jurusan akuntansi juga bisa bekerja sebagai teller bank, lho. Mengingat lulusan SMK jurusan ini sudah terbiasa dengan tugas-tugas seorang teller bank. Mulai dari laporan transasi, administrasi setoran, dan lain sebagainya.

6. Budgeting Staff

Kamu juga dapat bekerja sebagai budgeting staf yang bertugas dalam pengelolaan dan penyusunan laporan keuangan. Budgeting staf juga bertugas untuk mengawasi semua anggaran dan memastikan tidak ada penyalahgunaan anggaran.

7. Customer Service Bank

Walaupun tidak berhubungan dengan uang secara langsung, tetapi pengetahuanmu di bidang akuntansi bisa membantu di bidang customer service bank. Dengan kemampuanmu, kamu pastinya lebih memahami berbagai permasalahan yang ditanyakan oleh nasabah.

Baca Juga : Kunjungan Industri SMK Negeri 1 Sumberasih Kabupaten Probolinggo ke Gamelab Indonesia dan Educa Studio

Penutup

Itu dia penjelasan lengkap mengenai pilihan karir untuk lulusan SMK jurusan AKL (Akuntansi Keuangan Lembaga). Dengan banyaknya pilihan karir yang ada untuk jurusan AKL, tidak heran jika banyak yang berminat untuk mengambil jurusan ini. 

Biar makin mantap, yuk gabung dengan program Magang/PKL di Gamelab. Di sini, kamu mengoptimalkan kemampuan dan keterampilan secara maksimal. Banyak hal menyenangkan dari magang di Gamelab. Kamu bisa magang dari mana saja dan bebas memilih durasi magang.

Tertarik untuk magang di Gamelab? Klik di sini ya untuk mendaftar!


  • Kelebihan Dan Kekurangan Jurusan Akuntansi SMK [1]
  • SMK Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga : Kompetensi dan Peluang Kerjanya [2]
  • 10 Peluang Atau Prospek Kerja Akuntansi SMK Dan Gajinya [3]

Ayu Larasati

Ayu Larasati

Jumat, 30 September 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI