BERITA GAME-BASED LEARNING Game-based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika

Game-based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika


#game-based learning #matematika
Game-based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika

Belajar matematika bisa menjadi sebuah hal yang sulit dan bagi beberapa orang terutama untuk anak-anak. Namun melalui game-based learning, belajar matematika bisa menjadi lebih menyenangkan dan mudah.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Belajar matematika bisa menjadi sebuah hal yang sulit dan bagi beberapa orang baik dewasa maupun anak-anak. Belajar matematika seperti sebuah momok bagi orang-orang tersebut. Padahal belajar matematika mempunyai banyak sekali manfaat, seperti meningkatkan logika, meningkatkan daya ingat, dan menjadi lebih teliti.

Namun pada kenyataannya, banyak sekali warga Indonesia, khususnya anak-anak yang tidak menyukai pelajaran matematika dan menganggapnya sulit. Berdasarkan dari hasil tes Programme for International Student Assessmenta (PISA) oleh Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) pada tahun 2015 silam menunjukkan bahwa anak sekolah Indonesia berusia 15 tahun pada tahun tersebut, hanya mendapat nilai 386 pada matematika dan menempati urutan ke-63 dari 70 negara yang mengikuti test PISA.

Sungguh bukan kabar yang menggembirakan mengingat pelajaran matematika merupakan salah satu pelajaran penting yang dapat meningkatkan logika anak. Tentunya ini menjadi sebuah 'PR' bagi kita semua untuk membuat hal tersebut menjadi lebih menyenangkan, sehingga untuk menerima pembelajaran tersebut lebih mudah.

Melalui sistem game-based learning, belajar matematika bisa menjadi lebih menyenangkan dan mudah. Hal ini dikarenakan melalui game-based learning, pemain tidak hanya akan belajar matematika secara langsung, namun melalui beberapa metode atau cara yang dibuat lebih menyenangkan sehingga tidak akan terasa sulit untuk mempelajarinya. Game-based learning sudah biasa digunakan untuk kebutuhan pendekatan pembelajaran agar informasi dalam pembelajaran tersebut lebih mudah tersampaikan pada target audiencenya.

Pada kasus seperti ini kta dapat menggunakan media game sebagai alternatif media pembelajaran interaktif yang menarik untuk anak-anak. media pembelajaran yang tidak kaku sehingga pengguna dapat belajar sekaligus bermain melalui media game tersebut. Beberapa contoh game matematika yang dapat kita gunakan sebagai media pembelajaran matematika yang lebih interaktif, seperti berikut ini:

Marbel Belajar Berhitung

Marbel Belajar BerhitungMarbel Berhitung adalah salah satu game edukasi yang dikembangkan oleh Educa Studio, developer lokal yang sudah memiliki ratusan game edukasi khusus untuk anak-anak. Game ini memiliki gameplay yang didesain khusus untuk anak-anak usia dini yang ingin belajar tentang dasar matematika seperti penjumlahan, pengurangan, berhitung, dan besar kecil.

Dalam game ini terdapat dua mode yang bisa dipilih, yaitu mode belajar dan mode bermain. Pada mode belajar anak dapat belajar menghitung jumlah benda, penjumlah dan pengurangan baik secara otomatis maupun manual. Sedangkan pada mode bermain, pemain akan diminta untuk menjawab jumlah benda, jumlah pengurangan dan penjumlahan. 

Selain dari segi konten yang memang disesuaikan untuk anak-anak, game ini juga memiliki visualisasi yang menarik dengan tambahan animasi dan sound. 

Prodigy Math Game

Prodigy Math Game

Game ini merupakan game untuk jenjang usia yang lebih tinggi yaitu untuk rentang usia 6 - 14 tahun, karena memiliki gameplay yang lebih kompleks. Game yang dikembangkan oleh SMARTeacher Inc. ini telah dirancang dan disesuaikan dan selaras dengan kurikulum tingkat negara bagian. 

Gameplay pada game ini cukup unik yang meminta pemain untuk menjawab pertanyaan matematika dengan benar dan jawaban tersebut akan mempengaruhi pemain dalam permainan tersebut. Pertanyaan-pertanyaan yang muncul bertujuan untuk mengajarkan keterampilan matematika kepada anak-anak. Banyak hal harus dilakukan dengan menjawab pertanyaan matematika yang tersedia. Para pemain dapat memperoleh hadiah, pergi mencari dan bermain dengan teman, dan menambah keterampilan baru.

Permainan yang cukup menarik untuk digunakan sebagai media pembelajaran matematika yang biasanya dianggap sulit oleh anak-anak. Dengan gameplay yang ada pada permainan tersebut tidak akan membuat anak merasa harus belajar matematika dengan kaku.

Toon Math: Endless Run and Math Games

Toon MathGame endless run ini cukup menarik untuk dijadikan sebuah media belajar matematika untuk anak-anak. Gameplay yang cukup simple untuk dimainkan oleh anak-anak namun bisa menjadi cara yang efektif untuk anak belajar matematika. Toon Math juga diperuntukkan untuk anak-anak yang sudah lebih besar.
Cara bermainnya cukup mudah seperti pada game dengan model endless run lainnya. Pemain hanya perlu membiarkan karakternya untuk berlari, hindari rintangan yang ada dan kumpulkan koin sebanyak-banyaknya. Namun yang menjadikannya berbeda adalah adanya soal matematika yang akan tiba-tiba muncul. Pemain harus mengarahkan karakter pada jawaban benar dan membiarkan karakternya berhasil melewati rintangan. Namun apa bila jawaban yang diberikan salah, maka karakter akan menabrak rintangan yang ada di depannya.

Tentunya semakin lama maka tingkat kesulitan yang muncul akan semakin bertambah, hal tersebut akan menguji hingga tahap mana kemampuan pemain dalam menjawab soal. Selain itu pemain juga dapat memilih karakter yang ingin digunakan untuk berlari. terdapat beberapa pilihan karakter yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan.

Math Land: Game Belajar - Penambahan

Math Land

Math Land adalah game selanjutnya yang masuk ke dalam daftar kami. Math Land merupakan game yang dikembangkan oreh Didactoons, salah satu developer yang bergerak pada pengembangan game dan aplikasi edukasi. Dalam permainan ini, pemain akan diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan seputar penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan angka negatif untuk dapat menyelesaikan misinya. 

Permainan ini memiliki plot cerita yang menarik, dimana pemain akan menjadi bajak laut yang akan menemukan permata dan mengembalikan tatanan alam dan menghindari jebakan bajak laut jahat yang telah mencuri permata dengan menjawab pertanyaan matematika. Pemain hanya perlu menyelesaikan setiap pertanyaan dan maju utnuk menuju pulau selanjutnya.

Permianan ini telah dirancang untuk anak usia 5 - 9 tahun ke atas. Dimana terdapat 3 pembagian level kesulitan yang sudah disesuaikan dengan tingakatan usia tersebut.

 Itu tadi beberapa referensi game yang dapat digunakan untuk membantu anak belajar matematika dengan cara yang lebih menyenangkan dan mudah. Selanjutnya kita akan mencoba untuk memberikan referensi permainan matematika yang dapat digunakan oleh orang dewasa. Dengan tujuan permainan baik untuk asah otak maupun untuk mengasah logika dan ingatan, ataupun untuk mengisi waktu luang.


Baca artikel lainnya : Game-Based Learning Asah Logika Anak Dengan Game Marbel Petualangan Logika


Game Matematika Untuk orang dewasa?

Tidak hanya untuk anak-anak saja, namun orang dewasa juga memerlukan latihan matematika. Beberapa game yang akan kami bahas berikut ini akan berbeda mekanisme dan visual dari game matematika untuk anak-anak. Pada game matematika untuk orang dewasa yang kami referensikan memiliki visual yang lebih minimalis dengan tampilan yang simpel dan beberapa mekanisme yang terlihat simpel. 

Math - Riddles and Puzzles Math Games

Math

Game ini merupakan game yang cukup menantang untuk dimainkan. Klaim dari game ini adalah untuk untuk mengisi waktu luang, namun nyatanya lebih dari hanya sekedar mengisi waktu luang saja. Pemain harus berusaha untuk menentukan jawaban dari pertanyaan yang muncul, meskipun pertanyaan yang mucul hanya berupa gambar yang terlihat simpel.

Menurut pengembang, game ini dirancang untuk meningkatkan IQ dengan perpadua puzzle logika yang dipadukan dengan game matematika. Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa jenis pertanyaan yang muncul pada game tersebut merupakan kombinasi dari permainan otak yang tersembunyi dalam bentuk geometris dan permainan matematika.

Permainan ini cukup menarik dan dapat membantu menghabiskan waktu luang dengan lebih bermanfaat serta dapat meningkatkan logika kita. Selain gameplay yang menarik, tampilan dari game ini sangat minimalis dengan dominasi warna hitam dan dipadukan dengan warna putih pada teks dan objek gambar yang muncul.

Sudoku.com

Sudoku.com

Bagi beberapa orang mungkin sudah tidak asing dengan game yang satu ini. Game klasik Sudoku ini sudah ada sejak lama dan masih menjadi salah satu game favorit untuk melatih kemampuan matematika dan logika hingga saat ini. 

Sudoku.com, memiliki gameplay permainan sudoku seperti pada umumnya. Game ini mengharuskan pemain untuk melengkapi kotak yang tersedia dari angka 1 hingga 9, dengan peraturan bahwa dalam satu baris horizontal atau vertikal tidak ada nomor yang sama. 

Terdapat empat pilihan level yang dapat dipilih oleh pemain yaitu, mudah, medium, sulit, dan ahli. Pemain dapat menentukan seberapa sulit level yang akan dia mainkan. 

Game ini memiliki tampilan background berwarna putih yang disesuaikan dengan game aslinya, sehingga membawa nuansa kertas pada game tersebut. Dengan desain minimalis berupa kotak-kotak dan angka yang terlihat simpel dan elegan.

2048

2048

Game selanjutnya adalah 2048 yang merupakan game teka-teki angka yang membuat adiktif. Tujuan dari permainan cukup simple yaitu utnuk mendapatkan jumlah angka 2048 pemainakan memenangkan permainan tersebut. Namun nyatanya tidak semudah itu untuk hanya menjumlahkan angka-angka tersebut. Membutuhkan ketelitian dan logika untuk menjumlahkan angka-angka tersebut.

Pada game ini pemain dapat memilih ukuran papan permainan, yaitu ukuran 3x3, 4x4, 5x5, 6x6, dan 8x8. Pada papan tersebut akan muncul beberapa angka. Tugas pemain adalah untuk menggeser ke atas, bawah, kanan, atau kiri angka-angka tersebut pada angka yang sama. Setiap setelah menggeser angka-angka tersebut akan muncul angka baru. Pemain hanya perlu mendapatkan jumlah angka 2048 sebelum seluruh kotak terpenuhi dengan angka-angka lainnya.

Threes

Threes

Game Thress ini sekilas nampak sama dengan game 2048. Jika pada game 2048 pemain hanya diperbolehkan untuk menggabungkan angka dengan kelipatan dua, maka pada game Threes pemain bolehmenggabungkan angka 1, 2, dan 3 untuk membuat angka yang lebih besar. Sedangkan untuk angka di atas 3 hanya bisa digabungkan dengan angka yang sama.

Berbeda dengan 2048, sistempenilaian pada Threes lebih pada berapa jumlah angka terbesar yang bisa dijumlahkan dalam satu papan tersebut. Semakin besar angka yang dijumlahkan maka semakin besar pula poin yang akan di terima pemain.

Selain gameplaynya, dari segi visual, untuk game ini lebih terlihat cheerful meskipun tetap memakai desain minimalis dan karya flat desain dengan tambahan warna-warna yang cukup cerah.

Sekian beberapa referensi game yang dapat digunakan untuk belajar matematika dengan lebih menyenangkan dan tentunya tidak kaku. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk semuanya.

 


Sumber:

  • playstore.com

 

Baca artikel menarik lainnya:


Febriani Sari

Febriani Sari

Jumat, 7 Februari 2020