BERITA SMK 7 Alasan Mengapa Kamu Harus Masuk SMK

7 Alasan Mengapa Kamu Harus Masuk SMK

Oleh Ayu Larasati | Rabu, 19 Oktober 2022

7 Alasan Mengapa Kamu Harus Masuk SMK

Ingin melanjutkan sekolah ke SMK, tapi masih ragu? Inilah 7 alasan, mengapa kamu harus masuk SMK!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Kamu baru lulus SMP dan masih bingung harus melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya? Jika iya, tidak ada salahnya untuk melanjutkan pendidikan ke SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Apalagi, jika kamu punya cita-cita ingin segera bekerja.

Lalu, apa saja, sih keunggulan sekolah di SMK? Ini dia beberapa keunggulan SMK yang bisa menjadi alasan kuat, mengapa kamu harus melanjutkan pendidikan di sana. Check it out!

Alasan Mengapa Kamu Harus Masuk SMK

Alasan kenapa kamu harus masuk SMK

Banyak sekali keunggulan yang dimiliki oleh SMK. Berikut di antaranya:

1. Pilihan Jurusan yang Beragam

Di SMK, terdapat beragam pilihan jurusan yang bisa kamu pilih. Kamu dapat memilih jurusan yang sesuai dengan passion dan keinginanmu. Kamu yang sudah mantap untuk memilih sebuah jurusan, bisa mendalami bidang tersebut karena pendidikan di SMK lebih berfokus pada keahlian praktikal yang sangat dibutuhkan di dunia industri.

2. Fokus pada Bidang Tertentu

Dengan bersekolah di SMK, kamu bisa belajar secara fokus untuk menguasai bidang tertentu. Hal ini menjadi keunggulan tersendiri yang dimiliki oleh SMK. Kamu tidak perlu bingung dengan banyak keilmuan yang harus dipelajari, sebab kamu lebih fokus untuk mempelajari keterampilan dalam bidang tertentu secara maksimal.

3. Lebih Praktikal

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pembelajaran di SMK cenderung lebih praktikal. Itulah mengapa, SMK cocok untukmu yang kurang menyukai teori dan lebih suka praktik, mengingat di SMK lebih banyak pembelajaran praktik dibandingkan teori.

4. Dilengkapi dengan Link and Match

Di SMK, terdapat  pembelajaran dengan wawasan link and match.

Link and match memiliki arti menghubungkan dunia pendidikan vokasi dengan dunia industri/kerja. Hal ini bertujuan agar lulusan SMK memiliki keterampilan kerja sesuai dengan kebutuhan industri.

Selain itu, dengan link and match, lulusan SMK juga bisa mendapatkan pengalaman yang mumpuni. Terlebih dengan pengalaman magang dan kelas industri, lulusan SMK bisa lebih mudah memasuki dunia kerja.

5. Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)

 Salah satu ciri khas dari SMK adalah Pembelajaran Berbasis Proyek atau lebih dikenal dengan Project Based Learning. Metode pembelajaran ini diterapkan di SMK, terutama saat pelaksanaan program PKL (Praktik Kerja Lapangan) atau magang.

PKL adalah kegiatan praktik yang dilaksanakan oleh siswa SMK selama beberapa bulan. Program ini dilaksanakan langsung di perusahaan atau industri, misalnya di Gamelab Indonesia.

Dari kegiatan PKL tersebut, siswa bisa mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan bidang kompetensi yang diambil. Apalagi, siswa SMK juga bisa belajar mengerjakan proyek nyata di dunia industri.

Selain itu, siswa SMK juga dapat mengikuti Teaching Factory (TeFa) yang merupakan konsep pembelajaran di SMK berbasis produksi atau jasa dengan acuan standar dan prosedur yang dijalankan di industri. Dengan demikian, siswa SMK dapat memperoleh pengalaman belajar yang relevan.

6. Lulusan Siap Kerja

Melalui pembelajaran di SMK, siswa disiapkan untuk menjadi lulusan siap kerja. Siswa akan dibekali dengan berbagai keterampilan khusus yang sesuai dengan program keahlian yang didalami. Porsi kegiatan praktik yang lebih besar atau lebih banyak, menjadikan siswa SMK lebih terampil dalam bidangnya.

7. Peluang Kerja dan Wirausaha Lebih Besar

Umumnya, setiap SMK telah menjalin kerja sama dengan perusahaan yang sesuai dengan bidang kompetensi yang ada pada SMK tersebut. Kerja sama tersebut berupa pelaksanaan program PKL/magang, Kelas Industri, TeFa, hingga Kunjungan Industri. Biasanya, siswa yang memiliki kinerja yang baik bisa direkrut oleh perusahaan tersebut.

Tidak hanya difokuskan untuk bekerja, SMK juga mempunyai program BMW (Bekerja, Melanjutkan, dan Wirausaha). Artinya, siswa tidak hanya dibekali keterampilan untuk bekerja, tetapi juga diberi bekal, agar nantinya lulusan SMK dapat berwirausaha atau melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi. Dengan berwirausaha, lulusan SMK dapat membuka lapangan kerja baru yang tentunya bermanfaat bagi banyak orang.

Baca Juga : SMK Delta Presiden Kunjungan Industri ke GAMELAB untuk Mendapatkan Materi yang Relevan Industri

Tips Memilih Tempat Magang untuk Siswa SMK

Saat menjadi siswa SMK, tentu kamu diwajibkan untuk mengikuti magang atau PKL. Nah, pastikan kamu memilih tempat magang yang sesuai dengan bidang kompetensi yang kamu pelajari di SMK. Selain itu, kamu juga harus memilih perusahaan yang kredibel agar pengalaman magang makin bermakna.

Nah, salah satu tempat terbaik untuk magang adalah Gamelab Indonesia. Di sini, kamu bisa melaksanakan magang jarak jauh dan bebas memilih durasi magang. Bidang kompetensi yang ada di Gamelab juga sangat beragam, mulai dari Programming, Art & Illustration, 3D Creation, Akuntansi & Keuangan, Sales & Marketing, Video & Animation, Quality Assurance, hingga Bahasa dan Sastra.

Tertarik untuk magang di Gamelab? Klik di sini, ya, untuk mendaftar!


Referensi:

  • Ini Alasan Kamu Sebaiknya Masuk SMK! [1]
  • Magang di Gamelab [2]
  • Mengenal Link and Match 8+i: Rumus untuk Mendorong Kualitas Lulusan Vokasi [3]
  • Teaching Factory 101: Panduan Lengkap Mengenal Program Teaching Factory (TeFa) [4]

Ayu Larasati

Ayu Larasati

Rabu, 19 Oktober 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI