BERITA KARIR Agar Tidak Grogi Saat Wawancara Kerja, Begini Tipsnya!

Agar Tidak Grogi Saat Wawancara Kerja, Begini Tipsnya!

Agar Tidak Grogi Saat Wawancara Kerja, Begini Tipsnya!

Merasa grogi saat akan wawancara kerja? Wajar kok! Begini cara mengatasinya. Simak baik-baik ya.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Merasa gugup saat wawancara kerja merupakan hal yang wajar dirasakan oleh semua orang. Walaupun begitu, tetap ada cara untuk mengatasinya agar rasa nervous dan grogi tersebut diminimalisir dan wawancara bisa berjalan lancar.

Lantas, bagaimana cara mengatasi rasa grogi saat interview kerja?

Cara Mengatasi Grogi Saat Wawancara Kerja

Mempersiapkan diri sebaik mungkin

Sebelum menghadiri wawancara kerja, kamu perlu mencari tahu informasi yang berkaitan dengan perusahaan yang kamu lamar. Cari tahu apa saja produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan tersebut, bagaimana budaya kerja mereka, misi perusahaan, dan kompetitor perusahaan tersebut.

Mengetahui berbagai informasi tersebut tentu akan membantumu lebih percaya diri saat interview kerja. Pasalnya, ketika nantinya kamu ditanyai mengenai perusahaan, setidaknya kamu sudah mempunyai sedikit gambaran tentang perusahaan tersebut.

Buat daftar pertanyaan yang mungkin ditanyakan

Menjadi salah satu bagian mempersiapkan diri untuk wawancara, membuat daftar pertanyaan yang mungkin ditanyakan sangatlah penting. Kamu dapat mencari beberapa pertanyaan yang biasa diajukan oleh pewawancara. Contohnya bisa kamu lihat di artikel yang sudah dirangkum Gamelab di sini.

Dengan begitu, kamu bisa jadi lebih siap dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan wawancara.

Perbanyak latihan

Agar makin percaya diri dan tidak grogi, ada baiknya kamu juga memperbanyak latihan. Kamu bisa meminta tolong pada teman agar mereka berpura-pura menjadi pewawancara berdasarkan daftar pertanyaan yang sudah kamu susun tadi. Atau, kalau tidak, kamu bisa latihan berbicara di depan cermin sambil melatih ekspresi wajah.

Ada baiknya kamu tidak menghafal jawaban yang sebelumnya sudah kamu siapkan. Pasalnya, jika dihafal, ada kemungkinan kamu akan lupa dan justru membuatmu makin gugup. Maka, sebaiknya kamu membagi informasi ke dalam beberapa poin penting. Dengan begitu, kamu akan terlihat lebih siap dan alami saat menjawabnya.

Tetap tenang dan berpikir positif

Kunci agar tetap tenang saat interview kerja adalah tetap berpikir positif dan tenang. Pikirkan hal-hal baik agar kamu bisa tenang dan tidak grogi.

Misalnya, kamu bisa coba memikirkan hal-hal yang membuatmu merasa senang. Agar lebih rileks, kamu juga bisa mengobrol dengan teman atau keluarga supaya mendapatkan dukungan.

Hindari berpikiran negatif karena akan membuatmu makin gelisah dan grogi. Kalau kamu memang tipe orang yang gampang grogi, kamu bisa latihan pernapasan. Jadi, saat kamu mulai merasa gelisah dan cemas, kamu dapat mencoba fokus pada napas.

Tarik napas yang dalam beberapa kali untuk menenangkan dan memusatkan pikiran. Lakukan ini saat kamu merasa cemas saat akan melakukan wawancara.

Datang lebih awal

Daripada datang terburu-buru dan membuat pikiran tidak fokus, lebih baik kamu datang lebih awal. Tentu hal itu akan memberikan kesan yang baik pada pihak pewawancara.

Secara lebih spesifik, disarankan untuk datang ke tempat wawancara 15-30 menit lebih awal. Jadi, kamu punya waktu lebih untuk menenangkan diri dan meredam rasa grogi.

Agar makin percaya diri, pakailah pakaian yang sopan dan rapi. Jika memang pihak perusahaan memberikan ketentuan tertentu untuk pakaian, kamu bisa mengikuti ketentuan tersebut.

Fokus pada tujuan dan kelebihanmu

Rasa cemas membuatmu terlihat ragu-ragu. Maka, fokuslah pada tujuan dan kelebihanmu. Dengan mengetahui kelebihanmu, kamu akan lebih percaya diri dan siap menghadapi wawancara kerja yang akan kamu ikuti.

Baca Juga : Tips Sukses Interview Melalui Vidio Conference

Kiat Agar Mudah Mendapatkan Pekerjaan

Itu dia beberapa cara jitu mengatasi rasa grogi saat interview dari Gamelab. Lakukan yang terbaik saat interview agar kamu bisa mendapatkan pekerjaan impianmu.

Agar makin mudah mendapatkan pekerjaan, kamu bisa meningkatkan skill di Gamelab. Misalnya, kamu bisa meningkatkan skill bahasa Inggrismu secara GRATIS di Gamelab dengan kelas “Belajar Bahasa Inggris Dasar”. Tertarik untuk bergabung dengan kelasnya? Daftar di sini sekarang juga!

 

 


Referensi:

https://www.cermati.com/artikel/tips-mengatasi-rasa-gugup-saat-interview-kerja 

https://glints.com/id/lowongan/cara-mengatasi-mengatasi-grogi-saat-interview/#.YkJtyzUxVPY 


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Selasa, 29 Maret 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI