BERITA TUTORIAL Tips Menjaga Laptop Agar Tetap Awet dan Bersih

Tips Menjaga Laptop Agar Tetap Awet dan Bersih


#kesehatan hardware laptop #info laptop #teknologi masa kini
Tips Menjaga Laptop Agar Tetap Awet dan Bersih

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, desain, coding, 3D artwork, art dan illustrasi dan digital music hanya di GAMELAB.ID!

PC atau Laptop merupakan salah satu hal yang penting khususnya bagi para pelajar yang saat ini tengah menekuni dunia pendidikan. Terutama untuk menunjang industri 4.0 ini penggunaan laptop sudah menjadi suatu hal yang wajar. Lalu bagaimanakah agar laptop kita tetap terawat dan bisa awat hingga lama? Pada artikel ini akan dipaparkan cara merawat laptop dan caranya untuk membersihkan layar laptop yang kotor, sehingga kita bisa menggunakan laptop dengan lebih nyaman.

1. Jangan Bermain Game Berat Terlalu Lama

Bermain game berat secara terus-menerus merupakan penyebab paling banyak dari kerusakan laptop. Seperti bermain game GTA V, WatchDogs, PES 2019, dsb. Jika terlalu dipaksakan maka laptop bisa saja overheat. Di mana jika dibiarkan terus-menerus akan terjadi kegosongan pada hardware laptop.

2. Jauhkan Dari Sesuatu Yang Basah

Jika laptop terkena air atau kemasukan air maka akan terjadi konsleting karena air terdapat kandungan mineral yang mengakibatkan korosi pada bagian-bagian tertentu. Maka dari itu, jauhkan air dari laptop maupun barang-barang elektronik.

3. Jangan Dipakai Di Atas Kasur

Kebanyakan orang menggunakan laptop pada kasur ataupun di bantal. Jika terjadi terus-menerus maka akan terjadi terhambatnya sirkulasi udara di dalam laptop yang dapat mengakibatkan overheat seperti di poin sebelumnya.

4. Jangan Memindahkan Laptop Sewaktu Hidup

Tanpa disadari, banyak orang yang memindahkan laptop dengan kondisi yang masih hidup.  Laptop menyala sudah pasti hardisknya juga berputar. Ketika piringan hardisk berputar, kalau digerakkan pasti piringannya juga akan berubah kemiringanya.

Dan pastinya bakal terjadi goresan pada piringan hardisk. Jika hal ini terjadi terus-menerus maka akan terjadi hardisk lemot ( bad sector )

5. Jangan Langsung Menutup LCD setelah Dimatikan dan Pada Saat Hidup

Ketika laptop baru dimatikan, maka panas yang dihasilkan laptop tersebut belum hilang dan jika kita langsung menutup layar laptop ketika masih hidup karena itu sangat berbahaya bagi hardisk laptop. Semula hardisk berputar sangat cepat tiba-tiba langsung berhenti, maka itu bisa membuat hardisk cepat rusak.

6. Install Software yang Diperlukan Saja

Tidak terlalu penting, tetapi di install. Dipakai cuma sekali saja, setelah proses instalasi. Setelah itu tidak pernah dipakai lagi.

Aplikasi ini tadi bakalan membebani proses yang berjalan. Akibatnya, ketika kita menjalankan suatu aplikasi akan terasa lebih lambat dari sebelumnya. Untuk itu, sebelum laptop menjadi lebih parah semisal hang dan frezze mulai sekarang hapus semua aplikasi yang sekiranya jarang dipakai.

Setelah mengetahui cara menjaga laptop secara menyeluruh, berikutnya kita akan memberikan tips untuk membersihkan layar laptop yang kotor. Layar laptop yang kotor tentunya tidak nyaman untuk dilihat bukan? Bagi kamu yang merasa bingung, berikut ini kami tips mudah untuk membersihkan layar laptop, sebagaimana dikutip dari Tech Radar.

1. Pakai Kain Mikrofiber

Pastikan kamu memilih atau membeli kain mikrofiber yang dirancang khusus untuk membersihkan kacamata atau lensa kamera.
Sebelum mulai membersihkan layar, matikan terlebih dahulu supaya debu yang menempel di layar laptop mudah terlihat.

Usahakan untuk mengusap ke satu arah dan jangan menekan layar terlalu keras. Hindari mengusap layar dengan gerakan melingkar, karena hal ini rentan membuat layar tergores.

2. Pakai Spon Lembab

Jika menggunakan kain mikrofiber layar laptop kamu masih belum bersih, alat lain yang dapat digunakan adalah spon lembab.

Untuk hal ini, kamu membutuhkan cairan yang dibuat dengan mencampurkan air dan cuka putih. Atau kamu bisa beli cairan pembersih khusus yang dijual secara botolan.

Seperti cara pertama, pastikan kamu sudah mematikan laptop dan tidak terhubung ke stop kontak listrik. Jika memungkinkan, ada baiknya kamu mencabut baterai dari laptop.

Tunggu hingga layar benar-benar kering sebelum memakai laptop.

Setelah itu, basahi spon dengan cairan yang telah dibeli tersebut dan peras hingga tidak ada tetesan yang keluar. Usap layar secara perlahan yang di area kotor dengan spon.

3. Gunakan Lap Kering Untuk Membersihkan Pembersih Debu

Usahakan untuk membersihkan layar laptop dengan perlahan dan hindari tekanan berlebih terhadap layar tersebut karena bisa meninggalkan goresan atau konsleting karena tekanan dari jari tersebut.

4. Gunakan kain Lembut

Pastikan juga kamu menggunakan kain yang berbahan lembut untuk membersihkan layar tersebut untuk menghindari bekas goresan dari bahan kain tersebut yang terlalu kasar. Menggunakan kain mikrofiber dan kain berbahan katun adalah jenis kain yang sangat direkomendasikan untuk menjadi pembersih layar laptop.

Sekian dari artikel yang saya buat, semoga bermanfaat untuk kita semua.

 


Muhammad Soffiyul Khikam

Muhammad Soffiyul Khikam

Selasa, 4 Februari 2020