BERITA TIPS MAGANG & KARIER Keuntungan yang diperoleh Mahasiswa saat Praktek Kerja Lapangan

Keuntungan yang diperoleh Mahasiswa saat Praktek Kerja Lapangan

Oleh Bayu Maulana Ilham | Jumat, 7 Februari 2020

Keuntungan yang diperoleh Mahasiswa saat Praktek Kerja Lapangan

Dalam perjalanan menjadi mahasiswa, PKl atau magang merupakan sesuatu yang wajib ditempuh bagi mahasiswa yang sedang menuju semester akhir. Oleh karena itu manfaat yang didapatkan dari magang pastinya sangat banyak.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Kegiatan magang sudah diatur di dalam Undang-Undang No. 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan khususnya pasal 21 - 30. Dalam peraturannya permagangan dimaksudkan sebagai sistem pelatihan atau praktek kerja yang dilalukan secara  sistematis. Pelatihan dilakukan didalam perusahaan atau lembaga di bawah bimbingan dan pengawasan pembimbing atau pekerja yang lebih berpengalaman dalam profesi yang dijalani. Setelah mengetahui pengertian dari magang,  terdapat poin-poin tentang keuntungan yang diperoleh dari magang atau Praktek Kerja Nyata:

  • Menambah pengalaman

Magang  merupakan awal mula perjalanan pengalaman. Dalam proses magang mahasiswa secara langsung dibimbing oleh  pembimbing dari kantor tersebut dan dari sana mahasiswa belajar tentang pekerjaan yang dijalani, dari sudut pandang yang baru hingga suasana yang belum pernah dirasakan. Magang yang dilakukan juga  dapat menambah poin pada Curriculum Vitae.

  • Memiliki Pemahaman tentang profesi yang dijalani

Peserta magang juga belajar langsung dari ahli dengan latar belakang yang berbeda-beda, dari sana mahasiswa belajar banyak pengalaman mulai dari keahlian sampai dengan kerja kelompok.

  • Menumbuhkan rasa percaya diri

Dalam mempraktekkan ataupun mempresentasikan pekerjaan, pastinya membutuhkan rasa percaya diri yang besar, dalam kegiatan magang peserta di latih untuk dapat menunjukan percaya diri. Percaya diri sangat membantuk peserta untuk dapat berkembang dan menjadi profesional

  • Memperluas koneksi pekerjaan

Peserta magang pastinya diharuskan untuk bekerja kelompok dan mampu untuk berkomunikasi dengan rekan kerja, komunikasi tersebut guna memberikan informasi dan kejelasan pekerjaan yang dilakukan maupun diberikan. Dengan membangun hubungan antar rekan kerja atau perusahaan, peserta dapat memperbesar rekomendasi atau membuka jalur  pekerjaan yang baru dimasa depan.

  • Merasakan Suka dan Duka dunia kerja

Pada awal menjadi peserta magang, pastinya akan ada rasa kaget dengan kesibukan dan tekanan dunia kerja, dari sana peserta jadi mengerti bagaimana dunia kerja yang sebenarnya, Suka dan duka seperti deadline ataupun perayaan keberhasilan projek akan dilakukan bersama-sama.

Pengalaman magang juga menumbuhkan sisi kedewasaan mahasiswa dalam masa transisi dari remaja ke dewasa, kewajiban dan tekanan pekerjaan menjadi alat untuk mahasiswa agar dapat  tahan banting di dunia kerja.

  • Memiliki Nilai lebih setelah melakukan Magang

Setelah lulus dari magang, peserta magang yang telah melakukan magang tentunya akan merasa lebih berpengalaman,  rasa puas dan bangga akan dirasakan oleh peserta dan dapat menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi peserta yang telah melakukannya. Rasa bangga juga akan meningkatkan rasa percaya diri untuk mampu bertanding di industri.

 


Sumber :

  • blog.danacita.co.id
  • kumparan.com
  • linovhr.com

 


Bayu Maulana Ilham

Bayu Maulana Ilham

Jumat, 7 Februari 2020

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI