BERITA KARIR Jobseeker Harus Tahu, Ini Perbedaan Interview HRD dan Interview User

Jobseeker Harus Tahu, Ini Perbedaan Interview HRD dan Interview User

Oleh Ayu Larasati | Senin, 24 Oktober 2022

Jobseeker Harus Tahu, Ini Perbedaan Interview HRD dan Interview User

Banyak pencari kerja yang belum tahu perbedaan interview HRD dan user. Padahal, hal ini penting untuk diketahui. Yuk, simak perbedaannya di artikel ini!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Bagi jobseekers, penting sekali untuk mengetahui perbedaan interview HRD dan user, mengingat kedua tahapan wawancara tersebut akan dilalui ketika kamu melamar kerja.

Dengan mengenali perbedaan interview HRD dan user, kamu jadi lebih siap dalam menghadapi prosesnya. Proses interview sendiri adalah salah satu penentu, apakah kamu diterima atau tidak di posisi yang kamu incar.

Yuk, simak perbedaan interview HRD dan user di artikel ini!

Pengertian Interview HRD dan User

Pengertian interview user dan hrd

Sebelum membahas perbedaan interview HRD dan user, mari kita ketahui definisi keduanya terlebih dahulu.

Interview HRD adalah tahapan wawancara antara kandidat dengan HRD, yang dilakukan secara daring ataupun secara langsung. Dalam tahapan ini, HR akan menilai kelayakan kandidat berdasarkan hasil wawancara secara umum.

Lalu, apa itu interview user? Interview user adalah tahap wawancara yang dilakukan oleh atasan pada kandidat karyawan secara langsung. Tahapan ini dilaksanakan jika kamu sudah lolos dalam tahapan interview HRD.

Berbeda dengan interview HRD yang hanya menilai calon karyawan secara umum, pada tahapan ini, wawancara dilaksanakan untuk menguji, apakah kamu sudah memenuhi kualifikasi atau belum. Artinya, kemampuan teknis (skill) yang kamu miliki akan digali dan dicocokkan dengan CV. Wawancara ini dilaksanakan dengan calon atasan yang nantinya akan bekerja denganmu. Atasan ini bisa seorang manajer, associate, atau VP (Vice President).

Perbedaan Interview HRD dan User

Perbedaan interview hrd dan user

Berikut beberapa perbedaan interview HRD dan user yang perlu kamu pahami.

1. Pewawancara

Untuk interview HRD, sesuai namanya, wawancara ini dilaksanakan oleh seorang HR.

Sedangkan interview user dilaksanakan oleh user, yang dapat beragam jumlahnya, karena komposisi manajerial setiap perusahaan bervariasi.

Meski demikan, umumnya terdapat 1-3 orang user yang ikut serta dalam tahap wawancara ini. Setiap user akan menggali informasi mengenai kemampuan teknis atau skill yang kamu miliki, dan berkaitan dengan pekerjaan yang nantinya akan kamu jalani.

2. Waktu Wawancara

Perbedaan kedua antara interview HRD dan user adalah urutan waktu wawancaranya. Biasanya, interview HRD dilakukan setelah kandidat melewati tahapan screening awal.

Tidak hanya itu, kadang pelamar juga harus melewati psikotes sebelum melalui tahap wawancara. Psikotes ini bertujuan agar pihak perusahaan mengetahui kepribadian dan sikap pelamar.

Sedangkan interview user adalah tahapan wawancara terakhir. Dengan kata lain, kamu adalah kandidat yang dipertimbangkan secara serius oleh pihak perusahaan, apabila kamu sudah masuk ke tahapan ini.

3. Tujuan

Interview HRD bertujuan agar pihak HRD dapat melakukan penilaian terhadap kelebihan, kekurangan, dan kemampuan kandidat dalam menjalani posisi pekerjaan yang sedang dibuka.

Sedangkan interview user tidak lagi untuk menilai kepribadian. Melainkan untuk mengetahui potensi dan skill yang kamu miliki untuk posisi pekerjaan tersebut, sebab user harus tahu, apakah kompetensi yang kamu miliki sesuai dengan yang perusahaan butuhkan.

4. Jenis Pertanyaan

Interview HRD dan user juga memiliki perbedaan pada jenis pertanyaan.

Pada interview HRD, kamu akan ditanya beberapa hal berikut.

  • Pengetahuan dasar mengenai posisi pekerjaan yang dilamar.
  • Pengalaman kerja sebelumnya yang relevan.
  • Latar belakang, kepribadian, dan kesesuaian riwayat hidup.
  • Kesanggupan untuk mulai bekerja dan ekspektasi gaji.

Sedangkan dalam wawancara user, gambaran pertanyaan umumnya adalah sebagai berikut.

  • Pengetahuan teknis secara detail mengenai posisi pekerjaan yang kamu lamar.
  • Skill dan pengetahuan yang kamu peroleh dari pengalaman sebelumnya.
  • Hipotesis atau case study mengenai kondisi tertentu di pekerjaan. Kamu akan diminta untuk memberikan pendapat mengenai cara mengatasi masalah tersebut.
  • Hambatan atau pencapaian yang sudah kamu capai di pengalaman kerja sebelumnya.

5. Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan

Untuk interview HRD, kamu perlu menyiapkan diri dengan menguasai isi resume dan CV-mu. Pastikan jawabanmu konsisten dan sesuai. Kamu juga harus mempelajari perusahaan dan posisi pekerjaan yang kamu lamar.

Selain itu, untuk interview user, pastikan kamu menyiapkan pengetahuan teknis secara mendalam.

Baca Juga : Ketahui Jenis Interview Kerja, Beserta Tips agar Lolos Perusahaan Ternama!

Penutup

Jadi, sekarang kamu sudah tahu, kan, apa bedanya interview HRD dan user? Semoga penjelasan di artikel ini membantumu untuk mempersiapkan wawancara kerja, ya!

Agar makin siap untuk meraih pekerjaan impianmu, yuk, optimasi skill kamu di Akademi Gamelab. Kamu bisa belajar dan meningkatkan skill di bidang IT, Koding dan Data, Kreatif dan Desain, Bisnis dan Manajemen, hingga Soft skills. Klik di sini untuk memilih kelas favoritmu di Akademi Gamelab!


Referensi:

  • The Differences Between HR and User Interview [1]
  • How to Prepare for HR Interviews [2]
  • 5 Perbedaan Interview HRD dan User, Ketahui agar Siap Hadapi Keduanya [3]

Ayu Larasati

Ayu Larasati

Senin, 24 Oktober 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI