Saat ini dunia kerja sedang mengalami penyesuaian karena adanya perkembangan teknologi. Hal ini juga memberi pengaruh lho ke siswa SMK. Pengaruhnya apa nih ke dunia SMK? Jadi ketika dunia kerja mengalami perubahan, maka kurikulum di SMK pun ikut mengalami penyesuaian. Seperti apa perkembangannya? Yuk, kita simak pembahasan di bawah ini.
Jurusan AKL
Akuntansi adalah segala proses yang berhubungan dengan transaksi keuangan. Transaksi keuangan tersebut antara lain adalah mencatat, mengelompokkan, mengolah, menyajikan data yang berhubungan dengan keuangan. Dari informasi yang ada tersebut akan dihasilkan laporan keuangan yang akurat dan bisa menjadi bahan untuk mengambil suatu keputusan.
SMK Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) akan membekali siswa dengan kompetensi dalam mengelola seluruh transaksi keuangan. Materi apa saja yang dipelajari di SMK Jurusan AKL dan bagaimana peluang kerja bagi para lulusannya? Untuk tahu lebih lanjut, silakan simak artikel ini.
Artikel lengkap terkait OTKP bisa dibaca di sini SMK Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga : Kompetensi dan Peluang Kerjanya |
Kegiatan PKL AKL
Para siswa jurusan AKL akan mempraktikkan secara langsung teori-teori yang sudah mereka dapatkan di sekolah. Harapannya kegiatan Prakerin ini dapat meningkatkan mutu para siswa dan sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja.
PKL adalah praktek kerja lapangan yang penting dan wajib diikuti oleh siswa SMK. Dulunya disebut dengan nama PRAKERIN (Praktek Kerja Industri). Tujuannya adalah memberikan pengalaman kerja langsung dan memenuhi hal-hal yang belum terpenuhi di sekolah agar standar kompetensi lulusan dapat tercapai.
Maksud adanya kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah untuk mencari pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya. Adapun sebenarnya juga menjadi syarat kelulusan juga lho teman-teman. Kegiatan PKL SMK AKL di Gamelab Indonesia adalah sebagai berikut:
- Tahap Pertama (biasanya bulan pertama) peserta akan kami berikan pelatihan. Pelatihan meliputi akuntansi dasar, akuntansi biaya dan akuntansi perpajakan (tergantung lama program). Di sini kamu bakalan dapat Sertifikat Kompetensi juga lho. Seru kan?
- Tahap Kedua, setelah mendapatkan pelatihan peserta akan kami berikan proyek. Proyek ini menjadi bagian dari Project-based Learning (pembelajaran berbasis proyek) sehingga kamu akan mendapatkan pengalaman kerja sekaligus portofolio. Kami berharap peserta PKL di Gamelab nantinya bisa lebih cepat dapat tempat kerja.
PKL di Masa Pandemi
PKL di masa pandemi dilakukan secara online. Bapak/Ibu guru, orang tua dan kamu tidak perlu khawatir, PKL secara online itu banyak benefitnya juga lho. Berikut benefit tidak langsungnya:
- Tidak perlu bayar kos dan transportasi harian
- Tidak perlu mengeluarkan uang makan dan jajan
- Cukup sediakan niat, waktu (komitmen) dan paket data (internet)
Apalagi Gamelab Indonesia adalah perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 2011 dan berpengalaman di bidang pendidikan dan pelatihan online. Baca lengkapnya di bawah ini ya.
Baca Juga : Ciptakan Lulusan Kompeten, SMK Binaan Gamelab dan SMKN 1 Bakauheni Jalin Kerja Sama
PKL di Gamelab Indonesia
Gamelab Indonesia yang merupakan bagian dari Educa Studio (PT Educa Sisfomedia Indonesia) telah melakukan riset selama 3 tahun (2017 - 2019) untuk menghadirkan proses pelatihan dan transfer knowledge secara online. Pertengahan tahun 2019 situs www.gamelab.id telah memasuki tahap matang dan siap digunakan untuk seluruh Indonesia.
Melalui situs Gamelab, pelatihan dan magang dapat dilakukan secara online. Platform yang sudah tervalidasi ini menghadirkan setidaknya 3 tahapan penting untuk siswa SMK yaitu submission (pendaftaran), training (pelatihan) dan project-based learning (magang).
Siswa SMK yang magang dan PKL akan mendapatkan:
- Bimbingan dan Pelatihan
- Studi Kasus Nyata (Proyek)
- Sertifikat Kompetensi Lulusan
- Sertifikat Magang dan
- Surat Bukti Magang.
Banyak sekali ya benefitnya. Sudah ratusan SMK dan perguruan tinggi telah magang di Gamelab Indonesia. Jadi, segera lakukan pendaftaran di sini ya: Pendaftaran PKL SMK Gamelab Indonesia.