BERITA KARIR Tips Sukses Interview Melalui Vidio Conference

Tips Sukses Interview Melalui Vidio Conference

Oleh Fauzia Eka Setianingrum | Jumat, 25 September 2020

Tips Sukses Interview Melalui Vidio Conference

Melakukan interview melalui vidio conference atau vido call, kini sudah tidak asing adanya. Tidak hanya dikarena adanya pandemi saat ini, namun ada bebrapa faktor mengapa interview kerja dilakukan melalui vidio converence.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Melalui tahapan interview sebelum menempati posisi kerja pasti akan dilewati untuk setiap pelamar pekerjaan di suatu perusahaan yang di tuju. Dalam rekrutmen pekerjaan sendiri, tahapan seleksi salah satunya berupa interview atau wawancara. Dalam tahapan interview kerja, sebenarnya akan memberikan kesempatan bagi para pelamar untuk mengubah lamaran menjadi kesempatan kerja.

Namun, kadang kala wawancara tak selalu menggunakan metode tatap muka. Jadwal user perusahaan yang padat, atau mungkin lokasinya berada sperti di luar kota bahkan hingga luar negeri, belum lagi dengan adanya pandemi saat ini. Maka dengan begitu memungkinkan adanya wawancara secara daring melalui sambungan video conference (video call). 

Baca Juga : Ketahui Jenis Interview Kerja, Beserta Tips agar Lolos Perusahaan Ternama!

Tips Sukses Interview Melalui Vidio Confrence

Agar tahapan interview melalui daring ini berjalan sukses, maka di perlukan adanya persiapan sebelumnya, guna terhindar dari kemungkinan yang tidak di harapkan. Sehingga nantinya tidak akan mempengaruhi hasih yang tidak di harapkan dari rekrutmen. Berikut adalah bebrapa tips sukses yang bisa di persiapkan sebelum melakukan interview secara daring, diantaranya yaitu :

1. Lakukan Riset

Sebelum melanjutkan ke tahap interview, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu guna mengetahui informasi yang ada di perusahaan yang di tuju. Pastikan kamu paham dengan perusahaan yang di minati dan juga posisi kerja yang nanti akan ditempati. Dengan begitu saat rekrutmen menanyakan tentang apa yang di ketahui tenang perusahaan  yang sendang menginterview, kamu tidak akan kesusahan untuk menjawab  karna kita sudah memahaminya karen telah melakukan riset sebelumnya.

2. Sipkan Lokasi Terbaik

Pemilihan lokasi ini juga sangat penting adanya sebaiknya carilah tempat yang sepi, tenang, dan jauh dari kemungkinan interupsi dari orang lain. Hal ini penting, demi menghindari adanya gangguan berupa kata-kata maupun visual yang berpotensi mengganggu jalannya wawancara, seperti suara, teriakan, hingga penampakan orang lain yang lewat.

Perhatikan background yang Anda tempati agar tidak mengganggu atau berpotensi mendistraksi, seperti gambar-gambar yang terlalu heboh, dan sebagaianya. Lebih direkomendasi memakai background lokasi yang polos atau satu warna saja.

3. Pastikan Perangkat dan Jaringan dal Kondisi Stabil

Kelancaran perangkat dan juga perlu di perhatikan, terkadang salah satu kelemahan wawancara kerja melalui video call adalah soal jaringan internet. Karena tak ada yang bisa menjamin bahwa internet dapat berjalan dengan baik setiap waktunya meski kamu sudah berlangganan dengan kecepatan tinggi.

Paling tidak, kamu bisa memastikan sebelum wawancara kerja apakah jaringannya sedang stabil atau tidak, kalau tidak, coba kamu bisa pindah ke tempat lain yang memiliki jaringan lebih baik.

4. Perhatikan Posisi Tubuh Saat Melangsungkan Interview

Body Language atau bahasa tubuh menjadi salah satu penilaian yang dilakukan oleh HRD/Rekrutmen untuk memastikan orang yang mereka rekrut adalah orang terbaik. Pewawancara biasanya lebih tertarik dengan kandidat yang duduk dengan tegap dan penuh percaya diri. dan pastikan untuk melihat kearah kamera, karena tatapan mata saat interview merupakan hal yang menjadi pertimbangan, tak terkecuali untuk wawancara kerja via daring. Yang perlu kamu lakukan adalah tatap lensa kamera, jangan menatap ke layar.

5. Berpenampilan Rapi

Berpenampilan rapi dan terlihat bersih juga sama pentingnya saat dengan point-point di atas, meskipun hanya melalu interview secara daring. Pastikan untuk berpakaian formal dan sopan. Karena itu juga akan menambah pont penilaian saat intervie.

Sumber :


Fauzia Eka Setianingrum

Fauzia Eka Setianingrum

Jumat, 25 September 2020

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI