BERITA TIPS MAGANG & KARIER Ini 5 Tanda Orang Punya Growth Mindset, Apakah Kamu Salah Satunya?

Ini 5 Tanda Orang Punya Growth Mindset, Apakah Kamu Salah Satunya?

Oleh Ayu Larasati | Kamis, 6 Oktober 2022

Ini 5 Tanda Orang Punya Growth Mindset, Apakah Kamu Salah Satunya?

Growth mindset adalah pola pikir yang harus kamu miliki jika ingin sukses. Lalu, apa saja tanda orang yang memiliki growth mindset?

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Setiap orang tentu mempunyai pola pikir atau mindset yang berbeda. Mindset seseorang dipengaruhi oleh tingkat pendidikan, pengalaman hidup, pola asuh, dan berbagai faktor lain. Mindset adalah sesuatu yang masih dapat diasah.

Pola pikir berpengaruh pada kebiasaan seseorang tiap harinya. Sedangkan kebiasaan berpengaruh pada tingkat kesuksesan seseorang.

Nah, apakah kamu pernah mendengar istilah growth mindset? Pola pikir ini perlu kamu miliki jika kamu ingin menjadi orang yang sukses. Growth mindset acapkali disandingkan dengan fixed mindset.

Lalu, apa itu growth mindset? Apa saja tanda-tanda orang yang memiliki growth mindset? Apa perbedaannya dengan fixed mindset?

Yuk, simak penjelasan lengkapnya dari Gamelab berikut ini.

Apa itu Growth Mindset?

Apa itu growth mindset?

Istilah growth mindset dan fixed mindset pertama kali diperkenalkan oleh Carol Dweck, seorang profesor bidang psikologi yang mengajar di Stanford University. Dalam buku berjudul Mindset The New Psychology of Success, Dweck menjelaskan kedua pola pikir tersebut.

Growth Mindset atau pola pikir yang berkembang adalah pola pikir seseorang yang menganggap bahwa bakat atau kemampuan dapat dikembangkan. Artinya, orang dengan pola pikir ini mampu menerima perubahan untuk tujuan yang lebih baik.

Sedangkan fixed mindset memiliki arti pola pikir tetap. Orang dengan pola pikir ini menganggap bahwa kecerdasan atau bakat adalah sifat yang sudah tetap dan tidak dapat berubah. Mereka yang memiliki fixed mindset cenderung kurang bisa melakukan hal-hal yang berpengaruh positif pada diri mereka.

Tanda-Tanda Orang dengan Growth Mindset

Berikut beberapa tanda orang dengan growth mindset. Apakah kamu salah satunya?

1. Selalu Ingin Belajar Hal Baru

Salah satu ciri yang dimiliki orang dengan growth mindset adalah mereka selalu ingin mempelajari hal baru. Tujuannya untuk menambah ilmu, wawasan, dan keterampilan yang mereka miliki. Selain itu, mereka juga bersemangat untuk mengembangkan potensi dan bakat di dalam diri mereka.

Selalu belajar hal baru tentu dapat mengembangkan berbagai skill baru pula, yang berguna untuk mengembangkan karier yang kamu impikan.

2. Menganggap Tantangan sebagai Cara untuk Bertumbuh

Tidak hanya gemar belajar hal baru, orang dengan growth mindset juga menganggap bahwa tantangan adalah sarana mereka untuk bertumbuh. Alih-alih menganggap tantangan sebagai hambatan, mereka justru antusias dalam menyambut tantangan. Di situasi yang sulit sekalipun, mereka cenderung bertahan dan tidak menyerah. Inilah yang membuat mental mereka menjadi makin kuat.

3. Menjadikan Kegagalan sebagai Pembelajaran

Kegagalan adalah salah satu hal yang tidak dapat dihindari dalam hidup. Apabila kamu ingin sukses, barangkali kamu harus melewati kegagalan. Orang dengan growth mindset tidak menghabiskan banyak waktu untuk meratapi kegagalan.

Mereka dapat mengambil pelajaran dari kegagalan yang dialami. Oleh karenanya, mereka tidak akan mudah menyerah saat gagal dan mencoba untuk kembali bangkit. Mereka memiliki perspektif yang luas dan berpikir bahwa kegagalan adalah salah satu batu loncatan yang harus dilalui untuk meraih impian.

4. Bersedia Menerima Saran dan Kritik

Tanda orang yang memiliki growth mindset adalah mampu menerima kritik dan saran yang dapat membangun mereka. Mereka berpikir bahwa kritikan adalah salah satu cara untuk belajar menjadi versi yang lebih baik lagi. Dengan growth mindset, kamu bersedia menerima kritikan dan menganggapnya sebagai caramu untuk bertumbuh serta mengetahui kekuranganmu.

Sedangkan orang yang memiliki pola pikir fixed mindset cenderung menganggap diri mereka paling benar. Sehingga, mereka enggan menerima saran dan kritik.

5. Fokus pada Proses

Untuk mencapai kesuksesan, setiap orang harus melalui sebuah proses yang panjang. Tidak hanya berfokus pada hasil, orang dengan growth mindset cenderung lebih fokus pada proses yang sedang dijalani.

Mereka fokus pada upaya yang mereka jalani dan tidak membandingkan pencapaian mereka dengan orang lain. Mereka juga tidak merasa insecure melihat proses orang lain yang terlihat cepat, sebab mereka memiliki keyakinan bahwa kesuksesan juga akan mereka raih di waktu yang tepat.

Baca Juga : Raih Masa Depan Gemilang: Temukan Peluang Karier Terbaik di GAMELAB.ID

Penutup

Itu dia tanda-tanda orang dengan growth mindset. Apakah kamu memiliki tanda-tanda tersebut? Jika iya, artinya kamu orang yang memiliki peluang untuk terus berkembang dan meraih kesuksesan.

Yuk, raih impian dan kesuksesanmu bersama Gamelab. Kamu bisa belajar hal baru, mulai dari IT, data, coding, desain & kreatif, bisnis & administrasi, hingga soft skills di Akademi Gamelab.

Dengan pembelajaran yang fleksibel dan materi pembelajaran dari profesional, kamu bisa meningkatkan pengetahuan dan skill yang kamu miliki, sehingga dapat memiliki karier yang cemerlang. Klik di sini untuk bergabung dengan Akademi Gamelab!


Referensi:

  • 15 Signs a Person Has a Growth Mindset [1]
  • 8 Signs You Have A Growth Mindset That Makes You Mentally Stronger [2]

Ayu Larasati

Ayu Larasati

Kamis, 6 Oktober 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI