5 Perangkat Lunak Untuk Membuat 2D Art Game

BERITA GAME ARTWORK 5 Perangkat Lunak Untuk Membuat 2D Art Game

5 Perangkat Lunak Untuk Membuat 2D Art Game

2D Art Game  merupakan salah satu bidang yang memiliki prospek cukup tinggi dan banyak digemari. Bagi kamu yang ingin terjun sebagai 2D Art Game, ada beberapa software yang harus kamu kuasai. Setiap software ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Dan tentunya juga memiliki spesifikasi tersendiri. Ini dia software-software tersebut:

 

1-corel 

1. CorelDRAW

Versi terbaru menurut websitenya adalah CorelDRAW Graphics Suite 2018. Harganya dibandrol di angka US$669 untuk Full Version, sedangkan untuk upgrade lebih murah yaitu di angka US$329. 

CorelDRAW sangat powerfull untuk membuat asset 2D Games dari mulai pembuatan backdrop sampai pada pembuatan karakter. CorelDRAW cocok digunakan untuk gambar-gambar dengan corak kartun. Berikut contoh hasil penggunaan corel: 

pillar-01-wwwcoreldraw

Sumber foto: www.coreldraw.com

Keterangan lebih lengkap bisa dilihat di sini: 

https://www.coreldraw.com/en/product/graphic-design-software

 

 

2-ps 2. Adobe Photoshop 

Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems.

Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 , versi keduabelas adalah Adobe Photoshop CS5 , dan versi terbaru adalah Adobe Photoshop CC. Nah contoh tampilan versi baru dari Adobe Photoshop CC seperti ini:

ps-2018

Sumber foto: vstorrent.org
 
3-ai

3. Adobe Illustrator

Adobe Illustrator adalah program editor grafis vektor terkemuka, dikembangkan dan dipasarkan oleh Adobe Systems. Illustrator CC merupakan versi terkini program ini, generasi kedua puluh untuk produk Illustrator.

Software ini biasanya digunakan oleh seorang Grafis Desainer yang cukup berpengalaman karena pengoperasiannya pun tidak semudah Corel Draw. Adobe Ilustrator sekarang banyak digunakan oleh Grafis Desainer profesional dalam menghasilkan suatu karya karena dengan software ini para Grafis Desainer bisa membuat suatu desain yang cukup menarik dengan tingkat kerumitan yang tinggi juga. Berikut ini tampilannya:

g_-_-x-_-_s_x20160621175534_0   Sumber gambar : dobreprogramy

 

 

easy_paint_tool_sai_logo_by_omar6-d3epm9f

4. Paint tool SAI Pro

Paint Tool SAI adalah software menggambar digital yang umumnya digunakan untuk menggambar anime/manga. Kelebihan software ini antara lain ringan dan tidak menghabiskan banyak memori , tampilan yang lebih sederhana bersahabat dengan pemula dan tentu saja mudah digunakan. Jika kalian berminat menggunakanya kalian bisa membeli Paint tool SAI Pro.

paint tool SAI  Sumber gambar : filestoc.blogspot.com

 

 

5-paint-pro

5. Clip Studio Paint

Aplikasi ini termasuk aplikasi pro, namun lebih terkenal di kalangan komikus dan ilustrator Jepang. Kelebihannya adalah, berbagai tool spesial untuk para komikus. Mulai dari screentone sampai background, lengkap semuanya. Tak hanya itu, bahkan kita juga bisa mendownload tone dan material online jika kita merasa kurang puas dengan material yang tersedia. Software ini juga termasuk software yang berbayar, tetapi ini tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan beberapa software diatas. Jika kalian berminat, kalian bisa membeli Clip Studio Paint.  

5-paint-pro-a Sumber gambar :  crack2keygen.com

 

Nah, demikian 5 aplikasi pilihan untuk membuat 2D Art. Bagaimana dengan pilihanmu?.  Jika kamu memiliki daftar software pilihanmu sendiri, jangan lupa hubungi kami supaya bisa kami bagikan disini kepada yang lainnya !

software gamedev 2d games development tools
Septi Yuliana

Septi Yuliana

Jumat, 27 Juli 2018