BERITA GAME-BASED LEARNING Game-Based Learning Asah Logika Anak Dengan Game Marbel Petualangan Logika

Game-Based Learning Asah Logika Anak Dengan Game Marbel Petualangan Logika


#game logika #game edukasi #asah logika
Game-Based Learning Asah Logika Anak Dengan Game Marbel Petualangan Logika

Mengasah logika bisa memiliki banyak manfaat, apalagi jika hal tersebut dilakukan sejak dini. Game Marbel Petualangan Logika menyajikan permainan asah otak yang menarik dan sangat cocok untuk anak-anak.

Yuk, belajar di GAME LAB ACADEMY harga lebih murah, bisa belajar kapan saja dan di mana saja. Kelas ditulis oleh professional dari industri berkolaborasi dengan praktisi pendidikan. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Perkembangan zaman yang semakin maju dengan berbagai teknologi yang juga semakin bertambah modern, harus selalu berbanding lurus dengan kemajuan logika masyarakatnya. Dengan mengandalkan logika kita dapat menciptakan berbagai macam teknologi tersebut, seperti programmer yang bekerja untuk menata algoritma menjadi sebuah  program berjalan. Menjadi programmer adalah salah satu contoh logika sangat dibutuhkan untuk sebuah kemajuan. Namun bukan hanya untuk menjadi programmer saja, logika juga dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari, membantu kita untuk bertindak dengan benar dan cepat.

Gambar : Freepik.com

Logika yang semakin terasah akan membawa banyak manfaat untuk kita, terutama untuk membuat kita dapat dengan cepat berpikir sebelum bertindak dan memilih tindakan yang tepat untuk kita lakukan. Mengasah logika tidak harus dilakukan saat kita sudah dewasa, mengasah logika sejak dini adalah merupakan hal yang sangat positif. Dengan mengasah logika dari sedini mungkin akan membiasakan anak untuk lebih berpikir kritis dalam menanggapi berbagai masalah. 

Manfaat Asah Logika

Banyak manfaat yang akan didapatkan dengan mengasah logikanya. Beberapa akan berpengaruh juga akan berpengaruh terhadap pola pikir yang juga dapat berpengaruh terhadap kepribadian anak. Adapun manfaat yang akan di dapatkan anak dengan melatih logikanya sedari dini adalah sebagain berikut ini:

  1. Melatih Konsentrasi
    Salah satu manfaat yang dapat dirasakan dari melatih logika adalah untuk melatih konsentrasi. Banyak dari kita kesulitan dalam berkonsentrasi, hal tersebut bisa disebabkan karena kita tidak terbiasa untuk melatih otak kita. Untuk melatih konsentrasi bisa dilakukan dengan melakukan permainan-permainan asah otak, seperti game teka-teki atau game asah logika lainnya.
  2. Melatih Ketelitian
    Dengan mengasah logika, maka tingkat ketelitian pun juga meningkat. Karena dengan latihan asah otak, akan memaksa kita untuk lebih teliti terutama saat melalui game asah otak yang dimainkan mengharuskan untuk lebih teliti dalam mengikuti instruksi untuk mencari jawaban yang benar.
  3. Mengasah Daya Ingat
    Lagi-lagi, dengan mengasah logika kita dapat meningkatkan daya ingat. Dalam permainan atau game asah otak biasanya kita juga di haruskan untuk mengingat objek atau kalimat yang muncul pada permainan. Dengan memainkan game tersebut secara rutin juga akan meningkatkan daya ingat kita.
  4. Mengasah kemampuan pemecahan masalah
    Suatu game baik itu game untuk asah otak maupun game casual tetap akan membatu kita untuk meningkatkan pola pikir dan dalam menghadapi sebuah situasi. Hal tersebut lebih mendalam jika permainan yang dimainkan adalah game asah otak atau game asah logika, yang mengharuskan kita dalam mengambil tindakan yang benar untuk memecahkan masalah dalam level tersebut sehingga bisa maju ke level selanjutnya.

Baca artikel lainnya: Game Asah Otak Untuk Meningkatkan Logika Codingmu


Game Logika Untuk Anak

Berbeda dengan orang dewasa, game yang dimainkan oleh anak-anak tentu lebih simpel dan memiliki environment game dengan gambar yang menarik disertai musik-musik yang bersemangat. Namun bukan hanya hal itu saja yang harus diperhatikan dalam memilih sebuah game yang cocok untuk anak-anak. Terutama untuk game yang dapat mengasah logika anak-anak.

Gambar : Game Logika

Agar lebih menarik gunakan gambar dengan perbedaan yang cukup mencolok, dengan ukuran yang cukup besar agar mudah dipahami oleh anak. Selain itu, alur game dibuat lebih menarik dengan menambahkan cerita petualangan dalam game tersebut. Jadi bukan hanya berisikan permainan semata, namun memiliki cerita sehingga anak akan mengikuti alur dari game tersebut dan seolah-olah terbawa dalam cerita game tersebut. Game juga harus memiliki level permainan yang seimbang, artinya dari awal permainan memiliki tingkat kesulitan yang semakin naik seiring dengan banyaknya level yang dimainkan.

Dengan beberapa pertimbangan di atas maka kita dapat memilih atau mencari game logika atau game asah otak yang cocok untuk anak-anak. Seperti, pada game Marbel Petualangan Logika buatan Educa Studio yang baru saja rilis beberapa saat laludengan kriteria ynag sudah disebutkan sebelumnya.

Marbel Petualangan Logika - Mengasah Logika Anak

Game asah logika, Marbel Petualangan Logika dari Educa Studio, adalah game edukasi khusus yang dibuat untuk anak-anak usia 2 - 10 tahun. Game yang berisikan permainan-permainan logika seperti memasangkan gambar, mencari perbedaan, dan permainan-permainan lainnya yang bisa meningkatkan konsentrasi dan daya ingat anak.

Gambar : Marbel Petualangan Logika

Pada setiap level dalam game marbel Petualangan Logika ini akan membawa anak untuk ikut ke dalam cerita dan bertemu dengan raja-raja dari setiap kerajaan yang ada pada game tersebut. Game ini memiliki lebih dari 140 level dengan 7 wilayah kerajaan yang berbeda. pemain harus menyelesaikan setiap permainan logika di setiap kerajaan untuk bisa bertemu dengan Raja. 

Pemain diharuskan untuk menyelesaikan misi yang diberikan oleh setiap penjaga dari wilayah tersebut agar dapat membantu mengembalikan keaadaan bumi. Selain itu, dalam game ini juga terdapat puluhan kostum yang dapat dipilih oleh para pemain, agar karakter yang digunakan menjadi semakin fashionable. 

Gambar : Marbel Petualangan Logika

Apa yang di dapatkan anak-anak dengan memainkan game logika seperti Marbel Petualangan logika?

Game ini dapat meningkatkan konsentrasi anak, dapat membantu anak untuk mengenal bentuk dan mencari jalan yang tepat dengan keadaan tertentu. Dengan memainkan game logika secara rutin anak akan lebih tanggap dalam menghadapi sebuah masalah dan akan berusaha untuk mencari jalan keluar jika menghadapi sebuah masalah.

 Game Marbel Petualangan Logika sudah tersedia di Play Store dan bisa di donwload secara gartis di sini. Untuk kalian yang ingin belajar atau atau membuat game-based learning seperti Marbel petualang Logika, bisa hubungi kami di kontak kami pada link ini.

 


Baca artikel menarik lainnya:

Hidupmu bahagia kalau pernah main game papan ini! Main game ULAR TANGGA sekarang bisa lewat HP dan bisa main rame-rame.


Febriani Sari

Febriani Sari

Rabu, 15 Januari 2020