BERITA GAME-BASED LEARNING Game-Based Learning Untuk Mengenalkan Warisan Budaya Nusantara

Game-Based Learning Untuk Mengenalkan Warisan Budaya Nusantara

Game-Based Learning Untuk Mengenalkan Warisan Budaya Nusantara

Mengenalkan warisan budaya dapat dilakukan dengan cara yang lebih menyenangkan melalui Game. Dengan menggunakan game pengenalan tentang warisan budaya terasa lebih menyenangkan dan tentu lebih efisien.

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

Game-Based Learning untuk pembelajaran

Kalian masih ingat Game-based Learning yang pernah kita bahas pada artikel sebelumnya? Game-based Learning termasuk salah satu cara membuat pembelajaran yang secara efektif dapat meningkatkan daya serap dari pembelajaran tersebut menggunakan game atau gamifikasi.

Dengan menggunakan metode ini, anak atau siswa yang memainkan game ini akan dengan mudah mengingat dan menyerap informasi yang ada pada game tersebut karena menurut beberapa penelitian menyebutkan bahwa anak atau siswa bisa menyerap pelajaran atau informasi sebesar 80% dari yang mereka lakukan sendiri, hal tersebut dapat dilakukan melalui sebuah simulasi.

Penggunaan metode pembelajaran melalui game sebenarnya sudah mulai banyak digunakan untuk pendidikan pada sekolah-sekolah di luar negeri. Mereka sudah mulai menerapkan metode ini karena metode ini dinilai lebih efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang sedang diajarkan.

Foto : Game-based Learning Marbel Budaya Nusantara

Bermain merupakan salah satu hal yang penting dalam pembelajaran, yang dapat meningkatkan pengalaman belajar siswa dan suasana hati siswa serta perhatian mereka saat menerima pelajaran.

      "Hal tersebut juga dapat membantu siswa dalam meningkatkan daya ingat mereka. Melalui Game-based Learning informasi atau pembelajaran yang diajarkan dapat tersampaikan sebesar 80%."

Game-based Learning dapat digunakan untuk segala jenis pelajaran atau penyampaian informasi yang dibutuhkan, seperti pelajaran fisika, biologi, pelajaran sejarah, bahkan kita dapat mengenalkan warisan budaya  nusantara melalui metode Game-based Learning ini. 

Game-Based Learning untuk mengenalkan Budaya Nusantara 

Mengenalkan budaya nusantara juga merupakan salah satu hal penting yang saat ini perlu dilakukan, mengingat banyaknya budaya di negeri kita ini. Selain keberagaman budaya tersebut, mengenalkan budaya nusantara penting karena sebagian besar generasi muda saat ini sudah banyak yang tidak mengenal budaya negerinya sendiri.

Mengenalkan budaya nusantara tidak harus pergi ke museum dan mempelajarinya disana. Pergi berkunjung langsung ke museum memang merupakan hal yang baik, disana kita akan melihat langsung bukti budaya nusantara, namun kita bisa menambahkan keragaman informasi di museum tersebut melalui teknologi, salah satunya adalah melalui game.

Foto : Game-based Learning Marbel Budaya Nusantara

Melalui metode Game-based Learning bisa menjadi suatu alternatif yang lebih menyenangkan. Dengan menggunakan metode Game-based Learning untuk mengenalkan Budaya Nusantara, kita bisa belajar langsung dalam satu game untuk mengenal langsung budaya nusantara tersebut.

Game-based Learning ini bisa berupa sebuah simulasi, dimana anak atau siswa akan dihadapkan pada sebuah tampilan dan harus menyelesaikan misi agar naik ke level selanjutnya. Semakin tinggi level maka tingkat kesulitannya juga akan semakin bertambah.


Baca juga : Gamifikasi Program Pemerintah Untuk Generasi Remaja Berencana 


Ada sebuah Game-based Learning tentang sebuah budaya Jawa misalnya, dalam permainan tersebut pemain akan dihadapan pada beberapa level yang harus mereka lalui dengan menyelesaikan misi-misi yang ada.

      "Misal ada sebuah scene dimana pemain harus menjadi salah satu pemain Karawitan, ia harus menyelesaikan sebuah lagu dengan mengklik alat musik yang tepat."

Itu salah satu contoh warisan budaya Karawitan yang terdapat di Jawa, bisa juga kita ambil salah satu warisan budaya seperti Tenun, pemain diminta untuk merampungkan hasil tenunan seperti pada contoh sebelumnya, pemain haruslah menyesuaikan warna benang danpola yang ada pada contoh misalnya dan masih banyak lagi contoh-contoh bentuk budaya yang bisa di implementasikan pada Game-based Learning ini.

Foto : Game-based Learning Marbel Budaya NusantaraImplementasi Game-based Learning

Implementasi Game-based Learning pada budaya nusantara bisa kalian lihat contohnya langsung pada Marbel Budaya Nusantara misalnya. Marbel Budaya Nusantara ini dibuat oleh Educa Studio, game ini memang dibuat untuk metode pembelajaran dan pengenalan budaya nusantara untuk anak-anak, namun kalian yang sudah dewasa juga bisa mencobanya dengan mendownload game tersebut di Playstore Marbel Budaya Nusantara.

Dalam game tersebut kalian dapat mempelajari tentang budaya nusantara seperti tarian daerah, alat musik tradisional, pakaian daerah, rumah adat, makanan daerah dan masih banyak lagi. Game tersebut memang ditujukan untuk anak-anak sehingga desain dan isi dari game tersebut disesuaikan dengan karakteristik anak-anak, dengan mekanisme game yang mudah dan simpel sehingga anak-anak akan lebih mudah untuk memainkannya. 

Foto : Game-based Learning Marbel Budaya Nusantara

Game-based Learning memang seharusnya dibuat sesuai dengan target yang dituju, seperti Marbel Budaya Nusantara yang mempunyai target untuk mengenalkan budaya nusantara pada anak-anak.

Metode ini baik digunakan untuk anak-anak yang masih berada pada usia TK dan PAUD, sehingga manfaat dari metode ini bisa segera dirasakan. Selain Marbel Budaya Nusantara, terdapat berbagai macam Game-based Learning yang sudah dibuat oleh Educa Studio yang bisa di download di Playstore.

 


 

Baca artikel menarik lainnya :

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

gamification gamifikasi studikasus pendidikan game based learning case study culture heritage studi kasus warisan budaya educational games
Febriani Sari

Febriani Sari

Senin, 11 Februari 2019